Kamus Penyakit

Jangan Remehkan, Kenali Jenis-Jenis Sakit Kepala yang Perlu Kamu Tahu

April 16, 2020 | Santi Andriani | dr. Yelsi Khairani
no-image

Ditulis oleh: dr. Yelsi Khairani

Apakah kamu pernah merasakan sakit kepala? Tentunya semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Untuk menentukan jenis pengobatan, kenali dulu jenis-jenis sakit kepala yang umum dirasakan seseorang.

Apakah kamu pernah merasakan pusing berputar? Atau mungkin pernah merasakan sakit kepala sebelah? Sebetulnya terdapat beragam jenis sakit kepala. Berikut pembahasan tiga jenis sakit kepala yang sering dialami.

Baca Juga: Saat Asma Menyerang, Gunakan Obat Asma Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Jenis-jenis sakit kepala 

1. Tension type headache (sakit kepala tegang)

Sakit kepala tipe ini kepala seperti diikat/ Sumber Foto: https://buffalorehab.com/

Mungkin ini adalah jenis sakit kepala yang paling sering dialami oleh banyak orang. Pada sakit kepala tipe ini, kepala terasa seperti diikat. Sakit kepala dirasakan di seluruh bagian kepala, leher, dan bahu. 

Derajatnya bisa mulai dari ringan sampai berat dan penyebabnya juga bermacam-macam. Untuk meredakan gejala sakit kepala yang ringan dapat diatasi dengan obat analgetik (antinyeri) yang dapat dibeli bebas.  

2. Vertigo (pusing berputar)

Vertigo, penderitanya sering mengeluh pusing berputar. Sumber Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

Istilah vertigo digunakan untuk keluhan pusing berputar. Vertigo diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya yakni vertigo sentral dan vertigo perifer. Vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan gangguan atau penyakit di otak atau sistem saraf pusat.

Sementara itu, vertigo perifer adalah vertigo yang disebabkan oleh gangguan atau penyakit pada telinga bagian dalam. Gejala vertigo dapat diredakan dengan penggunaan obat antivertigo yang bisa diresepkan oleh dokter.

Baca Juga: ‘Saya Sering Sakit Kepala Berat, Apakah Ini Kanker Otak?’ Kenali Gejalanya di Sini

3. Migrain (sakit kepala sebelah)

Migrain lebih sering dialami perempuan ketimbang laki-laki. Sumber foto: https://sciencenordic.com/

Orang yang mengalami migrain akan merasakan sakit kepala sebelah yang dapat disertai dengan mual serta sensitif terhadap cahaya dan suara (yang biasa disebut dengan aura). 

Migrain lebih sering dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Migrain dapat diobati dengan obat-obatan pereda gejala seperti analgetik untuk sakit kepalanya dan antiemetik (antimual) untuk mual yang menyertainya.

Sakit kepala memang sangat umum terjadi, tetapi jangan sampai meremehkannya. Pada dasarnya sakit kepala, apapun jenisnya, adalah suatu gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi atau penyakit yang mendasari.

Jika sakit kepala tidak kunjung mereda dengan pemakaian obat-obatan simtomatis (obat yang digunakan untuk meredakan gejala), progresif memberat, atau disertai dengan gejala penyerta seperti gangguan saraf lainnya, dibutuhkan pemeriksaan yang lebih lanjut dan segera.

Konsultasikan kondisi kesehatan Anda di Good Doctor. Yuk, lakukan konsultasi online dengan dokter terpercaya!

Reference

Blanda, Michelle. https://emedicine.medscape.com/article/792384. 21 November 2017. 28 August 2019.

Chawla, Jasvinder. https://emedicine.medscape.com/article/1142556. 28 May 2019. 28 August 2019.

Samy, Hesham M. https://emedicine.medscape.com/article/2149881. 13 March 2017. 28 August 2019.

    Berita Terkait
    register-docotr