Info Sehat

Wajib Tahu, Ini Tahapan Usia saat Metabolisme Mulai Melambat

August 24, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tahukah kamu bahwa seiring bertambahnya usia metabolisme akan jadi melambat? Ya, ini bisa terjadi. Nyatanya ada beberapa tahapan usia ketika terjadinya metabolisme melambat.

Metabolisme sendiri adalah proses mengubah makanan menjadi energi, sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Lethologica: Kondisi Sulit Mengingat Kata-kata Saat Berbicara

Mengapa metabolisme melambat seiring bertambahnya usia?

Diansir laman Web MD, ada beberapa faktor yang menyebabkan melambatnya metabolisme seiring bertambahnya usia, ini termasuk:

1. Berkurangnya massa otot

Seiring bertambahnya usia, secara alami massa otot dapat berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan proses pembakaran kalori pada tingkat yang lebih rendah.

2. Kurang aktif secara fisik

Percaya atau tidak, seiring bertambahnya usia kamu mungkin saja mendapatkan lebih sedikit aktivitas fisik dibandingkan seharusnya.

Di samping itu, tidak berolahraga yang cukup juga dapat menyebabkan pertambahan berat badan dan meningkatkan risiko medis kondisi tertentu. Jal ini juga berkontribusi dalam melambatnya merabolisme.

3. Jenis kelamin dan gen

Kedua faktor tersebut juga dikatakan berkontribusi pada tingkat metabolisme. Pria biasanya memiliki metabolisme yang lebih cepat karena mereka memiliki lebih banyak massa otot dan lebih sedikit lemak tubuh.

Sementara itu, gen menentukan ukuran otot dan kemampuan untuk menumbuhkan otot. Ini juga memengaruhi metabolisme. Semakin sedikit jumlah massa otot yang dimiliki, maka metabolisme juga akan semakin melambat.

Baca juga: Hati-hati, Ini Efek Buruk Kebiasaan Snooze Alarm bagi Kesehatan!

Studi tentang usia dan perlambatan metabolisme

Sebuah studi yang diterbitkan di Science mengungkapkan bahwa terkait usia, metabolisme mulai melambat dari yang diperkirakan.

Di sisi lain, dikutip dari laman laman Eat This, Not That!, New York Times mengamati lebih dari 80 peneliti dari 63 institusi pengajar yang terletak di seluruh Amerika Utara, Eropa, Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Karibia.

Data kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk penelitian mengenai metabolisme, selama rentang 40 tahun dari 6.500 orang yang berusia antara 8 hari hingga 95 tahun.

Tahapan usia seiring melambatnya metabolisme

Berdasarkan laporan tersebut, ditemukan bahwa kecepatan metabolisme tubuh dipengaruhi oleh ’empat tahap kehidupan’, berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Bayi yang berusia hingga satu tahun memiliki metabolisme tercepat, yakni sekitar 50 persen lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa
  2. Setelah berusia satu tahun, metabolisme mengalami penurunan secara perlahan ke tingkat dewasa, lebih tepatnya pada usia sekitar 20 tahun
  3. Metabolisme tetap stabil di masa dewasa (20 hingga 60 tahun), bahkan ini juga terjadi pada masa kehamilan
  4. Peneliti melaporkan bahwa pengeluaran energi kita menurun pada orang dewasa yang lebih tua sekitar 20 persen hingga memasuki usia 95 tahun. Hal ini dapat berarti bahwa fungsi organ-organ penting menurun. Sebab, jantung, hati, otak, dan ginjal menyumbang sekitar 65 persen dari tingkat metabolisme saat istirahat

Seperti yang sudah disebutkan bahwa terdapat pemahaman bahwa pria membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Akan tetapi, studi tersebut tidak menemukan perbedaan dalam pengeluaran energi antara kedua jenis kelamin.

Bagaimana dengan metabolisme saat menopause?

Di sisi lain, para peneliti juga mengantisipasi bahwa usia 40-an dapat mengalami perlambatan metabolisme atau penggunaan energi, terutama pada wanita. Sebab, usia tersebut bertepatan dengan awal menopause.

Akan tetapi, seorang antropolog, Herman Pontzer, PhD mengatakan bahwa para peneliti tidak melihat keterkaitan tersebut.

Terlepas dari hal tersbeut, temuan ini tentu saja dapat memberikan pemahaman bagimu untuk mengadopsi kebiasaan sehat yang baik untuk metabolisme.

Adapun beberapa kebiasaan sehat yang baik untuk metabolisme atau yang dapat meningkatkan metabolisme termasuk, mengadopsi pola makan sehat, berolahraga, hingga memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tahapan usia yang akan dilewati seiring melambatnya metabolisme. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan hal ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Eat This, Not That! (2021). Diakses pada 23 Agustus 2021. This Is The Exact Age Your Metabolism Starts Slowing, Says New Study 

Liputan6.com (2021). Diakses pada 23 Agustus 2021. 4 Tahapan Usia Melambatnya Metabolisme di Tubuh 

Science (2021). Diakses pada 23 Agustus 2021. Daily energy expenditure through the human life course 

Webmd (2020). Diakses pada 23 Agustus 2021. How Much Does Your Metabolism Slow Down as You Age? 

    register-docotr