Kesehatan Wanita

Pembalut Kain: Plus dan Minus Pemakaiannya yang Perlu Diketahui

January 9, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pembalut kain telah menjadi pilihan beberapa wanita karena lebih efektif daripada produk sekali pakai. Ya, menstruasi menjadi suatu momen yang kurang menyenangkan karena berbagai faktor termasuk penggunaan pembalut.

Namun, ketika menstruasi datang bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk merawat tubuh yakni dengan memilih pembalut yang nyaman. Nah, untuk mengetahui manfaat dari penggunaan kain selama menstruasi, yuk, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Resep Smoothies Bowl untuk Sahur, Makanan Mudah Nan Sehat!

Apa manfaat dari penggunaan pembalut kain?

Terdapat kelebihan dan kekurangan dari penggunaan pembalut ini selama menstruasi. Dilansir dari Green Child Magazine, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika menggunakan pembalut jenis kain.

Tidak ada efek samping bagi tubuh

Perlu diketahui, pembalut sekali pakai dapat mengandung plastik, pewangi buatan, perekat, dan gel alami. Beberapa bahan tersebut memiliki efek samping dimana bisa memengaruhi salah satu bagian paling sensitif pada tubuh.

Berbeda dengan pembalut kain, bahan yang digunakan jarang menyebabkan iritasi sehingga kamu dapat menghindari paparan bahan sintetis. Salah satu manfaat lain dari beralih ke bahan kain adalah periode positif yang menyertai.

Pembalut kain baik untuk lingkungan

Rata-rata wanita akan menggunakan 12.000 hingga 16.000 pembalut sekali pakai dalam hidupnya. Jumlah ini sangatlah banyak sehingga dianggap sebagai pemborosan dan bisa merusak lingkungan.

Selain itu, ada pula dampak manufaktur, pengiriman, dan pengemasan untuk pembalut sekali pakai. Pembalut yang terbuat dari kain diketahui dapat bertahan selama bertahun-tahun dan membantu kamu mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Menghemat pengeluaran

Setelah kamu menggunakan pembalut menstruasi dari kain, maka pengeluaran juga akan lebih hemat. Kebanyakan pembalut menstruasi yang dapat digunakan kembali mampu bertahan selama lima tahun atau bahkan lebih lama.

Sebab, bantalan kain yang dapat dicuci kembali jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan produk pembalut sekali pakai.

Nyaman ketika digunakan

Pembalut ini tak hanya ramah lingkungan dan murah, tetapi juga sangat nyaman ketika digunakan. Perasaan gatal ketika menggunakan pembalut sekali pakai bisa diminimalkan dengan mengenakan bahn dari kain.

Pembalut sekali pakai terkadang menyebabkan ruam akibat terlalu lama digunakan. Untuk itu, penggunaan pembalut ini sangat dianjurkan untuk mengurangi reaksi alergi yang mengakibatkan ketidaknyamanan akibat rasa gatal.

Tidak mengeluarkan suara

Pembalut sekali pakai kadang mengeluarkan bunyi saat dipakai sehingga menyebabkan perasaan malu dan tidak nyaman. Mengenakannya akan terasa tenang serta nyaman dan jarang menyebabkan alergi.

Kekurangan pembalut kain

Meskipun tidak berbahaya bagi lingkungan, salah satu alasan sulit menemukan produk yang tepat karena tidak higienis.

Sebagian besar pembalut ini dibuat dengan mendaur ulang kain lama dan tidak ada jaminan bahwa produk sudah dicuci atau didesinfeksi sebelum digunakan. Selain itu, kemungkinan besar juga dapat membawa banyak bakteri bahkan sebelum digunakan.

Namun, pembalut ini masih lebih unggul dibandingkan pembalut sekali pakai. Sebab, pembalut sekali pakai ada dampak bagi lingkungan. 

Tidak hanya mencemari lingkungan dengan waktu yang sangat lama untuk terurai setelah dibuang, tetapi juga mengandung bahan berbahaya. Beberapa bahan yang dimaksud, yakni stirena, klorometana, aseton, dan kloroetana. 

Pembalut kain memang dikenal ramah lingkungan, akan tetapi kamu tetap harus waspada dan khusus dalam pemeliharaannya.

Tips mengganti pembalut yang sudah lama juga perlu diperhatikan untuk menghindari komplikasi kesehatan akibat kontak dengan bakteri, terutama jika tidak dijaga kebersihannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Solusi Penanganan Terbaiknya

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Green Child Magazine (2020), diakses 28 Desember 2020. 5 Great Benefits of Reusable Cloth Menstrual Pads + How to Switch
  2. Healthline (2018), diakses 28 Desember 2020. Why Do Menstrual Pads Cause Rashes?
  3. UMKC Women’s Centre (2018), diakses 28 Desember 2020. 5 Reasons Why You Should Try Reusable Menstrual Pads
  4. ED Times (2018), diakses 28 Desember 2020. Are Reusable Cloth Sanitary Pads Safe To Use Or Are They Unhygienic?
    register-docotr