Covid-19

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Corona, Adakah Bukti Ilmiahnya?

September 26, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Pada Mei 2020 lalu, minyak kayu putih sempat menjadi perbincangan hangat. Lantaran beredarnya informasi yang menyebutkan keampuhan minyak kayu putih untuk corona.

Namun apakah sudah ada bukti secara ilmiah yang mengungkapkan manfaat minyak kayu putih untuk corona? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Fakta di balik manfaat minyak kayu putih untuk corona

Minyak kayu putih memang mengandung bahan aktif cineol-1,8 yang bersifat antivirus dan antimikroba. Namun tidak berarti dapat menangkal semua jenis virus.

Lebih lanjut, mengutip dari ugm.ac.id, peneliti Rini Pujiarti, Ph.D mengungkapkan, bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengklaim kayu putih bisa digunakan untuk mengobati COVID-19.

“Eucalyptus memang berpotensi sebagai antivirus karena kandungan aktif dalam minyak atsiri kayu putih. Namun, jika kita mengklaim bahwa Eucalyptus dapat membunuh virus corona penyebab COVID-19, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut,” ucap Rini Pujiarti, Ph.D.

Apakah sudah ada penelitian minyak kayu putih untuk corona?

Sejauh ini, penelitian manfaat minyak kayu putih sebagai antivirus di Indonesia, baru dilakukan untuk virus tertentu saja. Penelitian tersebut, tidak ditujukan untuk membunuh virus yang menyebabkan infeksi virus COVID-19.

“Memang pernah ada penelitian Eucalyptus efektif untuk membunuh virus Betacorona, tapi bukan virus Covid-19, SARS-CoV-2,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dengan kata lain, klaim manfaat minyak kayu putih untuk corona belum terbukti secara ilmiah.

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan

Minyak kayu putih adalah salah satu tanaman herbal yang sudah terkenal sejak lama. Tumbuhan yang awalnya berasal dari Australia ini memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, minyak kayu putih mengandung cineol-1,8 yang bersifat antivirus dan antimikroba. Dengan kandungan-kandungan ini, minyak kayu putih seringkali diandalkan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan, seperti berikut ini.

Meredakan batuk

Manfaat minyak kayu putih untuk meredakan batuk sudah dipercaya sejak bertahun-tahun lalu. Karena itu juga, banyak obat pereda batuk yang menggunakan bahan kayu putih.

Termasuk Vicks VapoRub, balsem yang digunakan untuk meredakan batuk. Balsem tersebut mengandung sekitar 1.2 persen minyak kayu putih dan campuran bahan lain yang juga berfungsi sebagai pereda batuk.

Membantu mengeluarkan dahak

Batuk dan dahak tertahan pastinya membuat kamu tidak nyaman. Kamu bisa menggunakan uang minyak kayu putih untuk membantu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya.

Melegakan pernapasan

Selain membantu mengencerkan dahak, ternyata minyak kayu putih juga dapat membantu melonggarkan selaput lendir. Sehingga membuatmu bernapas lebih lega, saat sedang batuk atau flu.

Melindungi dari gigitan serangga

Nyamuk dan serangga lainnya tidak akan mendekatimu jika menggunakan minyak kayu putih. Daripada menggunakan produk berbahan kimia, kamu bisa mencoba mengandalkan minyak kayu putih.

Mencegah infeksi

Minyak kayu putih bisa digunakan untuk peradangan pada kulit, membantu penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi. Kini sudah banyak tersedia produk krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih untuk mengatasi luka dan mencegah infeksi.

Mengontrol gula darah

Meskipun belum ada penjelasan ilmiah yang memadai, namun hingga kini minyak kayu putih memang berperan menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Peneliti menganggap minyak kayu putih berpotensi sebagai alternatif obat diabetes.

Menyegarkan napas

Mint adalah salah satu tumbuhan yang dikenal dapat mengatasi napas. Tapi selain mint, kamu juga bisa mengandalkan minyak kayu putih, lho!

Minyak kayu putih dapat digunakan untuk melawan penyebab bau mulut. Bahkan beberapa obat kumur dan pasta gigi ada yang menggunakan campuran minyak kayu putih di dalam produknya.

Meredakan nyeri sendi

Mungkin kamu belum mengetahuinya, bahwa ada banyak krim atau salep pereda nyeri akibat osteoartritis dan artritis reumatoid, ternyata mengandung minyak kayu putih.

Karena sifat antiperadangan, minyak kayu putih dipercaya dapat meredakan nyeri akibat peradangan sendi.

Selain itu, minyak kayu putih juga seringkali digunakan untuk membantu proses penyembuhan sakit punggung atau cedera sendi dan otot.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 24 September 2020 9 Unexpected Benefits of Eucalyptus Oil
UGM.AC.ID, diakses 24 September 2020 Eucalyptus Has Not Yet Proven to Kill Coronavirus
Kompas.com, diakses 24 September 2020 Eucalyptus Jadi Antivirus Corona, Benarkah Bisa Bunuh Virus Covid-19?

    Berita Terkait
    register-docotr