Kesehatan Seksual

Posisi Seks Lotus Bisa Tingkatkan Orgasme Lho, Sudah Tahu Triknya Belum?

January 20, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ada banyak posisi seks yang bisa kamu coba bersama pasangan. Mulai dari doggy, misionaris, woman on top, dan sebagainya. Posisi seks yang kamu pilih bisa memberikan rasa yang berbeda.

Tetapi pernahkah kamu mendengar posisi lotus? Posisi seks yang satu ini ternyata dapat meningkatkan orgasme dan keintiman dengan pasangan lho. Penasaran bagaimana? Yuk cari tahu selengkapnya soal posisi seks yang satu ini! 

Apa itu posisi seks lotus?

Seks tantra atau tantric sex merupakan meditasi yang berasal dari kepercayaan Hindu dan Budha. Tujuan dari seks tantra adalah untuk menyatukan pasangan secara fisik dan spiritual.

Seks tantra akan mengajarkan pasangan untuk berhubungan dengan tenang. Nah, posisi seks lotus ini merupakan bagian dari seks tantra yang bertujuan untuk membangun keintiman lebih antara pasangan.

Manfaat posisi seks lotus

Lewat tulisannya dalam laman Besthealthmag, Cheryl Fraser, Ph.D., seorang psikolog dan terapis asal Duncan pun menuliskan beberapa alasan mengapa kamu harus mencoba posisi seks ini bersama pasangan. 

Pertama, posisi seks lotus akan menciptakan keintiman yang lebih dalam bersama pasangan. Kamu dan pasangan bisa merasa lebih dekat, lebih mencintai, dan lebih memaafkan.

Kedua, kamu akan merasakan kepuasan yang lebih daripada biasanya. Menurut Cheryl, posisi seks ini menjanjikan lebih banyak kesenangan, kegembiraan, dan kepuasan yang mendalam daripada posisi seks lainnya. 

Ketiga, yang paling penting, posisi seks ini bisa meningkatkan kemungkinan orgasme. Di samping itu, orgasme yang berlangsung juga bisa membuatmu terhubung lebih jauh dengan pasangan. 

Baca juga: Ladies, Sudahkah Kamu Tahu Tips agar Seks di ‘Malam Pertama’ Tidak Menyakitkan? 

Cara melakukan posisi lotus

Untuk melakukan posisi lotus, mulailah dengan saling berhadapan dan saling menatap mata. Salah satu dari kamu dan pasangan harus duduk bersila. Kemudian salah satunya duduk di pangkuan dan menggantungkan kaki di atas kaki pasangannya. 

Kemudian pastikan kamu dan pasangan saling mengalungkan lengan ke pinggan dan ke leher. Lalu, dekatkan posisi kepalamu bisa menempel ke kepala pasangan. Bisa dengan saling menyentuh pipi atau saling menyentuh dahi. 

Setelah kamu merasa ada dalam posisi yang nyaman mulailah dengan mengambil napas dalam-dalam dan perlahan bersama-sama. Pastikan kamu dan pasangan memiliki irama pernapasan yang sama. 

Kemudian mulailah bergerak bersama dengan saling merangsang. Pastikan kamu menemukan aliran dan ritme yang terasa nikmat hingga kamu dan pasangan bisa mengaktifkan energi seksual bersama.

Cobalah untuk terhubung dengan tubuhmu lewat napas. Dengan begitu kamu bisa merasakan kenikmatan dan energi seksual ke seluruh tubuh. Setiap kamu melakukan gerakan yang merangsang, gunakanlah tarikan napas untuk memancing orgasme. 

Posisi seks yang satu ini bahkan bisa membuat kamu merasakan orgasme di seluruh tubuh tanpa penetrasi apa pun sambil tetap berpakaian lengkap. Namun untuk mencapai hal ini, kamu perlu beberapa kali latihan.

Di samping itu, dilansir dari WebMD, posisi lotus juga ramah untuk wanita yang telah menopause.

Baca juga: Agar Pengantin Baru Cepat Hamil, Yuk Ikuti 5 Cara Membuat Anak Berikut Ini! 

Tips dan trik melakukan seks dengan posisi lotus

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kepuasan seksmu saat melakukan posisi lotus. Berikut adalah tips yang bisa membantu:

  • Lakukan tanpa busana atau dengan busana. Ketika melakukan posisi seks ini, kamu bisa bebas memilih untuk melakukannya dengan berpakaian atau justru melepas pakaian. Kuncinya adalah memilih apapun yang dirasa lebih nyaman. 
  • Perhatikan napas. Bagian penting dari seks dalam posisi lotus adalah pernapasan. Cobalah untuk fokus pada pernapasanmu. Dengan begitu kamu bisa lebih menikmati momen yang sedang terjadi.  
  • Rangsang semua indra. Untuk merangsang semua indera, kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi dan menyalakan musik sensual. Sentuh juga pasanganmu secara perlahan dan nikmati semua sentuhan yang kamu rasakan. Hal ini dapat membantumu merasakan setiap sensasi yang menyenangkan.
  • Lakukan perlahan-lahan. Bagian yang tidak kalah penting adalah mengatur tempo. Jangan terburu-buru, tapi pastikan kamu dan pasangan bisa merasakan segala sesuatu secara lebih dalam.
  • Jelajahi tubuh pasangan secara menyeluruh. Biarkan kamu dan pasangan saling menyentuh dan menjelajah tubuh. Saat berciuman, gunakan juga lidah untuk menjelajahi mulut. 
  • Lakukan eksperimen kreatif. Kamu juga bisa mencoba eksperimen lain dengan pasangan. Melakukan BDSM (Bondage and Discipline, Dominant and Submission dan, Sadism and Masochism) misalnya. Hal ini juga bisa meningkatkan keintiman. 

Ketika pertama kali melakukannya kamu mungkin akan merasa masih canggung. Namun setelah beberapa kali latihan, posisi seks ini bisa memberikan kenikmatan serta energi erotis yang berbeda. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya. 

Punya pertanyaan lebih lanjut tentang kesehatan seksual? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr