Diet dan Nutrisi

Luar Biasa, Ini 9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

April 17, 2020 | Zai Alam | dr. Widiyutha Wiraprasastha
feature image

Kelor adalah tanaman asli India utara yang telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun. Tanaman kelor, terutama bagian daunnya, dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan yang sayang jika dilewatkan.

Ketahui beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan seperti yang akan dibahas dalam artikel ini.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

1. Mengurangi Peradangan

Kandungan dalam daun kelor dapat mengurangi peradangan yang kamu alami. Sumber foto: https://www.healthifyme.com

Inflamasi atau peradangan adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang penting untuk melawan serangan penyakit. Peradangan terjadi karena dipicu oleh berbagai faktor, seperti infeksi (bakteri, virus, jamur), mengalami cedera, terpapar bahan iritan, atau karena penyakit autoimun.

Pada dasarnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika kamu mengalami peradangan. Namun, apabila peradangan terjadi secara kronis atau berkelanjutan, maka ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan kanker. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan obat antiinflamasi atau mengonsumsi makanan tertentu seperti tempe, ikan, biji-bijian, dan daun kelor. Kandungan senyawa anti-inflamasi isothiocyanate yang terdapat dalam daun kelor diyakini bisa membantu mengurangi kondisi peradangan yang kamu alami. 

2. Menurunkan kadar kolesterol

Daun kelor dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Sumber foto: https://www.pennmedicine.org

Tingginya kadar kolesterol dalam darah membuat kamu lebih berisiko terkena penyakit kardiovaskuler, seperti stroke dan gagal jantung. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi daun kelor, gandum, dan almond yang diketahui memiliki efek penurun kolesterol yang cukup efektif.

3. Tinggi Antioksidan

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sumber foto: https://www.healthline.com

Antioksidan merupakan senyawa yang penting bagi tubuh karena dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya kanker. Menurut penelitian, daun kelor terbukti kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, asam klorogenat, dan quercetin

4. Memiliki sifat antibakteri

Ekstrak daun kelor memiliki sifat antibakteri untuk menangkal berbagai penyakit. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Dilansir dari Medical News Today, ekstrak daun kelor memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri E.coli, Rhizopus, dan Salmonella

Selain itu, daun kelor juga memiliki sifat antijamur yang berguna untuk mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur.

5. Melindungi tubuh dari efek keracunan Arsenik

Mengonsumsi daun kelor dapat melindungi tubuh dari efek samping racun arsenik. Sumber foto: https://www.hrw.org

Paparan arsenik dalam jangka panjang atau terus menerus dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi daun kelor terbukti bisa melindungi tubuh dari sejumlah efek samping yang disebabkan oleh racun arsenik.

Walau begitu, hasil penelitian ini hanya berdasarkan pada ujicoba yang telah dilakukan pada hewan (tikus). Dengan demikian, belum bisa disimpulkan apakah daun kelor ini juga memiliki efek yang sama jika diaplikasikan pada manusia atau tidak.

6. Mengurangi jumlah glukosa dalam darah

Daun kelor bermanfaat untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah. Sumber foto: https://www.straitstimes.com

Manfaat daun kelor lainnya adalah dapat mengurangi jumlah glukosa dalam darah. Selain itu, daun kelor juga efektif untuk mengurangi kadar gula dan protein yang terdapat di dalam urin. 

Bagi penderita diabetes, sebaiknya hindari konsumsi daun kelor bersama dengan obat diabetes mengingat ini dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi sangat rendah.

7. Mencegah kanker

Daun kelor bermanfaat untuk menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun kelor kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengusir radikal bebas dari dalam tubuh serta mencegah terjadinya kanker. Senyawa niazimicin yang terkandung dalam daun kelor diyakini berguna untuk menekan perkembangan sel kanker dalam tubuh. 

Dalam sebuah tes laboratorium, ekstrak daun kelor terbukti bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membantu pengobatan kemoterapi bekerja lebih baik. 

8. Melindungi organ hati

Salah satu manfaat daun kelor adalah menjaga kesehatan organ hati. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Manfaat daun kelor lainnya adalah melindungi organ hati dari kerusakan akibat penggunaan obat anti-tubercular. Selain itu, daun kelor juga bisa mempercepat proses perbaikan kerusakan organ hati yang telah terjadi.

9. Mencegah edema

Daun kelor dapat membantu mencegah terjadinya edema atau pembengkakan pada bagian tubuh. Sumber foto: https://www.everydayhealth.com

Edema adalah bengkak pada anggota tubuh tertentu yang disebabkan oleh penumpukan cairan dalam jaringan. Karena daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi, kemungkinan daun kelor juga efektif untuk mencegah terjadinya edema.

Begitu banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh. Jadi mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk menolak sayur daun kelor di meja makan kan.

Reference

WebMD (2019) diakses 15 Oktober 2019. Health benefits of Moringa

Healthline (2018) diakses 15 Oktober 2019. 6 science-based health benefits of Moringa oleifera

Medical News Today (2017) diakses 15 Oktober 2019. What makes moringa good for you?

emedicinehealth (2019) diakses 15 Oktober 2019. Moringa

    register-docotr