Diet dan Nutrisi

12 Manfaat Oatmeal Bisa Jadi Antioksidan dan Sukseskan Diet Sehatmu

September 22, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Setiap hari gaya hidup sehat menjadi semakin banyak diminati. Pilihan makanan kaya nutrisi dan sehat seperti oatmeal menjadi sumber asupan karbohidrat sehari-hari. Sebab, memang manfaat oatmeal banyak ragamnya untuk kesehatan.

Kandungan kalori oatmeal tergolong rendah, itu sebabnya makanan ini dinilai lebih aman untuk dikonsumsi. Manfaat oatmeal inilah yang biasanya menjadi latar belakang para penikmat pola makan sehat memilihnya sebagai menu santapan.

Selain itu, masih ada banyak manfaat oatmeal lainnya yang perlu kamu ketahui, lho. Untuk lebih lengkapnya kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Olahan Oatmeal Efektif untuk Turunkan Berat Badan?

Bahan utama oatmeal

Oatmeal terbuat dari oat. Dikenal dengan nama latin Avena sativa, oat merupakan serealia yang banyak tumbuh di Amerika Utara dan Eropa.

Oat sendiri termasuk salah satu jenis gandum yang paling sehat di dunia. Kandungannya bebas gluten dan merupakan sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang banyak. Di dalam oat juga terdapat serat sumber energi yang disebut beta-glucan.

Lain dengan serealia lainnya, oat mengandung lebih banyak protein ketimbang lemak. Di pasaran, kamu bisa menemukan berbagai macam jenis oat, mulai dari yang berbentuk utuh, sudah digiling, sampai yang bertekstur halus seperti tepung dan dijadikan bahan pembuatan oatmeal.

Nutrisi di dalam oatmeal

Berdasarkan laporan yang dibuat oleh the United States Department of Agriculture, satu cangkir oatmeal yang dimasak mengandung beberapa nutrisi di antaranya adalah sebagai berikut:

  • 166 kalori
  • 5.94 gram protein
  • 4 gram serat diet
  • 3.56 gram lemak

Baca juga: Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan: dari Tingkatkan Imunitas Tubuh hingga Detoks Wajah

Manfaat oatmeal

Oat bisa dikonsumsi dengan berbagai cara tergantung selera. Mulai dari dimakan secara langsung, dijadikan bahan dasar pengganti terigu saat membuat kue. Bahkan dibuat menjadi bubur yakni oatmeal.

Oatmeal adalah bentuk hidangan oat yang paling banyak mengalami pemrosesan. Teksturnya biasanya lembut dan hanya memerlukan air mendidih untuk dikonsumsi.

Biasanya disajikan sebagai menu sarapan, yuk, simak beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Sumber antioksidan

Manfaat oatmeal yang pertama adalah sumber antioksidan. Ini disebabkan kandungan polyphenols-nya yang kaya akan avenanthramides.

Avenanthramides adalah sebuah kelompok antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Ia juga mampu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan produksi nitric oxide di dalam tubuh.

Nitric oxide adalah molekul gas yang membantu melebarkan saluran darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Ia juga berfungsi untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal.

Menstabilkan gula darah

Salah satu kandungan khas yang diperoleh saat mengonsumsi oatmeal adalah serat yang bernama beta glucan. Serat ini larut di dalam air dan dapat membantu meningkatkan respons insulin serta mengurangi kadar gula dalam darah.

Manfaat ini membuat oatmeal menjadi hidangan yang dianjurkan bagi penderita diabetes tipe 2 dalam dietnya. Tujuannya untuk membantu mengatur kadar gula darah agar tetap normal.

Hal ini didukung sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 merasakan manfaat oatmeal yang efektif dalam mengontrol gula darah mereka.

Agar khasiatnya optimal, pastikan oatmeal yang dikonsumsi benar-benar bebas dari gula, baik yang berasal dari buah-buahan maupun madu.

Mengurangi risiko kanker usus

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris dan Belanda menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan tinggi serat seperti oat, cenderung berisiko kecil mengidap penyakit kanker usus.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa dalam setiap tambahan 10 gram serat dalam oat bisa mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 10 persen.

Membantu menjaga kebugaran

Oatmeal mengandung karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Dilansir dari lifehack.com, oat yang sudah dikonsumsi dan terserap dalam metabolisme tubuh selama 45 menit sampai 1 jam, dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara signifikan.

Sumber nutrisi yang baik

Dilansir dari medicalnewstoday.com, selain mengandung karbohidrat dan protein, oatmeal juga terdiri dari berbagai nutrisi bermanfaat seperti magnesium, zat besi, fosfor, zinc, asam folat, tembaga, vitamin B-1 dan B-5.

Kandungannya pun seimbang dan rendah kalori sehingga diklaim lebih aman secara medis dibandingkan jenis makanan lainnya.

Memperbaiki kadar kolestrol

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi oatmeal turut berperan dalam menurunkan kadar kolestrol seseorang. Dalam jurnal kesehatan pada 2014 misalnya, disebutkan bahwa oatmeal ampuh mengurangi kadar kolestrol jika dikonsumsi setidaknya 3 gram setiap hari.

Penelitian tersebut juga mengemukakan fakta pendukung mengenai peran serat beta glucan terhadap hal ini. Serat ini terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol low density lipoprotein atau yang biasa dikenal sebagai kolestrol jahat.

Dilansir dari healthline.com, oat yang dikonsumsi bersama vitamin C adalah perpaduan efektif untuk meningkatkan produksi cairan empedu yang mengoksidasi kolestrol LDL.

Sayangnya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa serat tersebut mampu meningkatkan high density protein atau kolestrol baik.

Baca juga: Yuk Sayangi Tubuh dengan Menurunkan Kadar Kolesterol, Begini Caranya!

Melancarkan sistem pencernaan

Serat beta glucan yang ada pada oatmeal memang memiliki beragam khasiat. Selain seperti yang telah disebutkan, serat ini juga mampu membentuk zat yang menyerupai lapisan gel ketika dicampurkan dengan air saat masuk ke dalam tubuh.

Lapisan ini kemudian memberi makan bakteri baik di dalam usus, dan menyebabkan jumlahnya semakin banyak. Dengan demikian usus pun menjadi semakin sehat dan sistem pencernaan menjadi lancar.

Sebuah penelitian kecil juga pernah meneliti efek oatmeal terhadap pertumbuhan bakteri. Hasilnya ditemukan fakta bahwa hidangan ini memiliki efek baik terhadap pertumbuhan bakteri baik di dalam tubuh.

Membantu perawatan kulit

Tak hanya sehat untuk dikonsumsi saat sarapan, manfaat oatmeal ternyata juga bisa membuat kulit tampak lebih sehat. Kekayaan vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya membuat oatmel mampu berfungsi seperti moisturizer yang melembabkan kulit.

Tak hanya itu oatmeal juga membantu menghidrasi kulit kering dengan membentuk lapisan oklusif di permukaan wajah untuk menahan air di dalam kulit.

Skin care berbahan oatmeal juga diketahui mampu melindungi gangguan kesehatan kulit seperti iritasi yang disebabkan oleh Sodium Lauryl Sulphate (SLS).

Menjaga berat badan

Oatmeal adalah sajian yang tepat bagi para pelaku diet agar tetap kenyang tanpa mengorbankan kesehatan. Soalnya makanan ini merupakan sumber karbohidrat bervitamin yang mengandung kadar kalori yang rendah.

Kaya akan vitamin dan mineral, mengonsumsi oatmeal juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya. Oatmeal juga mengandung banyak serat sehingga membuat orang lebih mudah merasa kenyang.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa efek dari konsumsi oatmeal terhadap selera makan adalah meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan untuk setidaknya 4 jam ke depan.

Mengurangi risiko asma

Asma adalah jenis penyakit yang umum terjadi pada saat masih anak-anak. Terdapat berbagai penelitian yang membuktikan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan dan menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit ini.

Sebagai contoh, sebuah studi yang dilakukan terhadap 3.781 anak dilakukan untuk melihat reaksi mereka terhadap beberapa jenis makanan.

Hasilnya menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi oat sebagai makanan pertama mereka memiliki risiko lebih rendah mengidap asma pada usia 5 tahun dibandingkan anak lainnya.

Selain oat, ada juga beberapa jenis makanan lain yang juga menurunkan risiko terjadinya asma di antaranya adalah gandum, gandum hitam, sereal gandum, ikan, dan telur.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dilansir dari fitnessmagazine.com, setiap hari tubuh kita diserang oleh jutaan bakteri dan virus.

Untuk mengatasinya, kandungan beta glucan pada oat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dikutip dari penelitian Vaclav Vetvica, PhD di jurnal kesehatan Universitas Louisville, AS.

Sebabnya, pertama, hampir semua sel kekebalan tubuh memiliki bagian khusus yang dirancang untuk menangkap beta glucan. Kedua, serat ini juga dapat mengoptimalkan kinerja sel-sel darah putih untuk membunuh bakteri dan virus jahat yang menyerang tubuh.

Mengatasi sembelit

Susah buang air besar tentu membuat kamu merasa tidak nyaman. Selain perut jadi terasa begah, tak jarang gangguan kesehatan ini juga berdampak pada berbagai organ yang ada di dalam tubuh.

Salah satu manfaat oatmeal sendiri adalah untuk mengatasi masalah ini. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu menjaga tinja di saluran pencernaan agar terus bergerak sehingga menimbulkan rasa mulas dan ingin buang air besar.

Rasa sembelit yang sering dialami orang lanjut usia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin. Dilansir dari healthline.com, dedak oat yang kaya akan serat yang berasal dari cangkang seralia terbukti ampuh mengatasi sembelit pada orang tua.

Cara memanfaatkan oatmeal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, oat dapat disajikan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Dikonsumsi sebagai makanan

Selain dimakan langsung dan dibuat kue, cara paling populer untuk mengonsumsi oat adalah dengan menjadikannya oatmeal.  Secara umum menu ini bisa dibuat selama 10 sampai 60 menit dengan tata cara berikut.

Bahan-bahan:

  1. ½ cangkir oat yang telah digiling
  2. 1 cangkir (250 ml) air atau susu
  3. Sejumput garam

Cara pembuatan:

  1. Pertama masukkan ketiga bahan tersebut ke dalam panci dan masak sampai mendidih.
  2. Kecilkan api lalu aduk oatmeal sesekali sampai teksturnya benar-benar lembut.
  3. Untuk menambah cita rasa, kamu juga bisa menambahkan berbagai buah-buahan seperti apel, pisang, strawberi, dan lain-lain. Taburan kacang, biji-bijian dan yogurt juga bisa ditambahkan agar oatmeal semakin enak saat disantap.

Sebagai bahan perawatan kulit

Kamu juga bisa memilih produk-produk perawatan kulit yang mengandung oatmeal sebagai langkah menjadikan kulitmu semakin sehat berseri.

Namun, jika kamu ingin cara yang lebih alami, kamu juga bisa mengolah oatmeal menjadi bahan untuk mengeksfoliasi dan membersihkan muka secara harian. Cukup tambahkan dengan air dan madu, lalu dapatkan muka berseri impanmu.

Oatmeal untuk diet

Dengan melihat kandungannya di mana kalori oatmeal terbilang rendah, tidak heran beberapa orang menjadikan makanan ini sebagai andalan mereka untuk diet menurunkan berat badan.

Pada prinsipnya, oatmeal untuk diet ini bukan hanya makan oatmeal saja, tapi juga menjadikan oatmeal sebagai makanan utama untuk satu atau dua kali makan dalam satu hari.

Ada dua fase diet plan oatmeal ini yang mesti kamu ikuti. Yaitu:

  • Fase 1: Makan oatmeal untuk tiga kali makan setiap hari di minggu pertama. Dalam fase ini, kamu harus makan oats utuh, bukan oatmeal instan, kamu bisa makan buah bareng oatmeal atau sebagai snack kamu.
  • Fase 2: Setelah minggu pertama, kamu akan makan oatmeal untuk satu atau dua kali makan per hari bersama dengan opsi makanan lainnya yang sehat dan rendah lemak. Kamu bisa makan oatmeal instan dan juga buah-buahan diperbanyak di sini.

Efektif menurunkan berat badan

Laman Healthline.com menyebut jika kamu mengikuti diet plan ini, maka kamu bisa menurunkan berat badan. Hal ini karena kandungan rendah kalori dan lemak yang terdapat dalam oatmeal untuk diet ini.

Jika mengacu pada data dalam laman nutritionix.com, kalori oatmeal disetiap satu porsinya (ukuran 234 gram), yakni sekitar 166 kal. Kalori sebanyak itu kira-kira bisa kamu habiskan untuk berjalan selama 45 menit.

Oatmeal sendiri merupakan makanan yang kaya serat, itu sebabnya makanan ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama daripada makanan lain. Kandungan seratnya juga baik untuk saluran pencernaan kamu, lho.

Manfaat oatmeal untuk kulit wajah

Ada berbagai manfaat oatmeal untuk kulit wajah yang perlu kamu ketahui. Antara lain adalah menjaga kelembapan serta menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Untuk membuktikan manfaat ini, beberapa penelitian harus terlebih dahulu membuat masker dari oatmeal. Seperti yang dilakukan Oleh Martina Dwi Setyawati dari Universitas Sebelas Maret dalam laporan tugas akhirnya.

Martina mengetahui manfaat oatmeal untuk wajah ini dengan membuat masker yang terbuat tidak hanya dari oatmeal, tapi juga teh hijau.

Masker oatmeal untuk melembapkan wajah

Penelitian lain yang dilakukan Erika Dewinda Kristy membuat masker oatmeal ini tanpa tambahan apapun.

Untuk membuktikan manfaat masker oatmeal ini, Erika melibatkan 10 orang partisipan berusia 30-45 tahun yang memiliki karakteristik kulit yang kering dalam penelitiannya. Dalam penelitian tersebut dibandingkan pula pengaruh masker oatmeal dengan masker beras merah.

Penelitian tersebut mencatat kandungan lemak untuk melembapkan wajah pada masker oatmeal lebih banyak daripada masker beras merah. Sehingga penelitian menunjukan masker oatmeal lebih baik dan cepat dalam meningkatkan kelembapan kulit wajah.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

What are the benefits of oatmeal?, https://www.medicalnewstoday.com/articles/324176 diakses pada 2 Juni 2020

9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal, https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-oats-oatmeal diakses pada 2 Juni 2020

Better Health Is in the (Grocery) Bag, https://www.fitnessmagazine.com/recipes/healthy-eating/superfoods/immune-boosting-foods/ diakses pada 2 Juni 2020

11 Benefits of oatmeal for your skin, https://www.schoolofnaturalskincare.com/11-benefits-of-oatmeal-for-your-skin/ pada 2 Juni 2020

10 Benefits of Oatmeal You Probably Never Knew, https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-oatmeal-you-probably-never-knew.html diakses pada 3 Juni 2020

Healthline.com (2019) diakses 22 September 2020. Does the Oatmeal Diet Get Real Weight Loss Results?

Eprints.uns.ac.id (2017) diakses 22 September 2020. Green O Powder Facial Mask Berbahan Teh Hijau (Camellia sinensis) dan Oatmeal

Journal.unj.ac.id (2015) diakses 22 September 2020. PENGARUH PENGGUNAAN MASKER OATMEAL (Avena sativa) TERHADAP KELEMBAPAN KULIT WAJAH KERING

    Berita Terkait
    register-docotr