Kesehatan Seksual

Berhubungan Seks saat Sedang Flu, Boleh atau Tidak?

December 12, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Aktivitas seksual adalah salah satu kunci keharmonisan kehidupan berpasangan. Rutin melakukannya dipercaya dapat mempererat hubungan batin dan emosional. Namun, bagaimana jika salah satu dari pasangan sedang mengidap flu?

Apakah seks tetap boleh dan aman untuk dilakukan? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: Bolehkah Berhubungan Seks saat Haid? Simak Manfaat dan Risikonya!

Sekilas tentang flu

Flu adalah salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus, biasanya menyerang saluran pernapasan bagian atas. Mengutip dari Healthline, masa inkubasi virus tersebut pada umumnya antara satu hingga tiga hari.

Masa bertahan virus di dalam tubuh bisa jadi lebih lama karena dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:

  • Lokasi virus
  • Jumlah virus yang masuk
  • Kekuatan sistem kekebalan

Gejala flu biasanya berlangsung secara bertahap, dengan ciri-ciri seperti pilek, gatal di bagian belakang tenggorokan, bersin-bersin, dan rasa lelah berlebihan. Terkadang, seseorang yang mengidap flu juga mengalami demam atau kenaikan suhu tubuh.

Penularan penyakit flu

Flu adalah penyakit yang menular. Penyebaran virus dapat terjadi dari orang ke orang. Bahkan kamu dapat menularkan virus tersebut meski gejalanya belum muncul. Transmisi virus pemicu flu bisa terjadi melalui cairan atau percikan (droplet) yang keluar dari hidung dan mulut.

Tak hanya itu, tangan dan permukaan kulit yang telah terkontaminasi setelah menyentuh area wajah juga bisa menjadi medium penularan. Hal yang sama berlaku pada benda yang telah terkontaminasi.

Objek yang umumnya menjadi medium penularan adalah gagang pintu, peralatan makan, dan benda yang sering digunakan secara bersamaan.

Bolehkah berhubungan seks saat flu?

Dari penjelasan tentang cara penularan flu di atas, berhubungan seks saat sedang flu adalah hal yang tidak direkomendasikan.

Menurut penjelasan Kate White, MD, dari Boston University, kamu sebaiknya tidak berdekatan dengan orang yang sedang flu untuk menghindari penularan.

Sebaliknya, jika kamu yang sedang menderita flu, minta pasangan untuk tidak mendekat agar tidak tertular. Aktivitas kontak fisik seperti berciuman saat berhubungan seks sangat berisiko untuk proses transmisi virus.

Bagaimana jika tetap ingin berhubungan seks?

Meski sebaiknya dihindari, ada beberapa trik untuk melakukan hubungan seks saat sedang flu. Felice Gersh, MD, pendiri Integrative Medical Practice of Irvine di California menjelaskan, yang dikhawatirkan dalam berhubungan seks saat flu adalah penularan dari wajah (mulut dan hidung).

Sedangkan untuk cairan vagina atau sperma sendiri tidak akan membawa virus pemicu flu tersebut. Artinya, jika ingin melakukan hubungan intim saat flu, sebisa mungkin hindari aktivitas yang melibatkan kontak wajah, misalnya berciuman.

Berikut beberapa posisi dalam berhubungan seks yang bisa dicoba untuk menghindari penularan flu:

1. Spooning

Saat menerapkan posisi seks ini, wanita membelakangi pria. Artinya, proses penetrasi dilakukan dari belakang tanpa saling bertatap muka. Posisi ini memungkinkan untuk penetrasi vaginal, anal, dan rangsangan menggunakan tangan atau sex toys.

2. Doggy style

Posisi ini mengharuskan wanita dalam keadaan merangkak dan pria setengah berdiri (menekuk lutut) di belakangnya. Sama seperti spooning, posisi doggy style bisa menghindari kontak wajah antara kamu dan pasangan.

3. Posisi gunting

Posisikan kepalamu dan kepala pasangan berada di sisi berlawanan. Lalu, buka kedua kaki masing-masing sehingga memungkinkan terjadinya proses penetrasi.

Selain wajah yang saling berjauhan, kamu dan pasangan bisa lebih banyak membakar kalori, karena keduanya harus sama-sama ‘mendorong’.

4. Reverse chair

Dalam posisi ini, pria duduk di atas kursi, sedangkan wanita berada di atasnya dengan posisi wajah dan badan yang searah. Posisi tersebut dapat memungkinkan terjadinya penetrasi vaginal maupun anal. Dengan wajah yang tidak saling berhadapan, potensi penularan virus bisa diminimalkan.

5. Misionaris duduk

Misionaris adalah salah satu gaya bercinta yang paling sering dipilih oleh banyak pasangan. Tapi, saat sedang flu, cobalah variasi lain dengan duduk. Masih seperti gaya misionaris pada umumnya, tapi posisikan untuk tidak saling berdekatan.

Posisikan dirimu duduk lalu pasangan berbaring telentang, atau sebaliknya. Kamu dan pasangan masih bisa memberikan stimulasi atau rangsangan satu sama lain tanpa harus saling berdekatan wajah.

Nah, itulah ulasan tentang berhubungan seks saat sedang flu dan posisi yang bisa kamu terapkan. Untuk meminimalkan penularannya, menghindari seks selama flu adalah cara terbaik yang bisa dilakukan.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 11 Desember 2020, What’s the Incubation Period of a Cold?
  2. Health, diakses 11 Desember 2020, Is It Safe to Have Sex With the Flu?
  3. Health, diakses 11 Desember 2020, 10 Sex Positions That Won’t Spread Your Cold or Flu Germs.

    register-docotr