Kesehatan Wanita

Ingin Periode Saat Haid Cepat Selesai? Ini 5 Tipsnya!

April 5, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada berbagai alasan mengapa seorang wanita ingin mempercepat saat periode haidnya, misalnya saja ingin pergi berlibur atau hendak melakukan aktivitas tertentu, ingin melakukan ibadah, dan sebagainya. Beberapa cara agar haid cepat selesai pun bisa dilakukan.

Dikutip dari Mayo Clinic, siklus menstruasi yang dianggap normal dapat terjadi antara 21 hingga 35 hari dan dapat berlangsung selama 2-7 hari. Meskipun demikian, sebagian wanita memiliki durasi haid yang lebih lama.

Baca juga: Khawatir Menstruasi Datang Terlambat? Begini Cara Mempercepat Haid

Tips agar haid cepat selesai

Lamanya waktu haid dapat bervariasi pada masing-masing wanita. Penting untuk kamu ketahui bahwa ini juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres, indeks massa tubuh, hingga hormon.

Terdapat beberapa cara agar haid cepat selesai. Beberapa di antaranya dianggap aman untuk dilakukan, namun beberapa memerlukan persetujuan dari dokter terlebih dahulu.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar haid cepat selesai:

1.  Aktivitas seksual

Mengalami orgasme, baik melalui hubungan seksual atau masturbasi dapat mengurangi kram dan aliran darah haid. Sebab, orgasme dapat memicu kontraksi otot rahim, sehingga membantu mengeluarkan darah haid dari rahim.

Kontraksi ini dapat membantu rahim mengeluarkan darah haid lebih cepat. Meskipun demikian, belum ada bukti ilmiah yang mendukung teknik ini.

2. Kontrasepsi hormonal

Cara agar haid cepat selesai kedua adalah dengan menggunakan kontrasepsi hormonal. Pil KB oral atau suntik dapat membantu mengatur siklus haid. Tak hanya itu, pil KB hormonal juga dapat mengurangi kram dan mempersingkat waktu haid setiap bulannya.

Apabila kamu baru saja menggunakan kontrasepsi hormonal, ini diperlukan waktu beberapa bulan sebelum haid menjadi lebih singkat. Jenis kontrasepsi hormonal tertentu juga dapat mengurangi jumlah siklus haid yang dialami setiap tahunnya.

Namun yang perlu diingat adalah pil KB dan KB suntik hanya boleh digunakan sesuai dengan resep atau anjuran dari dokter.

Baca juga: Khawatir Haid Datang di Waktu yang Tak Tepat? Ini Pilihan Obat untuk Menghentikannya

3. Olahraga teratur

Kita tahu bahwa olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di samping itu, ternyata berolahraga secara teratur juga dapat menjadi cara agar haid cepat selesai, lho.

Pergerakan otot selama olahraga dapat membantu lebih banyak darah keluar dari tubuh, yang mana ini berpotensi dapat mengurangi durasi haid. Pada sebagian orang, olahraga juga dapat membantu meredakan gejala kram.

Olahraga memang menawarkan banyak manfaat. Namun sebaiknya, janganlah dilakukan secara berlebihan, ya. Sebab, olahraga yang berlebihan dapat mengurangi terlalu banyak lemak pada tubuh, sehingga ini dapat menurunkan indeks massa tubuh (IMT).

Hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan hormonal dan menyebabkan kamu berhenti mengalami haid. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan reproduksi.

4. Mengonsumsi nutrisi tertentu

Mikronutrien tertentu, seperti halnya vitamin B sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, beberapa nutrisi tertentu juga dapat meringankan haid sekaligus meredakan gejala premenstrual syndrome (PMS).

Perlu kamu tahu bahwa vitamin B6 adalah nutrisi yang dapat memengaruhi haid. Vitamin B6 sendiri dapat ditemukan dalam makanan tertentu, seperti telur atau ikan. Vitamin B6 telah ditemukan dapat meningkatkan progesteron sekaligus menurunkan estrogen dalam tubuh.

Hal tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi kelenjar pituitari untuk menormalkan hormon menstruasi. Bukan hanya vitamin B6 saja yang dapat memengaruhi haid, melainkan juga magnesium.

Magnesium adalah mineral yang dapat membantu meringankan haid yang berlangsung lama dan gejala yang membuat tidak nyaman, seperti kram. Sebab, magnesium memiliki efek anti-kram.

Satu studi menemukan bahwa kombinasi antara magnesium dan vitamin B6 dapat membantu meredakan gejala PMS. Meskipun demikian, jika kamu ingin mengonsumsi suplemen untuk membantu meringankan haid, konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter, ya.

5. Hindari menggunakan tampon

Pada dasarnya, tampon memang dapat menyerap darah haid. Tetapi, tampon juga dapat menghalangi beberapa aliran darah dari vagina, yang mana justru dapat memperpanjang durasi haid.

Jika kamu berencana untuk mempercepat haid, akan lebih baik menggunakan pembalut. Sebab, pembalut tidak menghalangi aliran menstruasi, sehingga dapat membantu agar haid cepat selesai.

Nah, itulah beberapa tips agar haid cepat selesai. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar cara lainnya untuk mempecepat haid yang aman dilakukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 31 Maret 2021. Can I Make My Period End Faster? 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 31 Maret 2021. Menstrual cycle: What’s normal, what’s not 

Medical News Today (2020). Diakses pada 31 Maret 2021. How to stop or speed up your period 

NCBI (2010). Diakses pada 31 Maret 2021. Evaluating the effect of magnesium and magnesium plus vitamin B6 supplement on the severity of premenstrual syndrome 

    register-docotr