Kesehatan Mental

Stres Reda dan Lebih Menikmati Hidup dengan Mindfulness

November 5, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Waktumu habis untuk menyusun rencana, menyelesaikan masalah pekerjaan atau memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi? Kamu jadi merasa lelah, frustrasi dan juga mudah cemas.

Sudah saatnya kamu mencoba menjalani yang namanya mindfulness. Mindfulness akan membantumu lebih menerima keadaan dan membuatmu lebih jernih dalam berpikir dan juga bertindak.

Apa itu mindfulness?

Mindfulness dapat diartikan sebagai praktik untuk memerhatikan dengan penuh kesadaran. Kamu merasakan dengan sadar kondisi yang saat ini kamu alami atau yang ada di sekitarmu.

Dengan mempraktikkan mindfulness kamu menjadi lebih menyadari perasaanmu sendiri, memahami keputusan yang dibuat hingga menjadi lebih peka dengan sekitar.

Sementara dilansir dari NHS, Mark Williams, mantan direktur Oxford Mindfulness Center, mengatakan bahwa mindfulness berarti mengetahui secara langsung apa yang terjadi di dalam dan luar diri kita sendiri, dari waktu ke waktu.

Seperti apa praktik mindfulness?

Ada banyak teknik dan cara untuk menjalani mindfulness. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun kesadaran sehingga lebih menerima kondisi diri sendiri dan sekitar.

Praktek mindfulness umumnya akan melatih kamu untuk lebih fokus merasa dan menyadari. Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain:

  • Meditasi dasar: duduk tenang dan fokus pada pernapasan. Ini akan membantu menyadari pikiran-pikiran yang ada, menerimanya dan hidup selaras dengannya.
  • Memahami sensasi yang dirasakan tubuh: belajar untuk fokus merasakan dan menerima yang terjadi pada tubuh, seperti rasa gatal, kesemutan atau nyeri.
  • Melatih sensorik: kamu melatih tubuh untuk lebih sadar dengan sensor penciuman, rasa, suara juga melalui apa yang kamu lihat.
  • Mengenali emosi: Ketika merasakan berbagai emosi, kamu belajar untuk mengidentifikasinya. Membiarkannya hadir dan “berkenalan” dengan setiap emosi, untuk kemudian lebih memahami diri sendiri.

Melakukan praktek mindfulness untuk kehidupan sehari-hari

Kamu perlu latihan untuk membiasakan diri dengan mindfulness. Salah satu latihannya adalah meditasi. Meditasi digambarkan sebagai aktivitas duduk dan fokus pada pernapasan. Tapi lebih dari itu, saat meditasi kamu juga berlatih untuk membangun kesadaran terhadap dirimu sendiri.

Berikut tahapan meditasi hingga membangun kesadaran diri:

  • Mengikuti arus: saat meditasi kamu akan mengikuti arus dari pikiran batin, emosi dan sensasi tubuh. Kamu akan “berkenalan” dengan setiap rasa yang ada di dalam dirimu.
  • Membangun perhatian: setelah mengenali setiap rasa, kamu kemudian akan belajar memerhatikan, apa saja hal yang akan memberikan kebahagiaan dan mana yang membawa kesedihan.
  • Proses yang terus diulang: setiap kali meditasi, kamu akan kembali mengenali hal baru yang mungkin kamu alami. Kemudian mengamati apakah itu membahagiakan atau menyedihkan. Proses ini akan membuat kamu lebih menerima situasi yang terjadi dalam hidup.

Apa manfaat mindfulness dalam kehidupan sehari-hari?

Menjalani hidup membuatmu memiliki banyak rencana dan harapan, lalu sibuk dengan berbagai pekerjaan dengan mewujudkan harapan. Sementara itu ada tekanan dari pekerjaan dan aspek kehidupan lain yang mungkin terjadi.

Kondisi tersebut membuat hidupmu penuh tekanan dan berujung pada stres. Jika stres tidak dikelola dengan baik dan berlangsung dalam waktu lama, dapat menyebabkan timbulnya gejala depresi dan penyakit fisik lainnya.

Di sinilah, mindfulness dapat membantumu. Dengan mindfulness kamu jadi lebih tenang menjalani hidup, karena kamu sadar dengan keputusanmu, dengan pemikiranmu dan penerimaan tentang hidup.

Bahkan dengan mindfulness, orang cenderung lebih menikmati hidupnya dan merasa puas dengan keadaan saat ini. Menurut Helpguide, orang yang mempraktekkan mindfulness ida terjebak dalam kekhawatiran dan akhirnya memberi manfaat pada kesehatan fisik serta mentalnya.

Bermanfaat bagi kesehatan fisik

Mindfulness dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik. Misalnya membantu menurunkan berat badan berlebih. Saat kamu memiliki keinginan makan yang tinggi, dengan mindfulness kamu akan lebih “sadar” dalam berpikir dan bertindak.

Saat ingin makan kamu akan berpikir sejenak, apakah kamu benar-benar lapar? Kemudian kamu akan merasakan perutmu ternyata tidak sedang “keroncongan”. Sehingga kamu terhindar dari mengonsumsi asupan yang tidak diperlukan.

Selain itu, dilansir dari Helpguide, mindfulness dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik lainnya, seperti:

Memberi efek positif bagi kesehatan mental

  • Meningkatkan memori kerja
  • Kesadaran metakognitif, di mana seseorang dapat melepaskan diri dari kondisi mentalnya
  • Tingkat kecemasan yang lebih rendah
  • Mengurangi reaktivitas emosional
  • Penurunan gejala depresi
  • Memperbaiki konflik dan komunikasi

Selain manfaat tersebut, dengan mindfulness kamu juga akan mengalami hal-hal baru yang sebelumnya terasa remeh. Tapi kemudian menjadi hal yang kamu syukuri atau kamu nikmati keberadaannya.

Misalnya, setelah menjalani mindfulness, kamu jadi menikmati pemandangan di sekitar tempat tinggal yang rimbun oleh tumbuhan hijau dan bunga-bungaan. Padahal sebelumnya kamu tidak menyadari keberadaan pemandangan tersebut.

Demikian penjelasan mindfulness dan juga manfaatnya untuk kehidupan.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayoclinic, diakses 4 November 2020
Mindfulness exercises
Webmd, diakses 4 November 2020
What Mindfulness Can Do for You
NHS, diakses 4 November 2020
Mindfulness
Help Guide, diakses 4 November 2020
Benefits of Mindfulness

    register-docotr