Kamus Obat

Kamu Perlu Tahu, Ini Pilihan Obat Asam Urat Paling Ampuh

January 21, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Obat asam urat, baik dari apotek atau tradisional seringkali dicari oleh orang dewasa yang lebih tua. Penyakit yang juga lebih dikenal dengan sebutan gout ini kerap kali menyerang para orang tua.

Nah, apa saja pilihan obat tradisional dan generik yang bisa kamu konsumsi untuk mengobati kondisi ini? Yuk kenali lebih lanjut tentang asam urat terlebih dahulu!

Baca juga: Sering Muncul Tanpa Gejala, Kenali Penyakit Batu Saluran Kemih

Apa itu asam urat?

Asam urat tergolong kronis dan disebabkan karena gangguan metabolisme. Oleh karena itu, pengobatan harus segera dilakukan sebelum menyebabkan masalah kesehatan serius.

Walaupun kini sudah banyak obat baik tradisional maupun generik, kamu tetap perlu berhati-hati, ya. Ketika kadar asam urat berlebihan dalam tubuh dapat membentuk kristal monosodium urat.

obat asam urat
Penyakit asam urat. Sumber gambar : https://pixabay.com

Tak hanya itu saja penyakit ini juga dapat menumpuk pada jaringan tubuh terutama pada bagian yang seringkali terasa sakit yaitu sendi.

Perlu kamu ketahui bahwa biasanya penumpukan kristal tersebut terjadi di sekitar persedian jari tangan maupun kaki. Bisa juga pada bagian tubuh lain seperti lutut, dan pergelangan tangan.

Obat asam urat alami

Apa saja pilihan obat alami yang baik dikonsumsi untuk menangani kondisi ini? Berikut ulasannya:

1. Jahe

Fungsi jahe bukan hanya sekadar sebagai bumbu dapur untuk makanan saja. Salah satu rempah ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal asam urat.

Obat asam urat alami ini pun lebih mudah untuk kamu beli di berbagai supermarket maupun pasar tradisional.

Ketika kamu mengonsumsi jahe, rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut akan berkurang. Obat asam urat tradisional ini memiliki banyak sekali manfaat, jahe juga dapat digunakan untuk memperlancar pernapasan serta pencernaan kamu.

Tanaman obat asam urat satu ini bekerja dengan cara membersihkan adanya tumpukan purin di bagian darah serta di bagian persendian.

Kamu bisa mengolah jahe tersebut menjadi sop atau bisa dikonsumsi secara langsung dengan membersihkannya terlebih dahulu.

Obat asam urat dan kolesterol

Selain dapat digunakan sebagai obat asam urat tradisional. Jahe juga dapat membantu menangani kolesterol.

Obat asam urat dan kolesterol kemampuannya telah dibuktikan dalam penelitian. Melansir laman Healthline, pada satu studi tahun 2014 menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida.

Obat asam urat dan kolesterol ini dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau bubuk, atau ditambahkan ke dalam makanan.

2. Daun seledri

Daun seledri juga bisa sebagai alternatif lainnya yang dapat digunakan sebagai obat asam urat herbal. Ketika mengonsumsi seledri sebagai obat asam urat alami, kamu tak perlu khawatir karena tidak ada efek samping bagi tubuh.

Perlu kamu ketahui bahwa kandungan yang terdapat pada tanaman obat asam urat satu ini antara lain klorin, asam lemak esensial, inositol, asam folat, seng, vitamin B1 serta vitamin A.

Kamu bisa menyajikannya dengan mengambil kurang lebih 3 gram atau 5 helai tanaman obat asam urat ini.

Kemudian pastikan kamu sudah mencuci dengan bersih. Rebus sampai air mendidih, gunakan air sebanyak 100 cc.

Saring dan tuangkan ke dalam gelas. Langkah akhir kamu bisa meminumnya sebanyak satu kali dalam sehari dengan rutin agar khasiatnya lebih cepat dirasakan.

3. Madu

Obat asam urat tradisional satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang manis, obat ini juga sangat mudah ditemukan. Madu merupakan obat asam urat alami yang sangat berkhasiat karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Ketika mengonsumsi madu bisa kamu campurkan dengan untuk mengobati penyakit asam urat. Ramuan madu dengan nanas tersebut dianggap sangat efisien untuk penyakit asam urat.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kupas terlebih dahulu bagian kulit nanas, kemudian pisahkan bagian daging dari kulitnya. Setelah itu iris menjadi bagian yang tidak terlalu tebal. Kemudian letakkan pada blender untuk dijus.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan teratur setiap hari agar bisa merasakan khasiat dari ramuan tersebut. Jika mengonsumsinya dengan teratur maka kamu bisa merasakan khasiat dari obat tradisional asam urat ini.

4. Air hangat

Kamu juga bisa mencoba terapi air hangat. Air hangat bisa menjadi salah satu obat asam urat tradisional yang paling ampuh.

Ketika kamu melakukan terapi air hangat sendiri, hal itu akan meredakan rasa nyeri pada bagian persendian. Air hangat yang digunakan untuk berendam dapat mempelancar sistem dari vaskularisasi atau aliran dari pembuluh darah.

Maka dari itu kotoran-kotoran yang berasal dari purin di pembuluh darah bisa dengan mudah untuk dikeluarkan.

Caranya pun cukup mudah, kamu bisa merendam bagian yang terasa nyeri di air hangat setiap harinya dan biarkan bagian tubuh tersebut relaks sejenak.

5. Kembang sepatu, tanaman obat asam urat

Kembang sepatu dapat digunakan sebagai obat asam urat herbal untuk menangani kondisi ini. Tanaman asam urat yang satu ini dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Obat asam urat herbal ini tersedia dalam bentuk suplemen, teh, dan ekstrak kembang sepatu.

6. Tanaman jelantang

Jelantang (urtica dioica) merupakan tanaman obat asam urat selanjutnya yang bisa membantu mengobati asam urat. Obat asam urat herbal ini dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

Penggunaan tanaman asam urat ini sering disebut dalam penelitian. Namun, masih belum ada penelitian yang dapat membuktikan kemanjurannya untuk asam urat. Obat asam urat herbal ini dapat dikonsumsi dalam bentuk teh.  

Beberapa obat herbal asam urat di atas bisa menjadi solusi tepat untuk kamu. Sangat baik ketika kamu bisa menggunakan obat-obatan tanpa adanya efek samping. Selain mudah ditemukan, obat tradisional asam urat juga aman untuk kesehatan tubuh kamu.

Obat asam urat generik

Tak hanya obat-obat tradisional, kamu juga bisa menemukan obat untuk mengatasi penyakit ini di apotek.

1. NSAID

Dilansir webmd.com, obat golongan NSAID ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sendi selama serangan asam urat terjadi. Jenis yang popular adalah ibuprofen dan naproxen.

Jika kamu menggunakan obat NSAID dalam 24 jam pertama, ini dapat membantu mempersingkat serangan. Cara lain mengurangi rasa sakit ketika serangan asam urat adalah dengan membuat es, istirahat, dan menangangkat sendi.

2. Allopurinol

Obat asam urat di apotek lainnya yang dapat kamu konsumsi untuk mengobati kondisi ini yaitu Allopurinol. Allopurinol berguna untuk menurunkan asam urat dengan cara menghambat pembentukan asam urat di dalam tubuh.

Namun perlu juga kamu perhatikan bahwa ketika mengonsumsi obat ini dapat menimbulkan efek samping.

Salah satu efek samping yang sering kali timbul dalam penggunaan obat allupurinol adalah sakit perut, pusing, diare, dan rasa gatal di kulit.

3. Colchicine

Colchinie juga merupakan salah satu jenis obat yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit atau mengurangi peradangan yang terjadi akibat kondisi ini.

Perlu kamu ketahui bahwa obat asam urat di apotek ini bekerja dengan dua cara yang berbeda. Cara pertama untuk mengobati gejala asam urat akut. Kedua, colchicine berguna untuk mencegah kambuhnya asam urat.

Jika kamu mulai mengalami gejala asam urat seperti demam dan sendi bengkak, pada umumnya dokter akan menyarankan untuk meminum jenis Colchinie sebanyak 2 kali dalam satu waktu.

4. Febuxostat

Selanjutnya, obat asam urat di apotek adalah Febuxostat. Febuxostat berguna untuk mengurangi produksi asam urat.

Cara bekerja febuxostat adalah dengan menghambat pembentukan asam urat yang biasa diberikan untuk penderita yang sudah mengalami penyakit tersebut lebih dari 40 tahun.

Seringkali disepelekan, bahwa ternyata obat jenis ini tidak boleh diminum bersamaan dengan 6-mercaptopurine (6-MP) atau azathioprine, ya.

5. Pegloticase

Obat jenis ini akan diberikan untuk kamu apabila obat lain yang telah diberikan tidak ampuh lagi.

Biasanya pegloticase diberikan untuk penderita yang memiliki penyakit asam urat kronis melalui pembuluh darah.

6. Probenecid

Probenecid berguna untuk membantu tubuh mengeluarkan asam urat yang berlebihan melalui urin.

Ketika mengonsumsi obat ini, kamu akan dianjurkan untuk meminum setidaknya 2 liter air mineral per hari untuk mencegah terbentuknya kristal akibat penyakit.

Walaupun beberapa obat di atas dapat kamu beli di berbagai apotek. Tetapi ada baiknya jika kamu mengonsumsi obat-obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter. Kamu bisa terlebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter.

Gejala penyakit asam urat

Tentu saja penyakit tidak dating begitu saja, pasti akan ada beberapa gejala di awal ketika kamu mengidap penyakit asam urat. Ini beberapa gejala penyakit asam urat.

1. Nyeri secara tiba-tiba

Kamu yang kerap kali merasakan nyeri secara mendadak dalam waktu singkat jangan pernah disepelekan. Hal tersebut berarti bahwa tubuh tengah memberikan sinyal adanya penyakit.

Jika nyeri datang lagi beberapa kali hingga membuat sendi bengkak, merah, dan sakit, sudah saatnya kamu harus segera memeriksakannya ke dokter.

2. Nyeri pada malam hari

Banyak orang tidak banyak mengonsumsi air ketika malam hari. Pada saat itulah orang dengan kadar purin tinggi dan kurang minum dapat terserang nyeri.

Serangan nyeri pada malam hari tersebut biasanya berlangsung agak lama hingga menyebabkan sendi nyeri, panas, tidak nyaman ketika tidur. Selain itu kamu penderita asam urat juga memiliki masalah tidur.

3. Demam

Jika kamu merasakan demam di saat bersamaan dengan nyeri persendian itu pertanda bahwa kamu menderita penyakit asam urat. Biasanya sendi yang meradang akan mengakibatkan seseorang demam, kepala pusing, hingga mual berlebihan.

4. Nyeri terjadi secara berulang kali

Kamu perlu wapada ketika nyeri sendi kerap dating. Bisa saja rasa nyeri tersebut bertambah parah. Banyak orang yang terkena nyeri sendi hebat sampai tidak mampu beraktivitas dengan aktif. Bahkan ada juga yang tak bisa bangun dari tempat tidur.

Penyebab penyakit asam urat

Sebelum terserang penyakit asam urat, ada baiknya kamu mengetahui beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit asam urat. Berikut faktor-faktor penting terjadinya asam urat:

1. Faktor keturunan

Seringkali kita mendengar bahwa penyakit keturunan memang benar adanya. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab penyakit asam urat.

Ini berarti, risiko kamu untuk mengalami penyakit asam urat dapat meningkat jika ada salah satu anggota keluarga yang juga mengalami penyakit yang sama.

2. Faktor jenis kelamin

Ternyata ssam urat lebih sering terjadi pada pria. Namun, risiko wanita terkena penyakit ini juga besar. Setelah wanita mencapai usia menopause, justru akan lebih berisiko untuk mengalami penyakit asam urat.

3. Berat badan berlebih

Ketika seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.

Tentu saja peristiwa tersebut dapat menyebabkan ginjal membuang asam urat, sehingga kadarnya akan berlebihan di dalam tubuh.

Cara ampuh mencegah asam urat di usia muda

Walaupun penyakit asam urat tergolong kronis dan dapat menurunkan kualitas hidup, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah. Terdapat beberapa pantangan asam urat yang perlu kamu ketahui untuk mencegah keparahan penyakit.

Pantangan asam urat yang bisa dilakukan adalah mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan sayur hijau.

Selain itu, pantangan asam urat lainnya adalah menghindari minuman yang mengandung pemanis fruktosa seperti soda, dan minuman beralkohol dapat mencegah penyakit asam urat di usia muda. Pantangan asam urat tersebut harus benar-benar diperhatikan.

Kemudian lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur. Sebaiknya olahraga sebanyak lima kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit per hari. Hal itu akan membantu menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.

Berolahraga secara rutin juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal. Tak lupa kamu juga sangat perlu untuk periksa kesehatan secara berkala ke klinik atau rumah sakit.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. medicalnewstoday.com (2017) diakses 27 April 2020. Everything you need to know about gout
  2. webmd.com (2018) diakses 27 April 2020. Which Medicines Treat Gout? 
  3. mayoclinic.org (2019) diakses 27 April 2020. Gout
  4. healthline.com (2017) diakses 27 April 2020. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid
  5. health.harvard.edu (2013) diakses 27 April 2020. How to prevent gout attacks
  6. healthline (2019) diakses 21 Januari 2021. Natural Home Remedies for Gout 
  7. healthline (2018) diakses 21 Januari 2021. 9 Natural Cholesterol Reducers 
    Berita Terkait
    register-docotr