Info Sehat

Obat Jamur Kuku yang Ampuh dan Aman untuk Digunakan!

February 22, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Jamur kuku adalah infeksi jamur yang sering dialami orang dewasa. Tak hanya sekadar mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Demi mengatasinya, berikut ini obat jamur kuku alami dan yang bisa dibeli di apotek. 

Apa itu jamur kuku? 

Infeksi jamur dapat menyerang bagian tubuh mana pun. Jamur biasanya ada di dalam dan di tubuh bersama berbagai bakteri. Tetapi ketika jamur mulai tumbuh berlebihan, Anda bisa terkena infeksi.

Melansir penjelasan dari laman Healthline, onikomikosis yang disebut juga tinea unguium adalah infeksi jamur yang menyerang kuku jari tangan atau kaki.

Infeksi jamur biasanya berkembang dari waktu ke waktu, jadi perbedaan langsung apa pun pada tampilan kuku mungkin terlalu halus untuk disadari pada awalnya.

Penyebab jamur kuku 

Infeksi jamur kuku terjadi karena pertumbuhan berlebih jamur di dalam, di bawah, atau di atas kuku. Jamur berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap, sehingga jenis lingkungan ini dapat menyebabkan mereka berkembang biak secara alami. 

Jamur yang sama yang menyebabkan gatal di selangkangan, kutu air, dan kurap dapat menyebabkan infeksi kuku. Jamur yang sudah ada di tubuh dapat menyebabkan infeksi kuku. 

Tak hanya itu saja, penyebab lainnya juga bisa karena kamu tertular dari orang lain yang memiliki infeksi jamur. Infeksi jamur kuku lebih sering memengaruhi kuku kaki, kemungkinan karena jari kaki biasanya lembap saat menggunakan sepatu.

Obat jamur kuku 

Infeksi kuku jamur umumnya sulit diobati. Bicarakan dengan dokter, apabila membutuhkan perawatan khusus. 

Perawatan jamur kuku sendiri, juga tergantung pada tingkat keparahan kondisi infeksi dan jenis jamur penyebabnya. Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya. Dan bahkan jika kondisi kuku membaik, infeksi berulang bisa terjadi.

Obat jamur kuku medis di apotek 

Pada umumnya, dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat antijamur yang diminum secara oral atau dioleskan ke kuku. 

Dalam beberapa situasi, ini membantu untuk menggabungkan terapi antijamur oral dan topikal. Berikut ini beberapa obat yang bisa didapatkan di apotek seperti dilansir dari laman Mayo Clinic:

Obat antijamur oral

Obat ini sering kali menjadi pilihan pertama karena membersihkan infeksi lebih cepat daripada obat topikal. Pilihan obatnya seperti terbinafine (Lamisil) dan itraconazole (Sporanox).

Obat-obatan ini membantu kuku baru tumbuh bebas dari infeksi, secara perlahan menggantikan bagian yang terinfeksi.

Kamu biasanya akan dianjurkan untuk mengonsumsi obat jenis ini selama enam hingga 12 minggu. Tetapi proses penyembuhannya harus menunggu perawatan sampai kuku tumbuh kembali sepenuhnya. 

Mungkin diperlukan waktu empat bulan atau lebih untuk menghilangkan infeksi. Tingkat keberhasilan pengobatan dengan obat ini tampaknya lebih rendah pada orang dewasa di atas usia 65 tahun.

Obat antijamur oral dapat menyebabkan efek samping mulai dari ruam kulit hingga kerusakan hati. Kamu juga akan membutuhkan tes darah sesekali untuk memeriksa bagaimana keadaan kondisi tubuh dengan jenis obat ini. 

Dokter mungkin tidak merekomendasikannya untuk orang dengan penyakit hati atau gagal jantung kongestif atau mereka yang mengonsumsi obat tertentu.

Obat cat kuku 

Obat untuk mengatasi infeksi jamur kuku ini disebut ciclopirox (Penlac). Cara menggunakannya dengan mengecatnya pada kuku yang terinfeksi dan kulit di sekitarnya sekali sehari. 

Setelah tujuh hari, kamu bersihkan tumpukan lapisan dengan alkohol dan memulai oleskan cat kuku kembali. Kamu mungkin perlu menggunakan cat kuku jenis ini setiap hari selama hampir setahun.

Krim kuku obat

Selain itu ada juga krim antijamur, yang digunakan dengan cara digosokkan ke kuku yang terinfeksi setelah direndam.

Krim ini mungkin bekerja lebih baik jika kamu menipiskan kuku terlebih dahulu. Ini membantu obat menembus permukaan kuku yang keras ke jamur yang berada di bawah lapisan kuku. 

Operasi

Apabila infeksi yang terjadi sudah dalam tingkat yang parah, dokter menyarankan pencabutan kuku untuk sementara sehingga dapat mengoleskan obat anti jamur langsung ke infeksi di bawah kuku.

Operasi ini dibutuhkan karena beberapa infeksi kuku jamur tidak merespons obat-obatan. Oleh sebab itu dokter akan menyarankan pencabutan kuku permanen jika infeksinya parah atau sangat menyakitkan.

Baca juga: Kulit Gatal Akibat Jamur, Atasi dengan 8 Jenis Salep Berikut Ini

Obat jamur kuku alami 

Melansir penjelasan dari laman Very Well Health, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa digunakan sebagai obat jamur kuku. Contohnya seperti minyak pohon teh, dan minyak kelapa.

Masing-masing produk ini memiliki sifat antijamur dan tekstur berminyak yang memudahkan penyerapan.

Minyak pohon teh 

Perlu kamu ketahui bahwa minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak esensial yang umum digunakan dalam produk kecantikan. Tak hanya itu saja, minyak pohon teh juga mengandung bahan antijamur dan antiseptik yang efektif untuk mengobati jamur kuku. 

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam kaprilat dan asam kaprat, agen antimikroba ampuh yang menurut beberapa orang dapat menghilangkan jamur kuku sepenuhnya. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org (2020) diakses pada 16 Februari 2021. Nail fungus
  2. Verywellhealth.com (2020) diakses pada 16 Februari 2021. Topical Treatments for Toenail Fungus
  3. Healthline.com (2019) diakses pada 16 Februari 2021. Fungal Nail Infection
  4. Singlecare.com (2020) diakses pada 16 Februari 2021. Toenail Fungus Treatments and Medications 
    register-docotr