Puasa

Bisakah Puasa Tanpa Sahur? Yuk, Intip Panduannya di Sini!

April 21, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sahur adalah bagian terpenting saat menjalankan puasa di bulan Ramadan. Namun apa jadinya jika kamu kesiangan dan akhirnya harus menjalani puasa tanpa sahur? 

Jangan panik saat menyadari kamu melewatkan waktu makan sahur. Berikut beberapa tips sebagai panduan untuk menjalani ibadah puasa tanpa sahur. 

Panduan menjalankan puasa tanpa sahur

Makan sahur adalah waktu yang digunakan untuk mengisi asupan nutrisi agar tubuh tetap mampu beraktivitas seharian walau sedang berpuasa.

Saat kamu melewatkan waktu sahur, artinya kamu kehilangan kesempatan untuk mengisi perut dan cairan yang diperlukan tubuh. Agar tetap kuat menjalani puasa tanpa sahur, yuk coba lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Tetap lakukan kegiatan harianmu

Melewatkan waktu sahur memang akan membuat puasa terasa lebih menantang. Tapi tetap lakukan kegiatan harianmu. Dengan catatan, cobalah batasi kegiatan fisik yang berat. 

Alasannya, kegiatan berat akan menguras cairan dari dalam tubuh. Sementara kamu harus menunggu waktu berbuka puasa untuk mengisi kembali cairan tersebut. 

Jika cairan tubuh terkuras, kamu bisa mengalami dehidrasi. Saat seseorang mengalami dehidrasi akan menunjukkan gejala seperti kehausan, mulut kering, tidak banyak buang air kecil, urine berwarna kuning tua, sakit kepala, hingga kram otot. 

Itu sebabnya sebaiknya kamu tidak melakukan aktivitas berat yang memicu tubuh mengeluarkan banyak berkeringat. 

2. Kurangi kegiatan yang dapat memicu dehidrasi

Sama seperti poin pertama, kamu harus memerhatikan kegiatanmu. Misalnya hindari berkegiatan di tempat panas, karena bisa mengurangi cairan dalam tubuh. Jika dilakukan berlebihan akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Jika dehidrasi ringan berkembang menjadi dehidrasi parah, kamu akan menunjukkan gejala seperti tidak buang air kecil atau urine berwarna kuning gelap, kulit kering, detak jantung cepat, nafas cepat, mata cekung bahkan bisa sampai pingsan. 

Sebaiknya rencanakan kegiatan kamu seefisien mungkin dalam satu hari, dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan dehidrasi. Ini akan membantumu menjalani puasa tanpa sahur. 

3. Pahami cara tubuh menggunakan energi

Saat harus puasa tanpa sahur, kamu mungkin akan khawatir merasa kelaparan. Kamu tak perlu khawatir, walau memang akan ada rasa lapar, tetapi sebenarnya tubuh tetap akan terus mencerna asupan makanan terakhirmu selama 8 jam pertama kamu berpuasa. 

Jika setelah 8 jam belum ada asupan baru, maka tubuh akan mulai menggunakan simpanan lemak untuk diolah menjadi energi. Dari sini kamu akan tetap memiliki energi untuk melakukan aktivitas.

Jadi, jangan khawatir kamu akan kelaparan dan tidak bisa melakukan kegiatan. Tapi bukan berarti kamu jadi sengaja melewatkan sahur. Kamu tetap perlu makan sahur, ya.

Selain ketiga tips di atas, memantapkan niat dan memahami sejumlah manfaat yang bisa didapat berkat puasa, akan membantumu melewati hati meski tanpa sahur.

Tips agar tidak melewatkan sahur

Karena puasa tanpa sahur bisa menjadi hal yang terasa menantang, sebaiknya usahakan untuk tetap bangun. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak melewati waktu makan sahur.

  • Biasakan tidur lebih cepat: Mendekati Ramadan, tidak ada salahnya kamu mengubah kebiasaan tidur malam. Ini akan membantu kamu bangun lebih mudah di waktu makan sahur. 
  • Menyiapkan makan sahur sebelum tidur malam: Menyiapkan menu sahur sehat sebelum tidur bisa kamu lakukan. Ini akan memudahkan kamu untuk makan sahur, agar lebih mudah menyantap sajian sahur sehat. 
  • Jangan lupa biasakan cukup minum: Selama puasa jangan lupa atur kebutuhan cairan, agar tetap terhidrasi. Jika sudah terbiasa minum di jam tertentu, kamu mungkin akan terbangun di waktu sahur karena sudah terbiasa untuk minum. 

Pentingnya sahur selama puasa Ramadan

Walau memungkinkan puasa tanpa sahur, tetapi perlu diingat jika makan sahur adalah hal yang penting. Meski ngantuk atau tidak nafsu makan, usahakan untuk tetap mengisi perut di waktu sahur. 

Jangan lupa juga memilih makanan yang tepat, seperti yang kaya serat dan tinggi protein. Makanan-makanan tersebut akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, dan membuat tubuh memiliki energi yang cukup untuk melewati hari selama berpuasa. 

Serta usahakan untuk cukup minum dan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Ini akan membantu kamu mencukupi kebutuhan cairan dan tetap terhidrasi seharian penuh selama berpuasa. 

Itu lah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berpuasa, khususnya jika kamu harus puasa tanpa sahur. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 16 April 2021
Practical Tips to Safely Fast During Ramadan
Healthline, diakses 16 April 2021
What Happens If You Don’t Eat for a Day?
WebMd, diakses 16 April 2021
What is Dehydration? What Causes It?
Medical News Today, diakses 16 April 2021
What happens if you fast for a day?

    register-docotr