Kesehatan Seksual

Kondom Bisa Turunkan Gairah Bercinta? Berikut Tips Agar Seks Tetap Menggairahkan!

November 5, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kampanye dan ajakan penggunaan kondom terus digaungkan di banyak negara besar di dunia. Bukan tanpa alasan, pemakaian kondom dinilai bisa memberikan manfaat tertentu. Sayangnya, tak sedikit yang menganggap bahwa kondom bisa mengganggu kenikmatan berhubungan seks.

Benarkah penggunaan kondom dapat memengaruhi gairah seks? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Fungsi dan manfaat kondom

Kondom adalah salah satu ‘alat pengaman’ yang paling banyak digunakan jika dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya. Bukan tanpa sebab, pemakaian kondom dinilai lebih mudah dan praktis, tidak perlu melalui prosedur medis yang rumit.

Meski tersedia untuk semua jenis kelamin, istilah kondom sering mengacu pada alat pengaman yang digunakan oleh pria. Berfungsi melindungi penis, sebagian besar kondom terbuat dari lateks yang tipis agar tak mengganggu sensitivitas organ genital.

Selain bermanfaat untuk mencegah kehamilan, penggunaan kondom juga ditujukan sebagai pencegahan infeksi menular seksual (IMS). Inilah alasan mengapa pasangan suami istri tetap disarankan memakai kondom saat berhubungan seks, meski tidak sedang membatasi kehamilan.

Baca juga: Menguak Sejumlah Mitos dan Fakta Seputar Penggunaan Kondom

Kondom bisa mengurangi kenikmatan seks?

Meski mudah ditemukan dan dijual bebas, masih ada orang yang cenderung enggan menggunakan kondom. Salah satu alasannya adalah kondom bisa mengurangi sensasi dan kenikmatan seksual. Benarkah demikian?

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar atau salah. Kondom bisa menurunkan gairah seks jika dipakai secara tidak tepat, namun justru meningkatkan libido saat digunakan dengan benar.

Menurut sebuah riset oleh sejumlah ilmuwan di Indiana University School of Public Health, penggunaan kondom seharusnya tak akan menurunkan gairah seks. Dari 1.600 orang yang terlibat dalam penelitian, sebagian mengaku bahwa seks tetap menggairahkan meski dengan kondom.

Studi yang juga terbit di Journal of Sexual Medicine tersebut bahkan tidak hanya melibatkan pria, namun juga wanita. Artinya, kepuasan terhadap seks dengan kondom tak hanya dirasakan pria, tapi juga pasangannya.

Mengapa kondom tidak mengurangi gairah seks?

Ada banyak alasan non-teknis mengapa seks tetap menggairahkan meski menggunakan kondom. Salah satunya adalah meminimalkan risiko penularan IMS.

Dengan memakai kondom, pasangan bisa melakukan seks dengan tenang. Meski, kondom tak serta-merta bisa mencegah IMS secara total.

Kemudian, bagi pasangan yang tidak sedang menginginkan kehamilan, kondom dapat membuat seks berjalan tanpa rasa khawatir. Meski, penggunaan yang tidak tepat masih berpotensi membuat sperma masuk ke dalam vagina.

Tips agar seks tetap menggairahkan

Seperti yang telah disebutkan, pemasangan kondom bisa memengaruhi tingkat pleasure yang dirasakan selama berhubungan seks. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar seks tetap nikmat meski memakai kondom:

1. Berikan pelumas di dalam kondom

Kamu mungkin belum pernah mendengar trik ini. Selama ini, sebagian besar orang hanya fokus pada pemberian pelumas di luar kondom. Mulai sekarang, cobalah untuk memberi beberapa tetes pelumas di dalam kondom.

Mengutip dari National Coalition for Sexual Health, adanya pelumas di dalam kondom bisa menambah ‘kesenangan’ pada pria. Sensasi ‘gesekan’ saat penetrasi akan lebih terasa pada penis, ketimbang hanya memberi pelumas di luar kondom.

2. Gunakan kondom bertekstur

Semakin hari, semakin banyak inovasi yang dibuat produsen kondom pada produknya. Kamu bisa memilih kondom bertekstur tipis tapi tetap kuat, yang dapat memberi sensasi seolah-olah sedang tidak memakainya.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kesenangan wanita, cobalah untuk menggunakan kondom yang memiliki tonjolan-tonjolan kecil halus. Agar tak mengalami iritasi, kamu bisa menggunakan pelumas tambahan berbahan dasar air.

Baca juga: Waspadai Bahaya Kondom Kedaluwarsa, Berikut Cara Cek Ciri-cirinya!

3. Buang memori pengalaman buruk

Hampir semua orang tak langsung mahir dalam menggunakan kondom. Pada saat pertama kali mencobanya, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan dan kesalahan dalam memasangnya. Akibatnya, gairah seks langsung menurun.

Ini yang menyebabkan tak sedikit orang enggan untuk menggunakan kondom lagi. Saat memakai kondom, lupakan semua kenangan buruk itu. Sudah ada banyak variasi kondom yang bisa kamu temukan, termasuk untuk model, tekstur, dan ukuran sesuai yang diinginkan.

Nah, itulah ulasan tentang penggunaan kondom yang masih dipercaya bisa menurunkan kenikmatan seks. Jadi, kondom seperti apa yang kamu inginkan untuk berhubungan seks?

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kehidupan seksualmu bersama dokter terpercaya di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Indiana University, diakses 4 November 2020, IU study reveals sex to be pleasurable with or without use of a condom or lubricant.
  2. National Coalition of Sexual Health, diakses 4 November 2020, Men: 5 Ways to Make Condoms More Pleasurable.
  3. Verywell Health, diakses 4 November 2020, How to Use a Condom: 9 Steps for Safety.

    register-docotr