Kamus Penyakit

Saat Asma Menyerang, Gunakan Obat Asma Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

April 16, 2020 | Haekal | dr. Heru Tri Purwanto
no-image

Good Doctor – Sesak nafas akibat asma memang sangat merepotkan. Sementara untuk pengobatannya, ternyata banyak obat asma alami yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah. Apa saja?

Sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh seseorang yang terserang asma?

Seseorang dengan kondisi asma kesulitan bernafas karena saluran udaranya mengalami pembengkakan. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Mungkin kamu pernah dibilang bengek saat asma menyerang. Ketika asma kambuh saluran udara akan mengalami pembengkakan sehingga menyempit dan menyulitkan untuk bernafas secara normal. 

Hal ini disebabkan karena udara tidak mengalir dengan baik menuju  paru-paru. Keberadaan lendir dahak pun semakin memberatkan upaya penderita saat bernafas.  

Asma dapat tiba-tiba menyerang karena berbagai macam alergen seperti debu, kelelahan saat olahraga terutama di cuaca dingin, asap rokok, batuk, luapan emosi, dan bahkan ketika mengonsumsi makanan pemicu.

Asma sendiri tidak dapat disembuhkan secara total, namun dokter biasanya memberikan obat hirup untuk membantu melancarkan pernafasan yang tersengal.

Obat asma alami mudah ditemukan di rumah

Selain obat hirup, ada beberapa cara lain untuk meredakan serangan asma, yakni dengan mengonsumsi obat asma alami. Bahan-bahan yang digunakan sebagai obat asma alami pun umum ditemui di rumah. 

Berikut obat asma alami yang bisa kamu gunakan untuk meredakan asma yang tengah menyerang.

1. Kafein dari teh atau kopi 

Kandungan kafein dalam teh atau kopi dapat membantu membuka saluran pernafasan. Sumber foto: https://www.hsph.harvard.edu

Kafein yang terdapat dalam secangkir teh hitam atau hijau dan kopi hangat dapat membantu meredakan asma dengan cara yang mirip dengan obat asma teofilin, yakni membuka saluran pernafasan. 

Kafein dapat memperbaiki fungsi pernafasan penderita asma hingga empat jam.

2. Minyak esensial

Minyak lavender dapat membantu meredakan asma. Sumber foto: https://www.niehs.nih.gov

Minyak eucalyptus, lavender, dan kemangi yang diteteskan ke dalam diffuser untuk dihirup uapnya dapat membantu meredakan serangan asma maupun bronkitis. 

3. Minyak mustard

Minyak mustard dapat membantu membuka saluran pernapasan dan memperbaiki fungsi paru-paru. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Mungkin agak asing namun minyak mustard bukan minyak esensial dan penerapannya pun berbeda. Minyak mustard adalah minyak berlemak yang mengandung isotiosianat (ITC) yang didapat dari hasil perasan biji mustard. 

Mengoleskan campuran minyak mustard dengan garam dan memijatnya di sekitar dada beberapa kali sehari dapat dilakukan hingga serangan asma mereda. Pijatan ini dilakukan untuk membantu membuka saluran pernapasan sekaligus memperbaiki fungsi paru-paru. 

Selain minyak, terdapat juga plester mustard yang dapat ditempelkan ke dada untuk memberikan kesan hangat selama 15 menit. Menempelkan plester mustard dapat menyebabkan kulit terbakar.

4. Bawang Putih

Bawang putih bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Bawang putih dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk melawan peradangan. Bawang putih disebut ampuh untuk meredakan gejala asma yang merupakan penyakit radang. 

5. Jahe

Jahe dapat meredakan gejala asma mengurangi peradangan. Sumber foto: https://www.thejakartapost.com

Bumbu dapur lainnya yang dapat digunakan untuk meredakan gejala asma adalah jahe yang juga memiliki senyawa-senyawa yang dapat melawan peradangan. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

6. Madu

Madu bermanfaat untuk meredakan gejala asma. Sumber foto: https://www.medicalnewstoday.com

Madu sejak lama digunakan sebagai bahan alternatif untuk meringankan gejala flu dan demam dengan cara meredakan rasa sakit pada tenggorokan sekaligus mengurangi batuk. Campuran madu dengan teh hangat dapat membantu meredakan gejala asma dengan cara membuka saluran udara.

7. Minyak Omega-3

Minyak Omega-3 dapat membantu mengurangi radang pada saluran pernafasan pada penderita asma. Sumber foto: https://www.health.harvard.edu

Omega-3 adalah lemak yang pada umumnya ditemui pada ikan salmon. Menyimpan segudang manfaat kesehatan, mengonsumsi omega-3 dapat mengurangi radang pada saluran pernafasan sekaligus memperbaiki fungsi paru-paru pada penderita asma parah. 

Latihan ringan untuk meredakan serangan asma

Melakukan yoga dapat membantu meredakan asma. Sumber foto: https://www.shutterstock.com

Selain mengonsumsi bahan-bahan yang dapat ditemukan di rumah, meredakan asma juga dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti latihan pernafasan atau meditasi seperti yoga. 

Pola pernafasan yang terlatih membantu agar nafas tidak tersengal-sengal ketika gejala asma menyerang. Di luar itu, pengobatan alternatif seperti akupunktur juga disebut-sebut dapat membantu memperbaiki saluran pernafasan dan mengontrol gejala seperti sakit dada.

Mengontrol asma melalui pencegahan agar asma tidak menyerang dan menjadi parah sangat penting dilakukan. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan diagnosis asma yang akurat dan diskusikan dengan dokter mengenai apa yang harus dilakukan jika asma menyerang. 

Catat hal-hal yang penting dalam jurnal asma agar kamu tetap dapat mengawasi diri sendiri seperti pencegahan pemicu asma termasuk asupan makanan. 

Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga untuk menjaga berat badan dan makan makanan bernutrisi serta istirahat yang cukup. Obat asma alaminya jangan lupa diminum ya.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Penyebab Asma atau Sesak Napas yang Harus Diwaspadai. Diakses pada 15 Desember 2019. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190820105057-255-422999/penyebab-asma-atau-sesak-napas-yang-harus-diwaspadai.

Caffeine for asthma. Diakses pada 15 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11687099.

Antiasthmatic effects of onion extracts–detection of benzyl- and other isothiocyanates (mustard oils) as antiasthmatic compounds of plant origin. Diakses pada 15 Desember 2019. NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6526069.

13 Natural Remedies for Severe Asthma. Diakses pada 15 Desember 2019. Healthline. https://www.healthline.com/health/severe-asthma/natural-remedies.

Natural Home Remedies for Asthma. Diakses pada 15 Desember 2019. WebMD. https://www.webmd.com/asthma/guide/natural-cure-asthma#1.

    Berita Terkait
    register-docotr