Kesehatan Wanita

Catat Ladies, Ini 7 Alasan Mengapa Perempuan Sebaiknya Punya Mimpi!

May 8, 2022 | Muhammad | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Setiap orang perlu punya mimpi untuk tujuan hidup di masa depan, termasuk bagi perempuan. Nurfitriyana Saiman misalnya, tokoh perempuan dalam film 3 Srikandi, berjuang bersama dua rekan atletnya demi mengharumkan nama bangsa di Olimpiade ke-24 Korea Selatan.

Di tengah himpitan dan keterbatasan, Nurfitriyana dan dua temannya berhasil membawa pulang medali Olimpiade pertama untuk Indonesia. Meski banyak tekanan, ketiganya mampu mewujudkan mimpinya menjadi jawara di cabang panahan. Sangat membanggakan, bukan?

Di momen Hari Perempuan Internasional kali ini, tak ada salahnya buat kamu untuk mulai menyusun mimpi dan cita-cita. Yuk, cari tahu kenapa sebaiknya seorang perempuan harus mempunyai mimpi!

Alasan perempuan sebaiknya punya mimpi

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu menyusun dan memiliki mimpi serta cita-cita. Beberapa di antaranya adalah:

1. Punya tujuan hidup

Dengan memiliki mimpi, maka hidupmu akan semakin terarah. Kamu memiliki satu mimpi yang harus diwujudkan. Artinya, perlu usaha untuk membuatnya menjadi nyata. Tanpa mimpi, hidupmu mungkin akan dipenuhi oleh rasa kebingungan tanpa tujuan.

Contohnya, seekor burung akan dengan mudah mendapatkan mangsanya jika sudah fokus pada dalam membidiknya. Lain lagi dengan burung yang tidak memiliki tujuan, maka hidupnya akan dipenuhi dengan kesulitan.

2. Meningkatkan motivasi

Jika sudah mempunyai mimpi, maka tentu kamu akan berusaha sekeras mungkin untuk mewujudkannya. Hal ini secara tidak langsung akan memacu motivasi dalam mencapai target yang telah kamu susun.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini yang terbit di International Journal of Environmental Research and Public Health, motivasi yang datangnya dari diri sendiri atau self-motivation bisa berdampak positif bagi kesehatan mental dan suasana hati.

3. Bantu kurangi kebiasaan buruk

Apakah kamu termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan? Dengan memiliki mimpi dan tujuan hidup yang jelas, kebiasaan buruk tersebut mungkin bisa lenyap.

Sebab, kamu akan terpacu dengan target yang sudah kamu buat, fokus agar mimpi yang telah disusun bisa menjadi kenyataan.

Baca juga: ‘Kursi Kosong’, Bagian Terapi Gestalt untuk Bantu Kamu Fokus pada Hidupmu Sekarang

4. Pencapaian yang lebih banyak

Saat mempunyai sebuah mimpi dan berhasil mencapainya, bukan tidak mungkin kamu akan menargetkan hal lain yang lebih besar. Tentu saja, ini akan membuatmu semakin banyak meraih pencapaian dan cita-cita.

Ingatlah bahwa semakin banyak tantangan yang harus dihadapi, maka akan banyak temuan dan hal baru yang akan sangat berharga untuk hidupmu.

5. Dorongan untuk bertindak, bukan hanya wacana

Sering kali, seseorang hanya merencanakan sesuatu tapi enggan untuk mengupayakannya agar menjadi nyata. Tapi jika sudah memiliki mimpi yang bulat, hal ini bisa mendorongmu untuk melakukan sesuatu supaya apa yang ditargetkan dapat terwujud.

Tindakan demi tindakan yang kamu lakukan akan memotivasi diri sendiri untuk menggapai tujuan utama dalam mimpimu.

6. Hidupmu terus berkembang

Percaya atau tidak, sebuah mimpi bisa memacumu untuk terus berkembang, lho. Kamu mungkin akan membuat penilaian tentang seberapa jauh langkah yang sudah kamu buat demi mencapai garis akhir. Ini akan membuat hidupmu menjadi terus maju serta mencegah jatuh.

Memang, tak selamanya manusia bisa menggapai mimpinya dengan mudah. Tapi, dengan memiliki progres yang pasti dan terukur, ini dapat membuatmu menjadi seseorang yang lebih baik dari versi dirimu sebelumnya.

7. Menjadi manusia bertanggung jawab

Memiliki mimpi yang jelas tak hanya membantumu menjadi seseorang yang berkembang, tapi juga bertanggung jawab. Rasa tanggung jawab itu muncul karena kamu terdorong untuk menyelesaikan tantangan dalam mewujudkan mimpi.

Misalnya, kamu memiliki tujuan untuk punya bentuk tubuh yang bagus. Maka, kamu akan lebih bertanggung jawab atas setiap usaha demi mewujudkan target tersebut menjadi nyata, yaitu dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya memiliki dan menyusun mimpi serta tujuan hidup. Jadi, apa mimpi terbesar dalam hidup yang ingin kamu wujudkan?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

register-docotr