Kulit & Perawatan Tubuh

Jadi Ciri Khas Sae Byeok di Squid Game, Kenali Fakta Unik tentang Freckles Berikut

October 7, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Dari sekian banyak karakter yang ada di serial Squid Game, salah satu yang paling banyak mencuri perhatian adalah Kang Sae Byok.

Sae Byok adalah sosok perempuan yang ikut permainan ini demi mengeluarkan adiknya dari panti asuhan.

Penampilannya yang sederhana, ternyata tak mengurangi pesonanya di mata para penonton. Memiliki ciri khas berupa freckles yang menawan, mari simak fakta menarik tentang kondisi kulit yang satu ini.

Baca juga: Cara Membersihkan Alat Make Up yang Mudah dan Tepat

Penyebab munculnya freckles

Freckles adalah bintik-bintik kecil berwarna coklat di permukaan kulit. Ini terbentuk sebagai akibat dari produksi melanin yang berlebihan saat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) matahari.

Ada dua kategori freckles yakni ephelides dan solar lentigines. Ephelides adalah jenis yang paling sering dianggap sebagai bintik-bintik. Sementara solar lentigines adalah bercak gelap pada kulit yang berkembang selama masa dewasa, misalnya bintik-bintik penuaan.

Meski keduanya terlihat mirip, namun dalam perkembangannya, masing-masing akan menunjukkan perbedaannya.

Apakah freckles hanya muncul di kulit orang Kaukasia?

Sebuah studi dari 523 wanita Prancis paruh baya, menyatakan bahwa gen bernama MC1R adalah salah satu elemen yang bertanggung jawab dalam menyebabkan freckles. Gen ini bertanggung jawab memberikan instruksi untuk membuat melanin.

Dari dua jenis hormon melanin yang ada, salah satunya bernama pheomelanin. Orang yang kulitnya menghasilkan pheomalanin cenderung tidak terlindungi dari radiasi UV.

Sehingga ia akan memiliki beberapa ciri fisik khusus termasuk freckles. Ciri lainnya yang terdapat pada orang dengan hormon ini adalah berambut merah atau pirang, dan berkulit putih.

Itulah mengapa freckles banyak dikaitkan dengan orang ras Kaukasia seperti Eropa. Kendati demikian, pada dasarnya kondisi ini juga bisa terjadi pada ras mana saja, termasuk Asia.

Cara menghilangkan freckles

Apabila kamu memiliki freckles dan ingin menghilangkannya, berikut adalah beberapa cara yang bisa dipertimbangkan:

1. Perawatan laser

Menurut sebuah studi tahun 2015, terapi laser 1064 Q-Switched Nd-YAG terbukti efektif untuk mengobati freckles. Hasil studi menunjukkan perawatan dengan laser ini meringankan lebih dari 75 persen bintik-bintik pada 17 kasus (34 persen) peserta penelitian.

2. Bedah Cryo

Dikenal dengan nama Cryosurgery, tindakan ini menggunakan suhu dingin yang ekstrem dalam bentuk nitrogen cair untuk membekukan dan menghancurkan sel-sel kulit yang tidak normal.

Prosedur ini umumnya aman, tidak memerlukan anestesi, dan hanya butuh waktu singkat untuk pemulihan.

3. Krim topikal

Beberapa jenis krim pemutih, baik yang diperjualbelikan secara bebas maupun melalui resep dokter mengandung hydroquinone yang dianggap dapat menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

Jika dibiarkan, apakah freckles berbahaya?

Dilansir dari Healthline, dalam kebanyakan kasus, freckles tidak membahayakan kesehatan.

Namun, karena orang dengan bintik-bintik memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap sinar matahari, mereka harus lebih berhati-hati untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari.

Juga tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan mandiri untuk mengetahui risiko terjadinya melanoma, atau kanker kulit ganas. Caranya mudah, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Lihat apa bentuknya asimetris? Gambar garis di tengah-tengah bintik. Jika bagiannya tidak cocok, maka itu asimetris.
  2. Perhatikan sisi luarnya, batas tahi lalat kanker cenderung tidak rata, berlekuk, atau bergelombang.
  3. Warna, adanya berbagai warna pada tahi lalat adalah tanda peringatan yang patut diwaspadai.
  4. Diameter, jika bintik atau tahi lalat berukuran lebih besar dari 0,6 cm, ini mungkin bersifat kanker.
  5. Bintik mengalami pertumbuhan, laporkan setiap perubahan ukuran, bentuk, warna, atau ketinggian ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Jika dari hasil pemeriksaan di atas, ternyata ada beberapa tanda yang harus diwaspadai. Segera buat janji dengan dokter atau dokter kulit untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Efek bermakeup ala freckles, aman atau membahayakan?

Seiring dengan mencuatnya serial Squid Game, tak sedikit perempuan yang ingin mencoba riasan freckles ala Sae Byeok. Namun apakah tren ini aman?

Sama halnya dengan riasan apa pun, riasan freckles juga bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit jika kamu menggunakan kosmetik berbahan sebagai berikut:

1. Phthalates

Dilansir dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Phthalates adalah sekelompok bahan kimia yang banyak digunakan dalam plastik.

Ini juga ditemukan dalam beberapa kosmetik dan telah dikaitkan dengan risiko keguguran, kelainan bentuk kelamin, jumlah sperma yang lebih rendah, gangguan hormon, sampai masalah dengan tiroid.

2. Paraben

Alasan lain untuk khawatir dengan alat makeup tertentu saat membuat riasan freckles adalah adanya bahan paraben. Paraben dianggap dapat meniru estrogen, yang dapat mengacaukan keseimbangan hormon dalam tubuh.

3. Alkohol

Dilansir dari Freck Beauty, ada banyak produk makeup untuk membuat freckles palsu yang mengandung alkohol di dalamnya. Ini bisa meningkatkan risiko kulit kering, meningkatkan kehilangan kolagen, sampai mempercepat tanda-tanda penuaan.

Jadi bisa disimpulkan riasan freckles bisa dibilang aman selama kamu memastikan bahan kosmetik yang dipakai terbebas dari bahan-bahan di atas.

Baca juga: Kurangi Stretch Mark, Ini 3 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

Ayo berkonsultasi kepada dokter profesional melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

NCBI diakses pada 7 Oktober 2021

CDC diakses pada 7 Oktober 2021

Healthline diakses pada 7 Oktober 2021

Healthline diakses pada 7 Oktober 2021

Medical News Today diakses pada 7 Oktober 2021

Freck Beauty diakses pada 7 Oktober 2021

    register-docotr