Kesehatan Pria

Sedang Tren, Benarkah Memperbesar Penis dengan Cuka Apel Aman?

August 24, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Baru-baru ini, banyak iklan bermunculan yang merekomendasikan untuk menyiram penis dengan cuka apel, tujuannya agar ukurannya terlihat lebih besar. Namun apakah hal tersebut aman untuk dilakukan? Berikut ini penjelasan lengkap menurut ahlinya. 

Apakah aman memperbesar ukuran penis dengan cuka apel? 

Bagi sebagian pria, ukuran penis tentu menjadi sebuah konsen utama. Demi mendapatkan ukuran yang diinginkan tentu saja ada sejumlah cara ditawarkan, termasuk menyiram bagian tersebut dengan cuka sari apel alias apple cider vinegar (ACV). 

Namun seperti dilansir dari laman MIC, ternyata cara tersebut justru bisa mencederai kelamin pria. 

Ahli Urologi yang berbasis di Nashville, Joseph Pazona mengatakan, “Pria akan melakukan apa saja untuk membesarkan ukuran penis mereka. Tapi memberikan penis dengan cuka apel adalah salah satu tren yang lebih menarik dan membingungkan yang pernah saya lihat.”

Tak sekadar itu saja, bahkan ahli kulit saja mencoba untuk memberitahu kepada semua orang selama bertahun-tahun untuk tidak mengoleskan cuka apel di wajah.

Melalui penjelasan tersebut, wajar saja sangat dianjurkan untuk menghindari memakaikan pada sesuatu bagian tubuh yang agak sensitif, termasuk penis.

Ukuran penis menurut penelitian 

Menurut penelitian, ukuran penis rata-rata yaitu antara 5,1 inci (12,9 cm) dan 5,5 inci (13,9 cm). Jika kamu ingin menambahkan 65 persen dari 5,5 inci, artinya menjadi 9,25 inci (sekitar 23 cm).

Namun, lagi-lagi perlu diperhatikan bahwa kenyataannya rata-rata dildo saja ukurannya sekitar empat inci (10 cm) hingga enam inci (15cm). 

Peringatan penggunaan cuka apel untuk memperbesar penis

Seperti yang dikatakan Pazona, memang pria akan melakukan apa saja untuk menambahkan ukuran penis. 

Namun perlu diingat juga bahwa menggunakan cuka apel ke penis tentu saja akan ada efek sampingnya. Seperti yang kita ketahui bahwa cuka sari apel bersifat asam, dan bisa menyebabkan iritasi dengan tingkat yang cukup parah atau bahkan hingga menyebabkan radang uretra.

Klaim bahwa cuka sari apel ini akan membuat penis lebih besar tentu tidak terbukti. Lebih disarankan, apabila pria mengkhawatirkan ukuran penisnya, lebih baik untuk menemui dokter.

Melakukan konsultasi dengan dokter tentu akan lebih baik daripada harus memasukkan penis ke dalam suatu bahan yang berpotensi berbahaya. 

Pada dasarnya semua ukuran penis sama 

Pazona mengungkapkan kebanyakan penis berukuran sama. Belum ada cara yang bisa meningkatkan ukuran penis dengan terapi apa pun, termasuk iklan cuka apel ini.

Bukannya memperbesar ukuran, justru tren ini dianggap berbahaya oleh beberapa ahli. Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan di dokter jika kamu mengalami masalah dengan ukuran penis.

Jadi ketika iklan memperbesar penis dengan cuka apel ini menjadi tren, para ahli justru benar-benar memohon untuk berhenti mengoleskannya pada penis karena dianggap berbahaya. 

Dari mana informasi yang salah tentang cuka apel untuk penis ini berasal? 

Informasi ini menjadi sebuah tren baru di kalangan pria setelah munculnya iklan di beberapa di situs yang merekomendasikan menyiram penis dengan cuka sari apel (ACV).

Iklan tersebut menyebutkan menyiram penis dengan cuka sari apel dapat membuat ukurannya menjadi lebih besar.

Memang sebelumnya ada beberapa penelitian kecil, yang telah menunjukkan bahwa menelan cuka sari apel dapat meningkatkan kesehatan jantung pada tikus. Tetapi sayangnya, beberapa orang menyimpulkan bahwa manfaat kesehatan tersebut juga bisa ke manusia. 

Padahal kenyataannya justru berbahaya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas. Perlu kamu ketahui karena cuka sari apel adalah asam, ketika mengoleskannya ke kulit, itu meningkatkan aliran darah dan mungkin membuatnya sedikit lebih kencang

Peningkatan kekencangan tersebut tetapi hanya sementara, sehingga tidak dapat dianggap sebagai pengobatan untuk disfungsi ereksi (DE) dan itu pasti tidak akan membuat ukuran penis menjadi lebih besar.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mic.com (2021) diakses pada 23 Agustus 2021. Why are people putting apple cider vinegar on their dicks?
  2. Vice.com (2021) diakses pada 23 Agustus 2021. Why Are Porn Ads Saying to Put Apple Cider Vinegar on Your Dick?
  3. Metro.co.uk (2021) diakses pada 23 Agustus 2021. Trying the apple cider vinegar penis-enlarging trick could leave you with painful burns
    register-docotr