Info Sehat

Wajib Tahu, Ini Berbagai Obat Nyeri Otot yang Perlu Kamu Kenali

December 25, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Nyeri otot merupakan kondisi yang sangat umum dialami oleh banyak orang. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja dan di lokasi mana pun di tubuh. Oleh karena itu, kamu harus tahu apa obat nyeri otot yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Tidak ada satu penyebab khusus nyeri otot. Tapi kebanyakan disebabkan oleh terlalu banyak stres, tekanan atau aktivitas fisik yang kamu jalani.

Obat nyeri otot tanpa resep

Berikut ini adalah beberapa obat nyeri otot yang beredar di pasaran dan bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter:

Obat antiinflamasi nonsteroid

Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) ini bekerja dengan cara menghambat tubuh dalam menghasilkan substansi yang menyebabkan inflamasi dan nyeri. NSAID ini tersedia di toko obat dan bisa kamu beli tanpa resep dokter.

Ada beberapa jenis NSAID dalam bentuk tablet, kapsul atau suspensi. Beberapa NSAID yang memiliki kadar yang keras harus dibeli dengan resep dokter.

Meskipun bisa dibeli tanpa resep dokter, bukan berarti obat-obat ini tidak berbahaya. Ada beberapa efek samping seperti sakit perut, kembung hingga diare yang menghantui kamu.

Beberapa jenis NSAID yang bisa kamu andalkan sebagai obat nyeri otot adalah naproxen dan ibuprofen.

Acetaminophen

Obat nyeri otot ini bekerja dengan cara menghambat tubuh menghasilkan substansi penyebab nyeri. Acetaminophen  tersedia secara generik hingga dalam merek tertentu. 

Obat nyeri otot dengan resep dokter

Untuk mengatasi nyeri otot, dokter biasanya akan memberikan kamu obat-obatan yang masuk dalam golongan antispasmodic. Obat ini akan bekerja dengan memberikan efek sedatif atau bius.

Tujuannya adalah agar sel saraf tidak mengirimkan sinyal nyeri ke otak kamu. Jenis obat ini harusnya hanya digunakan hingga 2-3 minggu saja. Karena keamanan penggunaan obat ini dalam jangka panjang masih belum diketahui.

Meskipun antispasmodic ini bisa digunakan untuk nyeri otot, tapi jenis obat ini tidak lebih efektif dibandingkan NSAID atau acetaminophen, lho. Malahan, obat jenis ini memiliki lebih banyak efek samping ketimbang dua jenis obat tersebut.

Efek samping yang umum bisa terjadi antara lain:

  • Mengantuk
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Gelisah
  • Urine yang berwarna ungu kemerahan atau oranye
  • Tekanan darah rendah ketika berdiri

Demikian berbagai obat nyeri otot yang beredar di pasaran yang bisa kamu dapatkan dengan atau tanpa resep dokter. Selalu patuhi aturan pakai setiap obat yang kamu konsumsi, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 13 Desember 2020. What You Need to Know About Muscle Aches and Pains
  2. Healthline, diakses 13 Desember 2020. Muscle Relaxers: A List of Prescription Medication
    register-docotr