Kesehatan Seksual

Tips Mengatasi Sakit saat Berhubungan Badan akibat Endometriosis

August 15, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sering merasakan sakit ketika berhubungan badan bisa menjadi pertanda awal adanya penyakit endometriosis. Endometriosis sendiri terjadi ketika sel-sel yang menyerupai lapisan rahim atau disebut dengan sel-sel endometrium tumbuh di luar rahim.

Akibatnya, kebanyakan wanita akan merasakan kram yang menyakitkan di mana dapat pula muncul saat kegiatan seks. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi rasa sakit saat berhubungan badan akibat endometriosis, yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Punya Manfaat Sehat, Ini Alasan Harus Buang Air Kecil setelah Berhubungan Seks

Bagaimana tips mengatasi sakit saat seks akibat endometriosis?

Dilansir dari Medical News Today, sakit saat seks akibat endometriosis dapat terjadi karena penetrasi atau gerakan lain yang berkaitan dengan hubungan seksual dapat menarik dan meregangkan jaringan endometrium.

Menurut sebuah analisis yang diterbitkan pada 2017 di Reproductive Sciences, mengatakan bahwa sekitar dua pertiga wanita dengan endometriosis memiliki beberapa jenis disfungsi seksual. Untuk itu, agar rasa sakit saat seks dapat berkurang maka kamu perlu mengetahui beberapa tips, yakni:

Konsumsi obat pereda nyeri

Rasa sakit saat berhubungan badan akibat endometriosis mungkin dapat dikurangi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti aspirin dan ibuprofen. Beberapa obat-obatan ini bisa dikonsumsi setidaknya satu jam sebelum hubungan seksual dilakukan.

Selain itu, kamu juga bisa minum pereda nyeri, seperti yang diarahkan setelah berhubungan seksual jika ketidaknyaman berlanjut. Jika rasa sakit semakin parah, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk penanganan lanjutan.

Gunakan pelumas

Jika kamu menderita endometriosis, maka menggunakan pelumas saat berhubungan seksual merupakan cara yang tepat. Menggunakan pelumas berbasis air atau silikon ketika berhubungan badan benar-benar dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.

Perlu diketahui, beberapa wanita dengan endometriosis merasakan sakit saat berhubungan seks karena kekeringan vagina atau kurangnya pelumasan. Untuk itu, menggunakan pelumas sebanyak mungkin sangat dianjurkan atau selalu oleskan kembali ketika merasa vagina mengering.

Coba posisi seks yang berbeda

Apabila, kamu menderita endometriosis maka beberapa posisi seks mungkin akan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Karena itu, bereksperimen dengan posisi berbeda dapat mengajari kamu dan pasangan mana yang menyakitkan dan harus dihindari saat berhubungan badan.

Beberapa posisi seks yang nyaman karena seringkali melibatkan penetrasi dangkal, seperti tatap muka, menyendok, mengangkat pinggul, atau gaya doggy. Untuk mengurangi rasa sakit saat seks, terkadang seorang wanita mungkin lebih senang jenis aktivitas lain, seperti stimulasi oral.

Temukan ritme yang tepat

Penetrasi yang dalam dan dorongan cepat dapat memperburuk rasa sakit bagi banyak wanita dengan endometriosis. Karena itu, penting untuk menemukan ritme yang tepat agar dapat membantu kamu dapat mengurangi ketidaknyamanan saat berhubungan seksual.

Bicarakan dengan pasangan tentang memperlambat dan tidak mendorong terlalu dalam selama hubungan seksual. Mengganti posisi juga dapat dilakukan sehingga kamu dapat mengontrol kecepatan dan membatasi penetrasi hingga kedalaman yang terasa paling baik.

Jelajahi alternatif untuk hubungan intim

Seks pada dasarnya tidak harus berarti berhubungan badan. Terdapat cara lain yang bisa dilakukan untuk berhubungan intim, seperti foreplay, pijatan, ciuman, saling masturbasi, saling membelai atau alternatif lain guna membangkitkan gairah seksual.

Cara ini diketahui dapat membawa kamu dan pasangan lebih dekat tanpa memicu gejala. Karena itu, bicarakan dengan pasangan mengenai hal-hal yang membuat kamu bergairah dan bereksperimenlah dengan banyak aktivitas untuk menaikkan gairah seksual.

Jika beberapa tips tersebut tidak cukup membuat segalanya membaik, bicarakan dengan dokter tentang perawatan medis untuk endometriosis, seperti minum pil KB atau terapi hormon.

Rasa sakit saat seks ini merupakan pertanda awal penyakit, sehingga pemeriksaan bisa menjadi pencegahan dini.

Baca juga: Apakah Ada Dampak pada Hubungan Seksual setelah Melakukan Vasektomi?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2018), diakses 13 Agustus 2021. How to prevent endometriosis pain during sex
  2. Everyday Health (2018), diakses 13 Agustus 2021. What to Do When Sex Hurts With Endometriosis
  3. National Library of Medicine (2017), diakses 13 Agustus 2021. What Is Known and Unknown About the Association Between Endometriosis and Sexual Functioning: A Systematic Review of the Literature
  4. Healthline (2020), diakses 13 Agustus 2021. Endometriosis and Sex: How to Get Busy Pain-Free
    register-docotr