Kesehatan Seksual

Tak Hanya Bikin Badan Bugar, Olahraga Juga Bisa Pengaruhi Aktivitas Seksual Kamu Lho!

May 8, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Umumnya, banyak orang mengetahui manfaat dari olahraga untuk meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis. Namun kenyataannya, olahraga juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan seksual dan berikut ini penjelasannya. 

Kaitan olahraga dengan kesehatan seksual

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi (DE) pada pria. Bagi mereka yang sudah mengalami kondisi tersebut, olahraga dapat membantu meningkatkan fungsi seksual. Kemudian pada wanita, olahraga dapat meningkatkan gairah seksual.

Diketahui juga melalui sebuah penelitian sebanyak 43 persen wanita dan 31 persen pria memiliki atau mengalami disfungsi seksual akibat obesitas dan kurang berolahraga. Perilaku atau pengalaman seksual ternyata juga bisa diprediksi melalui persentase lemak di dalam tubuh. 

Kemudian dalam sebuah studi pria dengan ukuran lingkar pinggang besar, 50 persen mengalami disfungsi ereksi. Hal itu pun semakin menambah bukti bahwa adanya hubungan antara kebugaran fisik dengan kesehatan seksual.

Disfungsi ereksi sendiri adalah sebuah kondisi di mana seseorang tidak mampu mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang cukup kuat saat berhubungan seks. Apabila kondisi berkelanjutan, hal itu dapat menyebabkan stres, memengaruhi kepercayaan diri, bahkan menimbulkan masalah hubungan.

Bagaimana olahraga yang tepat untuk meningkatkan kesehatan seksual?

Olahraga yang tepat untuk pria

Penelitian melaporkan bahwa penurunan berat badan meningkatkan testosteron dan dorongan seks pada pria paruh baya. Namun, apabila berolahraga selama 2,5 jam dalam seminggu dapat meningkatkan testosteron sebesar 15 persen dan mengurangi kasus hipogonadisme sebesar 46 persen. 

Hipogonadisme perlu diperhatikan karena kadar testosteron yang berkaitan dengan kondisi ini dapat menyebabkan turunnya dorongan seks dan disfungsi ereksi.

Demi menghindari terjadinya kondisi seperti ini, kamu bisa latihan kardio secara rutin. Latihan tersebut dapat meningkatkan stamina tubuh, kemudian angkat berat untuk menambah testosteron dan mengencangkan otot yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas seksual.

Beberapa otot seperti bagian lengan, perut, dan kaki menjadi hal utama saat sedang berhubungan seks. Kemudian, yoga bisa menjadi alternatif tepat karena mampu memperkuat sistem kardiovaskular sekaligus membuat tubuh lebih fleksibel.

Selain itu, dengan rutin berolahraga akan mengurangi lemak perut dan ini dapat meningkatkan aliran darah ke penis sehingga menghasilkan ereksi yang lebih baik bagi kamu dan pasangan. 

Olahraga yang tepat untuk wanita

Wanita mendapatkan manfaat seksual yang berbeda dari olahraga. Sebuah latihan yang kuat dapat memengaruhi hormon, neurotransmiter dan aktivitas sistem saraf otonom. Ini juga meningkatkan serta mempertahankan kadar enzim pada wanita sehingga aliran darah ke organ genital bisa bertahan dengan baik. 

Hanya 20 menit olahraga dapat meningkatkan gairah seksual sebesar 169 persen. Perlu dicatat bahwa khusus untuk wanita, efek gairah dari berolahraga ini biasanya hanya dalam jangka waktu pendek, jadi sebaiknya rencanakan waktu untuk berhubungan seks dengan pasangan tepat setelah sesi latihan. 

Olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan seksual

Salah satu pilihan olahraga untuk membantu meningkatkan dorongan seks adalah latihan Kegel. Ini dapat membantu memperkuat otot panggul bagi pria maupun wanita.

Latihan ini meningkatkan ereksi untuk pria dan orgasme yang lebih baik untuk wanita. Berikut cara melakukan latihan Kegel yang tepat: 

1. Ketahui letak otot panggul dengan benar

Ini adalah otot yang menghentikan aliran urine. Bagi pria, kamu mungkin akan melihat kontraksi di bagian pangkal penis. Sementara wanita akan merasakan vagina yang terangkat. Cobalah untuk berlatih mengencangkan otot beberapa kali sampai kamu menguasainya.

2. Kontraksikan otot panggul 

Lakukan ini selama 5 detik (kontraksikan dan lepaskan). Kemudian ulangi kontraksi seperti ini dan lepaskan kembali. Sebaiknya latihan sebanyak 10-15 kali berturut-turut. Dengan cara seperti ini kamu bisa menahan kontraksi lebih lama.

3. Lakukan latihan secara teratur

Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal lakukan satu set sebanyak 10 hingga 15 Kegel setidaknya tiga kali sehari. Kamu dapat melakukan ini sambil duduk di meja. Ini adalah latihan yang benar-benar akan meningkatkan gairah dan kinerja seks dengan cepat.

Baca juga: 5 Fakta Penting Seputar Disfungsi Ereksi Akibat Diabetes Pada Kaum Pria

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2009) diakses pada 7 Februari 2022. Abdominal obesity and physical inactivity are associated with erectile dysfunction independent of body mass index
  2. Mayoclinic.org (2021) diakses pada 7 Februari 2022. Erectile dysfunction
  3. Medlineplus.gov (2017) diakses pada 7 Februari 2022. Benefits of Exercise
  4. Ncbi.nlm.nih.gov (2018) diakses pada 7 Februari 2022. An investigation of the relationship between physical fitness, self-concept, and sexual functioning
  5. Healthgrades.com (2020) diakses pada 7 Februari 2022. How Exercise Can Improve Your Sex Drive
  6. Medlineplus.gov (2022) diakses pada 7 Februari 2022. Kegel exercises – self-care
    register-docotr