Kamus Penyakit

7 Makanan Manis yang Aman untuk Diabetes, Masih Boleh Cokelat hingga Popcorn Loh!

April 17, 2020 | Santi Andriani | dr. Andrew Lienata
feature image

Ditulis oleh: Arini

Penderita diabetes memang dilarang mengonsumsi makanan penuh gula atau manis. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsi makanan manis. Masih ada kok makanan manis yang aman untuk diabetes.

Bahkan penderita diabetes masih bisa menikmati enaknya cokelat, popcorn bahkan biskuit. Namun ada aturan yang harus diperhatikan agar makanan-makanan tersebut tidak memperburuk kondisi penderita diabetes.

Lalu makanan manis seperti apa saja yang masih boleh dinikmati kamu yang memiliki diabetes? Penasaran, simak penjelasannya di bawah.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Kehamilan Paling Ampuh dan Populer di Indonesia

Makanan manis yang aman untuk diabetes

Tidak sembarang makanan manis, berikut makanan-makanan manis yang masih bisa ditolerir oleh tubuh para penderita diabetes.

1. Nasi merah

Kandungan gula dalam nasi merah masih aman untuk penderita diabetes. Sumber foto:https://www.internationalcuisine.com/

Menu yang satu ini bahkan jadi menu wajib penderita diabetes. Rasa manis dari nasi putih bisa digantikan dengan rasa manis dari nasi merah. Kadar gula dalam nasi merah ini lebih rendah dan lebih tinggi serat.

2. Dark chocolate

Cokelat hitam adalah makanan manis yang aman untuk diabetes (https://www.eatthis.com/)

Nah, kalau kamu kangen ngemil makanan manis dark chocolate bisa dijadikan pilihan. Rasa manis alami dari cokelat hitam atau dark chocolate ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Tapi tetap, kamu harus makan dalam porsi kecil.

3. Oatmeal

Oatmeal bisa jadi pengganti nasi merah. Foto: https://pickyeaterblog.com/

Sudah mulai bosan dengan nasi merah? Oatmeal bisa jadi penggantinya nih, rasa manis bisa kamu dapatkan dengan menambahkan berbagai macam buah-buah misalnya saja strawberry atau pisang.

4. Ubi jalar

Kadar glukosa dalam ubi sangat rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Foto: https://www.foodnetwork.com/

Ubi jalar bisa dijadikan pengganti karbohidrat sekaligus camilan sehat untuk penderita diabetes nih. Bahkan kadar glukosa dalam ubi jalar juga sangat rendah. Beberapa penelitian menjelaskan kalau ubi jalar bisa mempercepat proses glukosa darah.

5. Tomat

Tomat mengandung likopen yang aman untuk penderita diabetes. Foto: https://www.bbc.com/

Jus tomat bisa menjadi minuman menyehatkan untuk penderita diabetes. Tomat yang tinggi likopen baik untuk penderita diabetes. Likopen yang ada dalam tomat bisa membantu melindungi ginjal dan pembuluh darah akibat diabetes.

6. Popcorn tawar

Makanan manis yang aman untuk penderita diabetes seperti popcorn tawar. Foto: https://www.eatthismuch.com/

Kangen sama snack di bioskop? Tenang kamu masih bisa bebas mengonsumsi popcorn asalkan tidak menambahkan perasa apa pun ke dalamnya. Walaupun tidak menambahkan perasa apa pun, popcorn akan mengeluarkan rasa manis alami.

Baca Juga: Jangan Mudah Percaya, 5 Informasi tentang Mata Merah Ini Ternyata Cuma Mitos!

7. Biskuit gandum

Gandum biskuit aman untuk penderita diabetes. Foto: https://www.foodnetwork.com/

Biskuit gandum sangat baik untuk penderita diabetes. Camilan yang satu ini juga baik untuk merawat pencernaan, serat alami pada gandum juga terbukti bisa menurunkan kadar gula pada penderita diabetes tipe 2.

Konsultasikan kondisi kesehatanmu bersama dokter terpercaya kami di Good Doctor. Lakukan konsultasi sekarang!

register-docotr