Diet dan Nutrisi

6 Tips Membakar Lemak tanpa Olahraga, Yuk Dicoba!

April 3, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Bagi sebagian orang, olahraga mungkin dianggap sebagai satu-satunya cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Faktanya, kamu bisa mendapatkan berat tubuh ideal dengan menjalankan tips membakar lemak tanpa olahraga, lho.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak tanpa olahraga? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Tips membakar lemak tanpa olahraga

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak pada tubuh tanpa olahraga. Mulai dari menjaga kualitas tidur hingga mengatur pola makan. Berikut tips membakar lemak tanpa olahraga yang bisa kamu terapkan:

1. Tidur yang cukup

Tips membakar lemak tanpa olahraga pertama yang bisa kamu lakukan adalah memerhatikan durasi dan kualitas tidurmu. Percaya atau tidak, tidur malam ternyata bisa mengoptimalkan proses pembakaran lemak, lho.

National Sleep Foundation menjelaskan, saat sedang tidur, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon yang dapat merangsang proses sintesis protein dan pemecahan lemak yang disebut lipolisis. Pada waktu yang sama, lemak yang kamu dapatkan dari makanan perlahan dibakar.

Hormon tersebut akan mencapai puncaknya pada malam hari, tepatnya saat kamu sedang tidur. Artinya, jika durasi tidurmu sangat singkat dan tidak berkualitas, hormon itu tak akan optimal dalam melaksanakan tugasnya.

Menurut, sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, semakin singkat waktu tidur, semakin tinggi pula risiko seseorang terkena obesitas atau kegemukan. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang disarankan adalah tujuh hingga delapan jam dalam sehari.

Baca juga: 6 Efek Buruk Sering Begadang pada Tubuh: Bisa Bikin Obesitas dan Sulit Berpikir!

2. Perbanyak asupan protein

Jika kamu tak punya cukup waktu untuk olahraga tapi ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan tinggi protein. Bukan tanpa alasan, protein disebut-sebut bisa membantu mengoptimalkan proses pembakaran lemak.

Sebuah studi pada 2009 menyebutkan, asupan tinggi protein dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh yang bisa memberi efek pembakaran optimal pada lemak. Ini karena kalori yang berasal dari lemak dihabiskan untuk fungsi pencernaan.

Protein adalah nutrisi yang sangat mudah ditemukan, ada pada makanan seperti almond, dada ayam, daging sapi, yoghurt, susu, brokoli, dan kacang-kacangan. Jika kamu pencinta seafood, protein juga mudah didapat dari hampir semua produk laut, termasuk tuna dan udang.

3. Makan banyak serat

Tips membakar lemak tanpa olahraga berikutnya adalah dengan memperbanyak asupan serat. Serat sendiri dibagi menjadi dua, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya sama-sama bisa membantu menurunkan berat badan, meski bekerja dengan mekanisme yang berbeda.

Serat tidak larut tak bisa tercampur dengan air, berfungsi membantu pembentukan feses dan mengeluarkannya lewat usus. Hal tersebut bisa meminimalkan risiko sembelit yang dapat membuat perutmu tampak buncit.

Sedangkan serat larut (beta-glukan dan glukomanan), bisa bercampur dengan air untuk membentuk zat kental seperti gel yang dapat memperlambat pencernaan. Pada waktu yang sama, mekanisme tersebut dapat mengoptimalkan pembakaran lemak dan mencegah penambahannya.

Kamu bisa mendapatkan serat dari makanan seperti alpukat, apel, pisang, wortel, brokoli, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Tanpa air, tubuh tidak bisa menjalankan metabolisme pada lemak atau karbohidrat yang tersimpan. Proses yang disebut lipolisis itu dimulai ketika molekul air berinteraksi dengan trigliserida (lemak) untuk membuat gliserol dan asam lemak.

Di waktu yang sama, lipolisis akan membuat air mulai membakar lemak dari makanan yang kamu konsumsi. Sebuah riset yang terbit di Journal of Frontiers in Nutrition menyimpulkan, peningkatan asupan cairan akan memaksimalkan proses lipolisis di dalam tubuh.

Kebutuhan cairan manusia sendiri dibedakan berdasarkan usia. Sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan, orang dewasa disarankan untuk minum 230 ml air per hari atau setara 2 liter.

Baca juga: Diet Cuma dengan Air Putih Bisa Punya Tubuh Ideal? Bisa Kok, Asal…

5. Perbanyak probiotik

Tips membakar lemak tanpa olahraga selanjutnya adalah dengan memperbanyak asupan probiotik, yaitu bakteri baik yang bisa mendukung fungsi sistem pencernaan.

Probiotik dapat memengaruhi nafsu makan dan penggunaan energi melalui mekanisme khusus. Peningkatan hormon glukagon-peptida-1 (GLP-1) dan peptida YY (PYY) oleh probiotik diyakini bisa mendukung proses pembakaran lemak.

Belum lagi, menurut penelitian, probiotik juga dapat meningkatkan jumlah lemak yang dikeluarkan bersama feses. Kamu bisa mendapatkan probiotik dari beberapa makanan, seperti yoghurt, tempe, kimchi, dan produk fermentasi lainnya.

6. Konsumsi vitamin D

Tips membakar lemak tanpa olahraga yang terakhir adalah dengan memperbanyak asupan vitamin D. Dalam urusan menurunkan berat badan, vitamin D memiliki fungsi ganda. Pertama, nutrisi tersebut dapat mengurangi pembentukan sel lemak baru di dalam tubuh.

Kedua, vitamin D juga bisa menekan penyimpanan sel lemak dan secara efektif mengoptimalkan pembakarannya. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari salmon, minyak ikan, tuna, kuning telur, susu sapi, susu kedelai, jus jeruk, dan jamur (mushroom).

Nah, itulah enam tips membakar lemak tanpa olahraga yang bisa kamu terapkan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan secara rutin dan kombinasikan beberapa cara yang telah disebutkan, ya. Selamat mencoba!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline, diakses 25 Maret 2021, 7 Healthy Foods That Are High in Vitamin D.
  2. Healthline, diakses 25 Maret 2021, Can Vitamin D Help You Lose Weight?
  3. Healthline, diakses 25 Maret 2021, How Probiotics Can Help You Lose Weight and Belly Fat.
  4. Healthline, diakses 25 Maret 2021, 11 Probiotic Foods That Are Super Healthy.
  5. Healthline, diakses 25 Maret 2021, How Eating Fiber Can Help You Lose Belly Fat.
  6. Healthline, diakses 25 Maret 2021, 20 Delicious High Protein Foods.
  7. Healthline, diakses 25 Maret 2021, 22 High Fiber Foods You Should Eat.
  8. Medical News Today, diakses 25 Maret 2021, Can water help you lose weight?
  9. National Sleep Foundation, diakses 25 Maret 2021, What Happens When You Sleep?
  10. Kementerian Kesehatan, diakses 25 Maret 2021, Berapa takaran normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh ?
  11. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Maret 2021, Increased Hydration Can Be Associated with Weight Loss.
  12. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Maret 2021, Sleep and Obesity.
  13. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Maret 2021, Lactobacillus gasseri SBT2055 suppresses fatty acid release through enlargement of fat emulsion size in vitro and promotes fecal fat excretion in healthy Japanese subjects.
  14. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 25 Maret 2021, Gluconeogenesis and energy expenditure after a high-protein, carbohydrate-free diet.
    register-docotr