Info Sehat

Benarkah Tomat Bisa Picu Asam Urat? Ini Fakta-fakta Pentingnya!

February 22, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Asam urat adalah konsekuensi dari reaksi imun bawaan terhadap kristal monosodium yang tersimpan di persendian.

Dilansir dari NCBI, serangan penyakit ini dapat dipicu oleh faktor makanan, dan tomat dicurigai menjadi salah satunya.

Untuk mengetahui fakta lebih jauh mengenai hal ini, lanjutkan membaca artikel di bawah, ya.

Baca juga: Kamu Perlu Tahu, Ini Pilihan Obat Asam Urat Paling Ampuh

Apa itu penyakit asam urat?

Serangan asam urat adalah bentuk radang sendi yang kompleks dan dapat menyerang siapa saja. Ini merupakan jenis artritis yang menyakitkan dan mengenai pria sekitar tiga kali lebih banyak daripada wanita.

Gejalanya ditandai dengan nyeri parah yang muncul tiba-tiba, bengkak, serta kemerahan pada persendian. Penyakit ini paling sering terjadi di pangkal jempol kaki.

Itulah alasan penderita asam urat sering terbangun di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar.

Tentang tomat dan asam urat

Klaim tentang kaitan tomat dan asam urat, sampai dengan saat ini sebenarnya masih terbagi dua.

Sebagian peneliti beranggapan buah tersebut dapat memicu terjadinya serangan asam urat. Namun, ada juga yang menilai sebaliknya. Untuk lebih jelasnya, mari lihat pembahasan di bawah ini:

Tomat bisa mengurangi gejala asam urat

Tomat merupakan makanan bergizi yang dapat memberikan manfaat bagi penderita asam urat.

Hal ini menurut suatu penelitian yang menyebutkan bahwa makan tomat sebelum makan, dapat menurunkan berat badan, persentase lemak tubuh, kadar kolesterol, dan bahkan kadar asam urat dalam darah.

Jus tomat juga kaya akan vitamin C dan likopen. Keduanya diketahui bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan, sekaligus menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan.

Karena asam urat adalah kondisi peradangan. Upaya untuk menurunkan peradangan dalam tubuh dengan tomat yang kaya likopen dianggap bisa mengurangi gejala dengan efektif.

The Centers for Disease Control juga merekomendasikan diet tinggi sayuran dan buah-buahan berwarna, termasuk tomat, untuk membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sendi.

Tomat dapat memicu asam urat

Dilansir dari Sciencedaily, memakan tomat dapat menyebabkan asam urat kambuh dalam skala yang menyakitkan. Hal ini diketahui dari sekelompok ilmuwan yang meneliti 2.051 warga Selandia Baru penderita asam urat.

Dari orang-orang tersebut, sebanyak 71 persen dilaporkan memiliki satu atau lebih pemicu makanan, dan tomat terdaftar sebagai pemicu dalam 20 persen kasus ini.

Salah satu penulis studi, mahasiswa PhD Genetika Tanya Flynn, mengatakan bahwa tomat adalah pemicu keempat yang paling sering disebutkan, setelah makanan laut, alkohol, dan daging merah.

Data ini menunjukkan bahwa konsumsi tomat dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih tinggi dalam darah, yang merupakan penyebab utama asam urat.

Bagaimana mengetahui jika tomat memicu kamu mengalami asam urat?

Dilansir dari Verywellhealth, cara terbaik untuk mengetahui apakah tomat merupakan pemicu asam urat adalah dengan menghilangkan semua produk tomat dari makanan kamu selama beberapa minggu.

Selanjutnya, lihat apakah gejala serangan asam urat yang sebelumnya kamu rasakan mengalami perbaikan atau tidak.

Membuat catatan mendetail tentang apa yang kamu makan, juga dapat membantu kamu menemukan apa yang memicu serangan asam urat. Buatlah jurnal tersebut dengan mencatat rincian berikut setiap hari:

  1. Bagaimana kualitas tidur malam sebelumnya
  2. Apa yang kamu makan untuk setiap hidangan dan kudapan, termasuk semua minuman dan bumbu
  3. Berapa banyak air yang kamu minum
  4. Bagaimana suasana hati kamu sepanjang hari
  5. Aktivitas fisik dan olahraga apa yang kamu lakukan
  6. Apa saja obat dan suplemen yang kamu konsumsi
  7. Di mana area dan tingkat nyeri di tubuh sepanjang hari
  8. Bagaimana tingkat energi atau kelelahan kamu sepanjang hari

Setelah itu, lihat apakah ada pola serangan asam urat yang muncul terkait dengan pola makan kamu atau hal lain. Menunjukkan catatan ini kepada dokter, juga dapat membantu mengungkap pemicu yang mendasari gangguan kesehatan yang satu ini.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Di sini kamu juga bisa menanyakan hal lain seputar penyakit asam urat dan pengobatannya. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Positive association of tomato consumption with serum urate: support for tomato consumption as an anecdotal trigger of gout flares, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4541734/ diakses pada 20 Februari 2021

New research backs belief that tomatoes can be a gout trigger, https://www.sciencedaily.com/releases/2015/08/150819103658.htm diakses pada 20 Februari 2021

Tomatoes and Gout: Pros and Cons, https://www.verywellhealth.com/tomatoes-and-gout-5092218#citation-10 diakses pada 20 Februari 2021

Gout https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gout/symptoms-causes/syc-20372897 diakses pada 20 Februari 2021

 

    register-docotr