Kesehatan Wanita

Telat Minum Pil KB? Ini Dampaknya & Langkah yang Harus Dilakukan!

March 16, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Salah satu metode kontrasepsi yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah program Keluarga Berencana (KB). Selain melalui injeksi atau suntikan, jenis kontrasepsi ini juga tersedia dalam bentuk pil. Efektivitasnya sendiri sama-sama bisa mencegah kehamilan hingga hampir 100 persen.

Agar efektif mencegah kehamilan, pil KB harus dikonsumsi secara rutin, baik dari dosis maupun jadwal minumnya. Namun, apa yang harus dilakukan saat lupa atau telat minum pil KB? Apakah bisa meningkatkan peluang kehamilan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang pil KB

Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi yang memiliki efektivitas mencapai 99 persen dalam mencegah kehamilan. Pil ini mengandung hormon yang bisa membantu mencegah bertemunya sel telur dan sperma, sehingga peluang kehamilan dapat diturunkan.

Secara umum, pil KB bekerja dengan cara:

  • Menghentikan atau mengurangi ovulasi (proses pelepasan sel telur dari ovarium)
  • Membuat lendir serviks agar menebal, tujuannya mencegah sperma memasuki rahim
  • Menipiskan lapisan atau dinding rahim, sehingga sel telur yang telah dibuahi sulit untuk menempel

Berdasarkan kandungannya, pil KB sendiri dibagi menjadi dua, yaitu pil progestin dan pil kombinasi. Pil kombinasi mengandung hormon estrogen dan progestin (dalam bentuk sintetis). Sedangkan pil progestin tidak mempunyai kandungan estrogen.

Pil KB tersedia dalam paket dosis yang berbeda, bisa dikonsumsi selama 21 hari, 90 hari, atau bahkan 365 hari (setahun penuh). Konsumsinya tidak boleh sembarangan, sebaiknya mengikuti petunjuk dari dokter atau ahli terkait.

Baca juga: Ciri-ciri Tidak Cocok Pakai Suntik KB 3 Bulan, Apa Saja?

Bagaimana jika telat meminum pil KB?

Penting untuk minum pil KB sesuai dosis dan jadwal. Sebab, efektivitas pil KB pada tubuh tergantung dari dosis dan waktu minumnya, terutama di masa awal penggunaan.

Dikutip dari Cleveland Clinic, diperlukan waktu tujuh hari (sejak minum pertama kali) agar pil KB bisa bekerja optimal dalam mencegah kehamilan. Ketika ada dosis yang terlewat, bisa jadi itu akan memengaruhi efektivitas pil.

Telat minum satu pil

Jika Moms melewatkan satu dosis pil KB kombinasi, segera minum begitu ingat. Namun, Moms tetap harus mengonsumsi dosis yang sama setelahnya (sesuai dengan waktu minum). Jadi, Moms mungkin perlu minum dua pil dalam satu hari.

Telat minum satu dosis pil kombinasi tidak terlalu berdampak pada peluang kehamilan. Moms juga tidak memerlukan kontrasepsi darurat atau cadangan. Meski begitu, ada efek samping yang bisa saja terjadi, misalnya perdarahan vaginal seperti saat sedang menstruasi.

Sedangkan untuk pil KB progestin, aturan minumnya hampir tidak berbeda. Segera minum dosis yang terlupa dan lanjutkan konsumsi pil pada waktu selanjutnya. Berbeda dengan pil kombinasi, telat minum satu dosis pil progestin bisa memengaruhi peluang untuk hamil.

Pertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi cadangan seperti kondom atau berhenti melakukan hubungan seks (penetrasi) sampai Moms meminum pil selama 2 hari berturut-turut.

Telat minum dua pil atau lebih

Jika telat atau lupa minum dua dosis pil KB, pertimbangkan untuk bicara dengan dokter dan tindakan tambahan demi mencegah kehamilan, terutama jika Moms masih aktif berhubungan seksual.

Baik pil kombinasi maupun progestin, Moms harus minum dosis yang terlewat secepatnya dan kembali ke jadwal normal. Artinya, Moms mungkin perlu minum dua pil dalam satu hari. Jika itu terjadi pada minggu ketiga, lakukan setiap hari sampai pil benar-benar habis.

Penting untuk memerhatikan jumlah sisa pil pada kemasan agar tak ada efek samping yang muncul. Peluang untuk hamil lebih tinggi jika dosis yang terlewat adalah pil progestin. Pertimbangkan untuk menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom atau berhenti berhubungan seks.

Baca juga: Jangan Asal Pasang, Begini Cara Tepat Penggunaan Kondom

Bagaimana jika tidak yakin dengan jenis atau dosis yang terlewat?

Jika Moms tidak yakin jenis pil KB yang digunakan atau berapa banyak dosis yang terlewat, jangan ragu untuk datang ke penyedia layanan kesehatan. Apalagi jika Moms aktif secara seksual, pertimbangkan untuk menggunakan jenis kontrasepsi lain.

Efek dari pil KB bekerja setiap hari. Sehingga, jika telat atau lupa meminumnya, Moms bisa berpeluang untuk hamil. Maka dari itu, usahakan untuk tetap mengonsumsi pil KB secara konsisten agar efeknya bisa optimal.

Nah, itulah ulasan tentang pil KB dan apa yang harus dilakukan jika telat atau lupa meminumnya. Jika Moms ragu tentang dosis atau jenis pil KB yang dikonsumsi, tak perlu pikir panjang untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 15 Maret 2021, Birth Control Pills: Are They Right for You?
  2. Healthline, diakses 15 Maret 2021, What to Do If You Missed One or More of Your Birth Control Pills.
  3. Cleveland Clinic, diakses 15 Maret 2021, Birth Control: The Pill.

    register-docotr