Kesehatan Seksual

Apakah Ada Dampak pada Hubungan Seksual setelah Melakukan Vasektomi?

July 6, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Vasektomi adalah salah satu bentuk kontrasepsi untuk pria dengan cara mencegah sperma dilepaskan saat ejakulasi. Selama prosedur, bagian vas deferens akan dipotong atau diblokir.

Vas deferens adalah saluran yang membawa sperma dari testis ke uretra. Namun seperti apa dampak hubungan seksual setelah vasektomi? 

Hubungan seksual setelah vasektomi

Vasektomi adalah prosedur yang dilakukan pada vas deferens yaitu saluran yang memasukkan sperma ke dalam air mani saat terjadi ejakulasi.

Melansir penjelasan dari laman Healthline, melakukan prosedur vasektomi berarti tidak lagi bisa membuat pasangan hamil. Dengan tingkat keberhasilan hampir 100 persen, hal ini dianggap sebagai salah satu metode pengendalian kelahiran paling efektif. 

Kamu mungkin perlu berpantang dari aktivitas seksual untuk waktu yang singkat setelah prosedur, tetapi biasanya tidak ada dampak jangka panjang pada fungsi seksual. 

Berapa lama bisa kembali berhubungan seks setelah vasektomi?

Setelah melakukan prosedur vasektomi, kamu akan memiliki dua sayatan yang perlu disembuhkan. Dalam beberapa kasus, ada yang mengalami jahitan di bagian skrotum.

Secara umum, kamu harus menunggu sampai tidak merasakan sakit atau bengkak di sekitar lokasi operasi sebelum berhubungan seks. Ini mungkin berarti menunggu seminggu atau lebih setelah prosedur dilakukan.

Berhubungan seks setelah operasi dapat membuka kembali sayatan dan memungkinkan bakteri masuk ke dalam luka. Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya infeksi.

Kondom umumnya bukan cara yang efektif untuk melindungi sayatan. Situs operasi biasanya terlalu jauh di atas pembukaan kondom untuk menerima cakupan apapun.

Apakah seks terasa sakit setelah vasektomi?

Setelah prosedur, kamu mungkin akan mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Sakit ringan
  • Rasa sakit dan memar di sekitar skrotum
  • Darah di air mani
  • Pembengkakan di skrotum dan area genital
  • Gumpalan darah di skrotum. 

Gejala-gejala ini dapat berlangsung dari beberapa hari hingga minggu. Berhubungan seks melibatkan banyak gerakan dan dampak. Jika mengalami rasa sakit, nyeri, atau bengkak, aktivitas seksual dapat meningkat dan bahkan memperpanjang ketidaknyamanan yang terjadi.

Setelah gejala mereda dan sayatan sembuh, kamu baru bisa melakukan aktivitas seksual tanpa mengiritasi area setelah operasi.

Berapa lama perlu mengkhawatirkan tentang konsepsi?

Kamu tidak akan langsung steril. Bagi banyak pria, spermanya masih ada selama beberapa bulan setelah melakukan vasektomi. Kamu harus berejakulasi 20 kali atau lebih sebelum air mani bebas dari sperma.

Dokter akan menganalisis air mani enam sampai dua belas minggu setelah vasektomi dilakukan. Pemeriksaan ini mengukur jumlah sperma yang tersisa dalam air mani. Jika air mani sudah bebas dari sperma, dokter akan memberitahumu. 

Kamu atau pasangan perlu menggunakan alat kontrasepsi sampai dokter memastikan bahwa air mani tidak mengandung sperma.

Kondom, pil KB wanita, atau suntikan medroksiprogesteron (Depo-Provera) semuanya dapat membantu menghindari kehamilan sampai efek vasektomi permanen.

Apakah vasektomi berdampak pada hasrat untuk berhubungan seks?

Jumlah sperma dalam air mani tidak memiliki hubungan dengan dorongan seks. Setelah vasektomi, kamu mungkin menemukan bahwa kepercayaan diri untuk terlibat dalam aktivitas seksual meningkat tanpa kekhawatiran.

Oleh karena itu, mungkin tidak mengejutkan mendengar beberapa penelitian menyarankan bahwa dorongan seks dapat meningkat setelah melakukan prosedur vasektomi.

Baca juga: Gangguan Ereksi Bisa Terjadi pada Pasien Diabetes, Ini Faktanya!

Apakah tetap bisa ereksi setelah vasektomi?

Vasektomi tidak berpengaruh pada hormon, proses tubuh, atau struktur penis yang memengaruhi kemampuan untuk ereksi. Jika tidak mengalami kesulitan ereksi sebelum vasektomi, kamu seharusnya tidak memiliki masalah apa pun setelahnya.

Temui dokter jika melihat ada perubahan pada ereksi setelah vasektomi. Kondisi atau komplikasi lain yang mendasari operasi mungkin menjadi penyebabnya.

Apakah ejakulasi akan terasa berbeda setelah vasektomi?

Kualitas, jumlah, dan tekstur air mani juga tidak akan berubah secara nyata setelah vasektomi. Sensasi ejakulasi saat orgasme seharusnya tidak terasa berbeda sama sekali.

Kamu mungkin menemukan bahwa beberapa ejakulasi pertama setelah prosedur tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini akan berkurang seiring waktu. Tetapi jika perasaan itu berlanjut setelah sekitar satu bulan, sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter. 

Meskipun jarang, sindrom nyeri pascavasektomi dapat terjadi akibat kerusakan saraf atau pembentukan sperma di vas deferens. Dokter akan dapat menilai gejala tersebut dan memberitahu kamu langkah selanjutnya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 5 Juli 2021. Sex After Vasectomy: What to Expect
  2. Healthline.com (2017) diakses pada 5 Juli 2021. Birth Control: Vasectomy (Male Sterilization)

 

    register-docotr