Kesehatan Wanita

Khawatir Menstruasi Datang Terlambat? Begini Cara Mempercepat Haid

September 26, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Beberapa wanita menginginkan haid datang lebih cepat. Ada berbagai alasan yang mendasari hal ini, misalnya saja ia menginginkan haid selesai sebelum acara penting atau mungkin saja ia khawatir akan haid yang datang terlambat. Lalu, bagaimana cara mempercepat haid?

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari. Meskipun demikian, ada beberapa wanita yang mengalami siklus menstruasi lebih lama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan haid datang terlambat yakni stres, berat badan kurang atau berlebih, hingga kondisi medis tertentu.

Baca juga: 10 Faktor Penyebab Telat Haid Selain Hamil

Lantas, bagaimana cara mempercepat haid?

Terlepas dari berbagai alasan yang dimiliki oleh seorang wanita, cara mempercepat haid ternyata dapat dilakukan lho. Berikut adalah cara mempercepat haid yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan alat kontrasepsi hormonal

Menggunakan kontrasepsi hormonal seperti pil KB atau cincin vagina adalah metode yang dapat diandalkan untuk mengendalikan siklus menstruasi.

Pil kontrasepsi merupakan gabungan dari estrogen dan progestin. Apabila seorang wanita mengonsumsi pil hormonal selama 21 hari, kemudian berhenti mengonsumsinya dan menggantinya dengan meminum pil tiruan selama 7 hari. Maka dalam 7 hari mereka akan mengalami menstruasi.

Seorang wanita juga dapat berhenti mengonsumsi pil hormonal lebih awal agar menstruasi juga datang lebih awal.

Meskipun demikian, jika seorang wanita tidak meminum pil kontrasepsi seperti yang diresepkan oleh dokter, pil tersebut kurang dapat diandalkan dalam mencegah kehamilan. Maka dari itu, sebelum melakukan cara ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

2. Lakukan olahraga ringan

Olahraga ringan dapat membantu dalam mengendurkan otot dan membantu haid datang lebih cepat. Meskipun demikian, penelitian belum memastikan cara mempercepat haid ini berhasil. Namun, tak ada salahnya lho untuk mencoba.

Beberapa wanita mengalami periode menstruasi yang tidak teratur karena pola olahraga yang berat. Berolahraga ringan dapat membantu memulihkan hormon yang dibutuhkan untuk mengembalikan siklus menstruasi yang teratur.

3. Melakukan relaksasi

Cara mempercepat haid yang selanjutnya dapat coba kamu lakukan adalah dengan melakukan beberapa teknik relaksasi.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi berhubungan dengan tidak teraturnya menstruasi. Maka dari itu, menemukan cara untuk rileks atau menghilangkan stres mungkin dapat membantu.

Yoga, meditasi, dan menghabiskan waktu dengan orang tersayang dapat membantumu untuk menurunkan tingkat stres lho.

4. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C sangat penting bagi tubuh, beberapa orang percaya bahwa vitamin C dapat membuat haid bulanan datang lebih cepat. Meskipun demikian, tidak ada bukti ilmiah untuk klaim tersebut.

Akan tetapi, vitamin C dapat membantu untuk meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Hal ini dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan dinding rahim luruh, yang mana ini merupakan awal mula dari menstruasi.

Untuk mencoba melakukan cara mempercepat haid ini, kamu dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, namun konsumsilah suplemen dalam batas yang wajar ya, karena jika suplemen dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan bahaya.

Cara termudah memenuhi asupan vitamin C adalah dengan mengonsumsi makanan mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk, berry, brokoli, bayam, kubis, atau bahkan tomat.

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Ini 7 Cara Melancarkan Haid yang Wajib Kamu Ketahui

5. Berhubungan seks

Aktivitas seksual dapat memicu menstruasi dengan beberapa cara. Mengalami orgasme ketika berhubungan seksual dapat menyebabkan serviks membesar. Ini  dapat menciptakan ruang hampa yang dapat menurunkan darah haid.

Tak hanya itu, berhubungan seks secara teratur juga dapat mengurangi stres serta membantu meningkatkan keseimbangan hormon.

6. Menjaga berat badan yang sehat

Perubahan berat badan juga dapat memengaruhi siklus menstruasi seorang wanita. Berat badan yang kurang dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur atau bahkan haid berhenti sama sekali. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon menstruasi.

Sedangkan memiliki berat badan berlebih atau mengalami perubahan berat badan secara tiba-tiba juga dapat berimbas pada siklus haid yang tidak teratur.

Maka dari itu, menjaga berat badan yang sehat merupakan cara terbaik untuk mempercepat siklus menstruasimu.

7. Konsumsi jahe

Cara mempercepat haid yang juga dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi jahe, hal ini karena jahe merupakan obat tradisional untuk mempercepat menstruasi dan dipercaya dapat menyebabkan kontraksi rahim.

Jika dimakan secara mentah, jahe memiliki rasa yang kurang bersahabat, maka dari itu cara terbaik adalah dengan mengonsumsi teh jahe. Kamu dapat merebus sepotong jahe yang telah dikupas dan diiris ke dalam panci berisi air, kemudian diamkan selama 5-7 menit.

Untuk menambah rasa manis, kamu juga dapat menambahkan madu atau gula ke dalam air rebusan jahe tersebut.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 23 September 2020. 12 Natural Ways to Induce a Period 

Medical News Today (2019). Diakses pada 23 September 2020. How Can You Make Your Period Come Faster? 

Nagma, Shahida, Garima Kapoor, Rekha Bharti (2015). To Evaluate the Effect of Perceived Stress on Menstrual Function. Journal of Clinical and Diagnostic Research (diakses pada pada 23 September 2020)

    register-docotr