Kamus Penyakit

Catat! Ini Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

March 25, 2021 | Ahmad Ridwan | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Konsultasi seputar makanan pantangan asam urat, gizi, serta tips diet dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Jika kamu adalah penderita asam urat, salah satu hal yang mesti kamu perhatikan adalah makanan yang kamu konsumsi.

Makanan pantangan asam urat umumnya adalah makanan yang mengandung purin tinggi, seperti dalam daging sapi, hati, kalkun, dll.

Diet rendah purin

Diet rendah purin adalah merencanakan menu makanan yang rendah kandungan purin.

Purin adalah zat yang ditemukan dalam makanan dan diproduksi secara alami oleh tubuh. Purin dipecah oleh tubuh dan diubah menjadi asam urat.

Ginjal biasanya menyaring asam urat, dan keluar dari tubuh melalui urine. Namun, penderita asam urat terkadang mengalami penumpukan asam urat di dalam darahnya.

Penumpukan asam urat ini bisa menyebabkan pembengkakan dan nyeri (serangan asam urat). Menurut American Academy of Family Physicians , diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam aliran darah dan mengurangi risiko komplikasi yang parah.

Orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darah memiliki kondisi yang disebut hiperurisemia, dan diet rendah purin dapat membantu.

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Asam Urat serta Cara Pengobatannya

Makanan pantangan asam urat

Nah, untuk menjaga agar kamu tak diserang asam urat, berikut adalah beberapa jenis makanan tinggi purin yang jadi pantangan asam urat!

1. Bayam

Sayuran hijau yang kaya akan zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid ini ternyata merupakan salah satu makanan pantangan asam urat.

Bagi kamu yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin yang tinggi. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bayam memiliki 57 gram purin untuk setiap 100 gramnya.

2. Asparagus

makanan asam urat

Bagi kamu yang ingin mendapatkan asupan folat yang tinggi, makanan ini jawabannya.

Namun, meskipun asparagus memiliki kandungan folat dan kalsium yang tinggi dan baik untuk tubuh ternyata asparagus juga menjadi salah satu pantangan makanan asam urat dikarenakan kadar purin yang tinggi sekitar 23 gram per 100 gram asparagus.

3. Kembang kol

Biasanya sayuran yang satu ini digunakan sebagai campuran atau penambah rasa lezat dari suatu masakan dan kerap dijadikan campuran sayuran atau sebagai lauk.

Kembang kol memiliki kadar purin sekitar 51 gram per 100 gram sehingga menjadi salah satu deretan makanan pantangan asam urat.

4. Jamur

Jamur diperkirakan memiliki kandungan purin sekitar 17 hingga 92 gram per 100 gram. Karena itulah jamur masuk ke dalam daftar sayuran yang harus dihindari jika kamu perlu membatasi jumlah asam urat.

5. Minuman beralkohol

pantangan asam urat

Minuman hasil fermentasi (alkohol) tergolong dalam deretan pantangan asam urat dikarenakan alkohol dapat memicu peningkatan kadar asam urat.

Selain itu, akibat dari konsumsi bir itu sendiri kamu dapat merasakan nyeri dan dehidrasi. Minuman beralkohol yang dimaksud misalnya tape, bir, tuak pahit, dan lainnya.

6. Seafood

Bagi kamu pecinta makanan laut, sayangnya seafood tergolong dalam makanan pantangan asam urat yang harus dihindari. Hal ini karena purin yang terkandung dalam makanan laut juga cukup tinggi.

Oleh karena itu, kamu diharuskan menghindari makanan seperti udang, kepiting, remis, tiram, cumi-cumi hingga makanan kalengan seperti sarden dan kornet sapi.

7. Jeroan

Makanan yang satu ini bukan hal asing lagi dalam deretan makanan pantangan asam urat.

Hal ini karena sudah terbukti bahwa kandungan purin yang terdapat dalam jeroan sangat tinggi. Makanan yang tergolong jeroan adalah usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan sebagainya.

8. Daging merah

Sebaiknya meskipun proteinnya tinggi dan dibutuhkan tubuh, kamu sebaiknya menghindari pula daging merah. Hal ini berlaku termasuk daging sapi, daging kambing, dan daging babi yang dianggap memiliki kadar purin tinggi.

9. Kedelai olahan

Makanan berbahan kedelai yang difermentasi seperti tahu, tempe, dan lainnya memang terkenal menjadi andalan di Indonesia karena selain tinggi protein harganya juga murah.

Namun, jika kamu harus menghindari pantangan makanan asam urat Kamu pun harus membatasi mengonsumsi makanan ini.

10. Gula

Tak hanya penderita diabetes saja yang harus menghindari gula, penderita asam urat juga harus memperhatikan pantangan ini.

Mengonsumsi gula yang berlebihan dapat memperburuk gejala reumatik dari penyakit asam urat. Hindari konsumsi minuman yang mengandung fruktosa, dan sebagai gantinya kamu bisa memakan buah segar.

11. Nangka

Efek dari purin adalah mengganggu fungsi ginjal karena tidak dapat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh sehingga menyebabkan penumpukan asam urat pada ginjal yang menyebabkan batu ginjal.

Meskipun nangka tergolong buah, sayangnya kandungan purinnya cukup tinggi sehingga kamu perlu membatasinya.

12. Durian

Buah yang satu ini sering menjadi kesukaan sebagian besar masyarakat Indonesia, sayangnya durian mengandung tinggi kolesterol sehingga kamu harus membatasinya.

Tak hanya berdampak pada asam urat, namun juga dapat berisiko menyebabkan komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, radang dan hipertensi.

Baca Juga : Benarkah Tomat Bisa Picu Asam Urat? Ini Fakta-fakta Pentingnya!

Makanan yang aman untuk penderita asam urat

Selain pantangan tadi, ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk kamu penderita asam urat.

Orang yang menjalani diet rendah purin masih dapat menikmati banyak makanan dan minuman lezat kok. Berikut beberapa jenis makanan rendah purin yang yang bagus untuk penderita asam urat:

  • Air. Tetap terhidrasi membantu ginjal mengeluarkan asam urat dari aliran darah dan tubuh.
  • Produk susu rendah lemak. Pilihan rendah lemak dan bebas lemak paling baik untuk makanan seperti susu, keju, yogurt, dan yogurt beku.
  • Biji-bijian dan pati. Ini termasuk makanan seperti roti, pasta, nasi, dan kentang. Pilih produk yang terbuat dari gandum utuh ya.
  • Buah dan sayuran. Semua sayuran menyehatkan, namun jika ingin mengonsumsi buah dalam bentuk olahan lain seperti jus pastikan untuk tidak menambahkan gula.
  • Vitamin C. Sumber vitamin C yang baik termasuk jeruk bali, jeruk, nanas, stroberi, paprika, tomat, dan alpukat.
  • Protein tanpa lemak. Para dokter tidak percaya bahwa unggas dan ikan dalam jumlah kecil atau sedang akan meningkatkan kadar purin.
  • Telur. Namun, seseorang hanya boleh mengonsumsi dalam jumlah sedang.
  • Kopi, teh, minuman berkarbonasi. Kopi berkafein juga dapat mengurangi asam urat, selama tidak berlebihan.

Baca Juga : Kamu Perlu Tahu, Ini Pilihan Obat Asam Urat Paling Ampuh

Pantangan dan tips untuk turunkan asam urat

Meskipun diet rendah purin dapat membantu mencegah batu ginjal atau serangan asam urat, diet tersebut bukanlah obat untuk kedua kondisi tersebut. Kamu tetap harus mendiskusikan pilihan pengobatan lebih lanjut dengan dokter.

Berikut beberapa pantangan tips diet rendah purin untuk bantu menurunkan kadar asam urat dalam darah:

1. Konsumsi cukup air

Minumlah 8 hingga 16 (delapan ons) cangkir cairan setiap hari. Setidaknya setengah dari cairan yang kamu minum harus berupa air. Cairan dapat membantu tubuh kamu membuang asam urat ekstra.

2. Hindari alkohol dan minuman berpemanis buatan

Alkohol (terutama bir) meningkatkan risiko serangan asam urat. Bir mengandung purin dalam jumlah tinggi. Selain itu, jauhi juga minuman manis seperti soda dan jus buah dengan tambahan gula.

Alkohol dan minuman manis juga menambah kalori yang tidak perlu ke dalam makanan, berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah metabolisme.

3. Jaga berat badan tetap ideal

Jika kamu kelebihan berat badan, maka kamu harus menurunkan berat badan secara perlahan. Penurunan berat badan dapat membantu mengurangi jumlah stres pada persendian.

Olahraga teratur dapat membantu kamu menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan, atau mempertahankan berat badan jika berat badan sudah normal. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan sebelum kamu memulai program olahraga.

4. Hindari obat tertentu

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat. Obat-obatan ini di antaranya:

  • Obat diuretik, seperti furosemide (Lasix) dan hydrochlorothiazide
  • Obat yang menekan sistem kekebalan, terutama sebelum atau sesudah transplantasi organ
  • Aspirin dosis rendah

Jadi saat kamu berkonsultasi atau berobat dengan dokter pastikan kamu memberi tahu riwayat kesehatan kamu ke dokter, termasuk kalau kamu adalah penderita asam urat.

Baca Juga : Obat Asam Urat Colchicine Diteliti untuk Mengobati COVID-19, Bagaimana Faktanya?

5. Coba konsumsi suplemen vitamin C

Sebuah meta-analisis dari 13 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Penurunan kadar asam urat dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Penelitian belum secara meyakinkan membuktikan bahwa vitamin C mengobati atau mencegah asam urat, namun hanya itu yang menurunkan kadar asam urat.

6. Konsumsi ceri

Sebuah penelitian yang melibatkan 633 orang penderita asam urat menemukan bahwa mengonsumsi ceri selama 2 hari menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen.

Efek ini bertahan bahkan ketika peneliti mengontrol faktor risiko, seperti usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan penggunaan diuretik atau obat anti asam urat.

7. Konsumsi kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan asam urat.

Kopi, bagaimanapun, meningkatkan risiko dari penyakit ginjal kronis dan kemungkinan patah tulang pada wanita, sehingga sangat penting untuk mendiskusikan risiko dan manfaat ini dengan dokter.

8. Olahraga

Olahraga dapat membantu kamu mengelola asam urat dan mempercepat penyembuhan. Latihan yang tepat dapat mengurangi rasa sakit dan sekaligus meningkatkan energi.

Berolahraga juga dapat membuat kamu tetap bugar dengan membantu kamu menjaga berat badan yang sehat dan membangun tulang, persendian, dan otot yang sehat.

Latihan yang tepat bahkan dapat membantu membalikkan efek asam urat. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengelola asam urat:

  • Kardio. Latihan kardiovaskular akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen untuk memetabolisme asam dalam tubuh.
  • Berenang. Berenang dan aerobik air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mobilitas dan fungsi sendi. Saat kamu bergerak di dalam air, tekanan pada persendian akan berkurang.
  • Peregangan. Melakukan peregangan pada tangan, bahu, punggung, dan paha belakang dapat membantu pengelolaan asam urat.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasi seputar gizi dan tips diet dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Medical News Today. Diakses pada 25 Maret 2021. Foods to eat and avoid on a low-purine diet

Medical News Today. Diakses pada 25 Maret 2021. How to lower uric acid levels naturally

Healthline. Diakses pada 25 Maret 2021. 7 Tips for Following a Low-Purine Diet

Drugs. Diakses pada 25 Maret 2021. Low Purine Diet

Spring Chicken. Diakses pada 25 Maret 2021. 5 Tips for Exercising When You Have Gout

    register-docotr