Kesehatan Seksual

Catat, 6 Kebiasaan Ini Berisiko Sebabkan Kemandulan

April 3, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Gaya hidup merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesuburan. Untuk itu, kamu perlu memahami apa saja kebiasaan yang membuat mandul yang perlu kamu kurangi dan hindari.

Apa yang dimaksud dengan mandul?

Mandul atau infertilitas merupakan diagnosis yang diberikan ketika kamu tidak bisa menghasilkan keturunan setelah mencoba beberapa tahun. 

Masalah kemandulan ini tidak hanya jadi urusan wanita saja. Pria pun memiliki porsi yang sama, karena pembuahan dipengaruhi oleh kesehatan dan kualitas sperma.

US Office on Women’s Health mencatat sepertiga masalah kesuburan ini terjadi pada perempuan, pria pun memiliki proporsi yang sama sementara sisanya adalah gabungan keduanya atau terjadi tanpa penyebab yang tidak diketahui secara pasti.

Kebiasaan atau gaya hidup sendiri menjadi satu faktor risiko yang dapat membuat mandul baik pada pria maupun wanita.

Baca juga: 10 Perubahan Gaya Hidup yang Bisa Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Kebiasaan apa saja yang membuat mandul?

Fertilitas menurun seiring dengan pertambahan usia. Kondisi ini pun akan menjadi lebih parah dengan kebiasaan buruk yang akhirnya mempercepat proses kemandulan ini.

Beberapa kebiasaan yang membuat mandul pada pria maupun wanita adalah:

1. Tidur larut malam

Kurang tidur merupakan kebiasaan yang bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Kamu harus waspada terhadap hal ini karena situs kesehatan VeryWellFamily menyebut menstruasi yang tidak teratur sebagai satu gejala infertilitas atau mandul.

Kurang tidur pun bisa menyebabkan berat badan bertambah baik pada pria maupun wanita. Khusus pada pria, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Spermatogenesis menyebut berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat memengaruhi kesehatan sperma.

2. Konsumsi kafein yang berlebihan

Satu gelas kopi atau teh tidak akan berpengaruh besar terhadap fertilitas. Akan tetapi, kebiasaan mengonsumsi beberapa cangkir minuman yang merupakan sumber kafein ini dapat menyebabkan mandul, lho!

Sebuah penelitian dalam jurnal Clinical Epidemiology menyebut konsumsi 300 mg kafein per hari dapat menurunkan fertilitas dan meningkatkan risiko keguguran. Perlu diketahui 300 mg sama dengan dua cangkir kopi atau enam gelas teh pekat.

3. Kebiasaan olahraga yang membuat mandul

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Bahkan olahraga rutin bisa membuat kamu menjaga berat badan ideal yang artinya tingkat fertilitas kamu pun akan terjamin kesehatannya.

Akan tetapi, olahraga berat dan berlebihan justru berdampak buruk bagi kesehatan reproduksi, lho! Hal ini disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan jurnal Reproductive Biology and Endocrinology. 

Dalam penelitian dikatakan jika pria dan wanita dapat mengalami penurunan fertilitas karena olahraga yang terlalu berat. Oleh karena itu, kurangi olahraga yang terlalu intens yang berdurasi lebih dari satu jam atau lebih dari 7 jam per minggu.

4. Konsumsi alkohol berlebihan

Selai kafein, kebiasaan mengonsumsi alkohol yang berlebihan pun bisa membuat mandul. Hal ini tercantum dalam penelitian yang diterbitkan dalam edisi lain jurnal Reproductive Biology and Endocrinology

Kali ini penelitian tersebut mengkaji semen dari pria-pria pecandu alkohol. Hasilnya, hanya 12 persen subjek penelitian saja yang dikatakan memiliki semen yang normal. 

Baca Juga: Hoax! WHO Bantah Rumor Vaksin COVID-19 Sebabkan Kemandulan

5. Kebiasaan makan yang membuat mandul

Memiliki kebiasaan makan berlebihan, terutama pada makanan cepat saji dapat mengakibatkan kenaikan berat badan. Dampak buruk dari berat badan yang naik adalah masalah pada fertilitas.

Makanan cepat saji juga bisa membuat gula darah meningkat. Penelitian yang diterbitkan dalam  International Journal of Reproductive Medicine mengulas kaitan antara insulin dan fertilitas.

Peneliti  menyebut jika kenaikan berat badan dan insulin berpotensi menyebabkan mandul.

6. Merokok

Kebiasaan merokok berdampak buruk bagi kesehatan, baik itu pria maupun wanita. Salah satu dampaknya adalah membuat mandul.

Pada wanita, merokok bisa meningkatkan risiko:

  • Masalah pada tuba falopi, termasuk meningkatnya risiko kehamilan ektopik
  • Meningkatkan risiko kelainan serviks, termasuk kanker serviks
  • Merusak sel telur ketika sedang tumbuh di ovarium
  • Meningkatkan risiko keguguran.

Sementara pada pria, merokok dapat menurunkan kualitas semen dan berujung pada level hormon yang abnormal yang bisa mengakibatkan infertilitas.

Demikianlah berbagai kebiasaan yang membuat mandul yang perlu kamu ketahui. Selalu praktikkan gaya hidup sehat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr