Kesehatan Wanita

Cara Pakai Menstrual Cup, Pengganti Pembalut Biasa yang Efektif

September 21, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Cara pakai menstrual cup cukup mudah karena terbuat dari karet atau silikon sehingga sangat fleksibel. Selain itu, alat ini pun disebut-sebut bisa menjadi solusi pengganti pembalut sekali pakai karena ramah lingkungan.

Akan tetapi, seperti apa cara kerja dan kelebihannya? Yuk, cari tahu apa itu menstrual cup agar kamu lebih paham!

Apa itu menstrual cup?

Meski popular, apa itu menstrual cup masih belum diketahui banyak orang. Menstrual cup cawan berbentuk kecil yang terbuat dari silikon atau karet lateks sehingga membuat alat ini menjadi fleksibel.

Berbeda dengan pembalut dan tampon, alih-alih menyerap darah menstruasi, produk ini berfungsi untuk menampung darah yang keluar saat haid.

Cup ini dapat menampung lebih banyak darah daripada metode lain sehingga sering dijadikan alternatif pengganti tampon. Perlu diketahui juga, cup ini bisa digunakan hingga 12 jam tergantung aliran darah.

Bagaimana cara pakai menstrual cup?

menstrual cup
Menstrual cup memiliki bahan elastis dan dapat digunakan berulang. (Foto:https://www.freepik.com)

Cara pakai menstrual cup hampir sama seperti tampon, kamu cukup memasukkannya ke dalam vagina dengan keadaan terlipat menjadi dua bagian. Jangan lupa untuk melumasinya terlebih dahulu agar lebih mudah dimasukkan.

Setelah terpasang, cawan akan terbuka secara langsung di dalam saluran rahim kamu. Pastikan bahwa menstrual cup terpasang dengan tepat, ya. Jika cara pakai menstrual cup sudah dipraktikkan dengan benar, kamu tidak akan merasa ada sesuatu yang mengganjal ataupun merasa tidak nyaman, lho.

Selain itu, produk pengganti pembalut ini harus dipasang dengan tepat untuk memastikan bahwa darah hanya akan menetes ke cawan, dan mencegah kebocoran. Cara pakai menstrual cup bisa kamu tanyakan dengan dokter jika mengalami kesulitan.

Fungsi menstrual cup

Bentuk corong yang terbuat dari karet atau silikon ini membuat fungsi menstrual cup sebagai menampung darah. Darah haid yang keluar akan langsung ditampung sehingga dianggap sangat efektif mencegah kebocoran.

Fungsi menstrual cup ini juga bisa menjaga kebersihan organ wanita saat haid dan mencegah lembab di daerah selangkangan. Pastikan cara pakai menstrual cup sudah benar agar nyaman dipakai sepanjang hari.

Baca juga: Ini Fase Siklus Haid yang Perlu Diketahui Perempuan

Kelebihan dan kekurangan menstrual cup

Menstrual cup menjadi pilihan selain pembalut dan tampon sebagai produk menstruasi yang dapat kamu gunakan.

Jika sudah memahami cara pakai menstrual cup, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari produk kewanitaan ini. Kelebihannya adalah sebagai berikut:

1. Aman bagi tubuh

Alat ini biasanya terbuat dari silikon yang aman secara medis. Tidak seperti tampon, pantyliner dan pembalut, alat ini tidak mengandung pemutih, pewangi buatan, atau bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada vagina kamu.

Menstrual cup bekerja dengan mengumpulkan dan tidak menyerap darah. Oleh karena itu, risiko kamu untuk terkena toxic shock syndrome (TSS) infeksi bakteri langka yang terkait dengan penggunaan tampon pun semakin kecil.

2. Nyaman digunakan

Kamu sering merasa tidak nyaman dan mengganjal saat memakai pembalut? Mungkin kamu tidak akan merasakan hal ini saat menggunakan menstrual cup.

Jika telah terpasang dengan baik, kamu akan dapat beraktivitas saat menggunakannya. Bahkan kamu dapat berolahraga tanpa takut bahwa cup tersebut akan lepas.

3. Ramah lingkungan

Tidak hanya terbuat dari bahan yang aman, pengganti pembalut ini juga merupakan produk yang dapat digunakan kembali. Kamu dapat menggunakan alat ini berulang-ulang. Tidak perlu menambah sampah yang dapat merusak lingkungan.

4. Daya tampung lebih banyak

Menstrual cup dapat menampung sekitar satu hingga dua ons cairan. Hal ini menjadi keuntungan saat siklus kamu sedang deras-derasnya. Dengan kata lain, daya tampungnya lebih banyak daripada pembalut atau tampon. 

Produk yang satu ini dapat menampung aliran menstruasi hingga 12 jam tanpa khawatir cawan akan meluap. Di sisi lain, tampon dan pembalut hanya dapat menampung hingga sepertiga ons cairan. Kamu tentunya akan lebih sibuk untuk mengganti produk. 

Nah, tapi meskipun memiliki banyak kelebihan, produk ramah lingkungan ini tetap memiliki beberapa kekurangan, antara lain: 

1. Pemakaiannya agak sulit

Tidak seperti pembalut yang praktis digunakan, produk ini memiliki waktu pemasangan yang lebih lama. Jika sedang terburu-buru, kamu pun akan kesulitan untuk menggunakan alat ini.

Kamu mungkin merasa sesuatu yang mengganjal jika cara pakai menstrual cup tidak tepat. Hal ini mungkin akan membuat kamu melakukan banyak percobaan sebelum menstrual cup bisa terpasang dengan tepat.

2. Harus lebih hati-hati saat melepaskan

Bukan hanya pemasangannya yang akan lebih sulit. Menstrual cup juga akan lebih sulit dilepas dibandingkan pembalut. Kamu mungkin akan kesulitan mencubit alas untuk menarik cawan ke bawah dan ke luar dari vagina.

Selain memerhatikan cara pakai menstrual cup, kamu juga harus tahu teknik untuk melepasnya. Saat melepasnya, kamu harus berhati-hati agar darah yang tertampung tidak tumpah.

3. Sulit mendapatkan ukuran dan bentuk yang tepat

Mungkin akan sulit bagi kamu menemukan menstrual cup yang tepat. Menstrual cup bukanlah alat dengan satu ukuran yang cocok untuk semua orang. Kamu mungkin akan kesulitan untuk menemukan yang pas.

Untuk itu, kamu mungkin mungkin harus mencoba beberapa merek, bentuk, dan ukuran sebelum menemukan yang sempurna untuk kamu.

4. Perlu perawatan yang cermat

Berbeda dengan produk sekali pakai, kamu tentunya harus merawat produk ini agar dapat terus layak dipakai. Sebagai bentuk perawatan, kamu perlu membersihkan alat ini dengan sangat baik.

Cuci menstrual cup dengan sangat baik. Bilas dan biarkan mengering. Kamu juga tidak boleh menggunakan kembali menstrual cup yang sekali pakai.

Jika tidak pandai merawat dan membersihkannya, alat ini justru akan menyebabkan iritasi dan infeksi pada vagina kamu, lho. 

Risiko penyakit akibat pemakaian menstrual cup yang tak tepat

Iritasi vagina dapat terjadi saat kamu menggunakan cup yang tidak dalam keadaan bersih. Selain itu, kamu mungkin akan merasa tidak nyaman saat menggunakan menstrual cup yang dimasukkan tanpa pelumas. Pastikan semua dalam keadaan bersih sebelum dimasukkan ke dalam vagina.

Pada akhirnya, menstruasi bukan soal produk apa yang kamu gunakan. Namun, bagaimana kamu tetap menjaga kebersihan dan kesehatan vagina kamu selama siklus menstruasi terjadi.

Karena itu, jangan lupa untuk mencuci tangan kamu sebelum dan sesudah menggunakan produk menstruasi, ya!

Harga menstrual cup

Harga menstrual cup biasanya cukup beragam dan berbeda-beda pada setiap toko atau apotek. Ada beberapa harga menstrual yang terjangkau, tetapiada pula yang cukup mahal.

Nah, kisaran harga menstrual cup mulai dari Rp50.000 hingga Rp800.000 tergantung mereknya. Untuk mendapatkan harga menstrual yang terjangkau, kamu bisa mencarinya di internet atau langsung tanyakan pada apoteker.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

 

    Berita Terkait
    register-docotr