Kulit & Perawatan Tubuh

Viral Freckles pada Wajah Sae Byeok di Serial Squid Game, Apa Bedanya dengan Flek Hitam dan Melasma?

October 7, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Serial Netflix berjudul Squid Game masih ramai diperbincangkan, termasuk tentang salah satu karakter di dalamnya yang bernama Kang Sae Byeok. Berperan sebagai warga Korea Utara yang berhasil kabur dari negaranya, Sae Byeok mendapat perhatian karena penampilan wajahnya.

Ya, karakter yang dikisahkan sebagai pencopet itu memiliki freckles di wajahnya. Tak sedikit pula yang kemudian mengaitkannya dengan berbagai masalah kulit lain, seperti flek dan melasma. Apa sih perbedaan dari ketiga hal tersebut? Yuk, simak penjelasannya!

Perbedaan freckles, flek hitam, dan melasma

Meski punya kesamaan dalam hal kemunculannya, ada beberapa perbedaan yang bisa membuatmu mengenali apakah bintik dan bercak di wajah merupakan freckles, flek hitam, atau melasma. Perbedaan itu terletak dari penyebabnya, warna, hingga bentuk dan ukurannya.

Freckles

Tampilan freckles. Sumber foto: Healthline.

Freckles adalah bintik-bintik yang muncul di permukaan kulit, biasanya berwarna coklat. Tidak hanya di wajah, freckles juga bisa muncul di bagian tubuh lain, terutama yang sering terpapar sinar matahari.

Keberadaan freckles sendiri dipicu oleh zat pigmen bernama melanin yang diproduksi berlebihan. Produksi melanin yang belebihan bisa disebabkan stimulasi dari ultraviolet sinar matahari.

Tak perlu khawatir, pada sebagian besar kasus, freckles bukanlah sesuatu yang berbahaya, meski mungkin bisa mengganggu penampilan. Tak hanya kecoklatan, freckles bisa pula muncul dengan warna yang lebih gelap.

Flek hitam

Flek hitam. Sumber foto: Mirch Masala.

Flek hitam mempunyai definisi yang lebih luas. Muncul di kulit dengan bintik kehitaman, flek bisa disebabkan oleh banyak hal. Pada sebagian kasus, flek hitam merupakan salah satu jenis dari freckles yang dipicu oleh paparan sinar matahari.

Namun, flek hitam dapat disebabkan oleh hal lain, misalnya tanda penuaan dini. Jika freckles biasanya berwarna coklat, flek umumnya muncul berupa bintik dengan lebih gelap.

Dikutip dari National Institutes of Aging, saat sudah memasuki usia senja, risiko kemunculan bintik hitam di kulit akan meningkat. Kulit juga menjadi lebih kering dan mudah terasa gatal.

Tak hanya itu, munculnya flek di wajah juga bisa disebabkan oleh faktor yang dapat pengaruhi pigmentasi, misalnya kondisi medis tertentu, penyembuhan luka, hingga efek dari penggunaan kosmetik.

Baca juga: Sering Bikin Minder, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Melasma

Tampilan melasma. Sumber foto: Found My Best.

Menurut penjelasan American Academy of Dermatology, melasma adalah salah satu masalah kulit yang umum, lebih sering muncul di wajah ketimbang bagian tubuh lainnya.

Melasma biasanya berupa bercak coklat keabu-abuan, muncul di pipi, pangkal hidung, dahi, dagu, dan atas bibir. Namun, area kulit yang kerap terpapar sinar matahari seperti leher juga bisa mengalami hal serupa.

Sekitar 90 persen melasma terjadi pada wanita. Meski bisa dipicu oleh masalah pigmentasi karena sinar matahari, melasma juga dapat dipengaruhi oleh faktor hormonal. Pada wanita hamil misalnya, hormon yang tidak stabil bisa menyebabkan munculnya melasma.

Jika dibandingkan dengan flek hitam dan freckles, bercak di wajah yang disebabkan melasma cenderung lebih besar dan jelas. Ini yang membuat tak sedikit wanita merasa terganggu penampilannya dengan kehadiran melasma. Tak perlu cemas, melasma bisa hilang sendiri, kok.

Apakah bisa dihilangkan?

Pada umumnya, ketiga masalah kulit di atas bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan berlebihan. Baik freckles, flek hitam, dan melasma tidak membahayakan kesehatan. Meski, kamu tetap harus teliti, karena kanker kulit juga punya gejala yang mirip.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan ketiga masalah kulit itu, salah satunya penggunaan krim khusus. Tergantung dari penyebabnya, beberapa prosedur medis juga dapat ditempuh, seperti:

  • Terapi laser untuk menghilangkan bintik hitam. Menurut penelitian, tiga sesi terapi laser bisa bantu kurangi bintik-bintik di wajah hingga lebih dari 75 persen.
  • Cryotherapy menggunakan nitrogen cair untuk menghilangkan bercak hitam.
  • Peeling menggunakan zat-zat tertentu yang bisa mempercepat pertumbuhan kulit baru, sehingga dapat memudarkan bintik atau bercak gelap.

Nah, itulah ulasan tentang perbedaan freckles, flek hitam, dan melasma yang perlu kamu tahu. Jika bintik atau bercak gelap sudah terasa mengganggu penampilan, tak ada salahnya untuk pergi ke dokter kulit.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. American Academy of Dermatology, diakses 7 Oktober 2021, AGE SPOTS AND DARK MARKS.
  2. American Academy of Dermatology, diakses 7 Oktober 2021, HOW TO FADE DARK SPOTS IN SKIN OF COLOR.
  3. American Academy of Dermatology, diakses 7 Oktober 2021, MELASMA: DIAGNOSIS AND TREATMENT.
  4. American Society for Dermatologic Surgery, diakses 7 Oktober 2021, HYPERPIGMENTATION.
  5. Hilaris Publisher, diakses 7 Oktober 2021, The Effect of 3 Sessions of Q Switched Neodymium: Yttrium–Aluminum– Garnet Laser in the Treatment of Freckles.
  6. Wiley Online Library, diakses 7 Oktober 2021, Freckles and solar lentigines have different risk factors in Caucasian women.
  7. Wiley Online Library, diakses 7 Oktober 2021, Sun-induced freckling: ephelides and solar lentigines.
  8. Wiley Online Library, diakses 7 Oktober 2021, Facial hyperpigmentation: causes and treatment.
  9. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 7 Oktober 2021, Hyperpigmentation Therapy: A Review.
  10. National Institute of Aging, diakses 7 Oktober 2021, Skin and Aging.

    register-docotr