Info Sehat

Kulit Tiba-tiba Melepuh? Hati-hati, Ternyata Ini Penyebabnya!

January 17, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Kulit melepuh bisa secara tiba-tiba terjadi pada siapa saja. Namun banyak faktor penyebab timbulnya kulit melepuh seperti ini. Berikut adalah faktor yang menyebabkan kulit tiba-tiba melepuh. 

Bagaimana terjadinya kulit tiba-tiba melepuh?

Melansir Healthline, lepuh juga disebut vesikula oleh ahli medis. Vesikula adalah bagian kulit yang terisi dengan cairan. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kata lecet apabila terlalu lama mengenakan sepatu yang tidak pas.

Kulit melepuh seringkali mengganggu, menyakitkan, atau tidak nyaman. Namun dalam banyak kasus, gejala tersebut bukanlah gejala serius dan akan sembuh tanpa intervensi medis apa pun.

Namun jika kulit melepuh semakin hari semakin parah dan menunjukkan reaksi komplikasi pada kesehatan, sebaiknya segera temui penyedia layanan kesehatan terdekat ya.

Apa saja penyebab kulit tiba-tiba melepuh?

Kulit tiba-tiba melepuh mungkin saja disebabkan karena beberapa faktor yang secara tidak sadar kamu alami, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya seperti dilansir dari WebMD

Terjadinya gesekan pada kulit

Gesekan pada kulit menjadi penyebab kulit tiba-tiba melepuh yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, kulit melepuh yang disebabkan oleh gesekan muncul di area tangan atau kaki.

Kulit melepuh pada area tangan mungkin terjadi akibat gesekan terus-menerus saat bermain drum atau alat musik lainnya. Sedangkan pada kaki, kulit melepuh bisa terjadi karena gesekan antara kaki dan alas kaki saat berjalan atau berlari.

Cuaca yang esktrem 

Pemicu lain yang bisa menyebabkan kulit tiba-tiba melepuh adalah paparan suhu ekstrem seperti tersiram air panas atau terpapar sinar matahari.

Sementara, pada kasus tertentu, kulit melepuh dapat muncul tanpa sebab sebagai mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu secara tiba-tiba.

Gigitan serangga

Serangga bisa menjadi penyebab kulit melepuh secara tiba-tiba. Kudis adalah tungau kecil yang menyerang bagian kulit. Umumnya serangga ini menyerang area tangan, kaki, pergelangan tangan, dan ketiak. 

Impetigo

Mengutip Healthline, impetigo adalah infeksi kulit yang umum dan menular. Bakteri seperti Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes menginfeksi lapisan luar kulit, yang disebut epidermis. Infeksi ini paling sering menyerang wajah, dan lengan.

Siapa pun bisa terkena impetigo, tetapi paling sering menyerang anak-anak, terutama mereka yang berusia 2 hingga 5 tahun. Infeksi ini sering dimulai dari luka kecil, gigitan serangga, atau ruam seperti eksim tempat di mana kulit rusak.

Baca juga: Awas Keliru, Ini 4 Perbedaan antara Purging pada Wajah dengan Infeksi Kulit

Cara mengatasi kulit melepuh tiba-tiba

Melansir dari WebMD, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kulit melepuh secara tiba-tiba.

Jaga agar tetap bersih dan kering

Beberapa lepuh sembuh dengan sendirinya. Kulit menyerap cairan, dan bagian yang melepuh menjadi rata dan terkelupas. Sebelum itu terjadi, kamu dapat menggunakan selotip moleskin berbentuk bulat agar tidak pecah.

Jangan pencet bagian lepuhan kulit

Kamu sebaiknya tidak memencet bagian kulit yang melepuh. Pasalnya, lepuhan kulit yang terbuka dapat memunculkan bakteri sehingga timbul infeksi.

Lebih baik, jika menutupi lepuhan kulit dengan perban atau kain kasa yang berfungsi untuk menghindari risiko infeksi. Namun, apabila tak sengaja kulit melepuh, hindari untuk mengelupas kulit mati yang terbuka atau terlepas.

Segera bersihkan luka terbuka dengan mencucinya menggunakan air dan sabun agar terhindar dari infeksi. Lalu, oleskan salep antibiotik. Kemudian, tutup lepuhan kulit yang terbuka dengan perban atau kain kasa steril.

Kondisi seperti apa yang mengharuskan kamu segera periksa ke dokter?

Kulit melepuh bisa saja sembuh dengan sendiri, namun apabila kamu mengalami demam, menggigil, atau gejala mirip flu lainnya pada saat bersamaan dengan kulit melepuh sebaiknya segera periksa ke dokter. Kamu mungkin saja terserang virus atau bakteri.

Gejala lain ketika kamu terserang virus atau bakteri adalah nyeri, bengkak, kemerahan dan bernanah.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd.com (2019) diakses pada 8 Januari 2021. Blisters: Causes and Treatments
  2. Healthline.com (2019) diakses pada 8 Januari 2021. Blisters
  3. Healthline.com (2019) diakses pada 8 Januari 2021. Everything You Need to Know About Impetigo 
    Berita Terkait
    register-docotr