Kamus Penyakit

Wajib Tahu! Ini 5 Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

April 23, 2020 | Ajeng Annastasia
no-image

Kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian yang angkanya masih tinggi di Indonesia.

Data dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, angka kanker payudara yaitu sebesar 42,1 per 100.000 dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Tentang kanker payudara

Kanker payudara terjadi ketika ada perubahan yang disebut mutasi pada gen yang mengatur pertumbuhan sel. Mutasi ini mengakibatkan sel membelah dan berkembang biak secara tidak terkendali.

Kanker payudara adalah kanker yang berkembang di sel payudara. Biasanya terbentuk di saluran payudara, bisa juga di jaringan lemak atau jaringan ikat lainnya.

Sel-sel kanker yang tidak terkontrol ini juga sering menyerang jaringan payudara sehat lainnya, bahkan sampai ke kelenjar getah bening yang berada di bawah lengan.

Seorang wanita biasanya akan lebih berisiko terkena kanker payudara jika terdapat riwayat kanker payudara di keluarganya.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu mengetahui apa saja ciri-ciri kanker payudara stadium 1, berikut daftarnya:

Baca juga: Stres Atau Depresi, Apa Bedanya?

Ciri-ciri kanker payudara stadium 1

Untuk bisa memastikan apakah kamu benar mengalami, kamu perlu apa saja ciri-ciri kanker payudara stadium 1. Berikut daftarnya:

1. Benjolan tidak biasa di payudara

Selalu perhatikan adanya ciri-ciri kanker payudara sedini mungkin (Foto: Shutterstock.com)

Sebagai seorang wanita, jangan lupa selalu mengecek secara berkala untuk mengetahui apakah ada benjolan aneh atau tidak di sekitar payudara. Pertanda awal kanker payudara adalah benjolan kecil sebesar 1-2 cm di payudara ataupun bawah ketiak.

Benjolan ini biasanya menimbulkan sedikit rasa sakit jika disentuh. Tapi, tidak semua benjolan berarti kanker payudara, ya.

2. Perubahan ukuran dan bentuk payudara

Perubahan ukuran dan bentuk payudara juga penting diamati, ya! (Foto: Shutterstock)

Lagi-lagi mengetahui bentuk dan ukuran payudara bisa sangat membantu mendeteksi kanker di stadium awal. Jika ada perubahan yang signifikan terhadap ukuran dan bentuk payudara, kamu harus lebih waspada. Tidak ada salahnya untuk langsung melakukan konsultasi pada dokter.

3. Puting terasa sakit

Dalam keadaan normal, puting tidak akan terasa nyeri atau sakit. Ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang biasa terlihat adalah di bagian puting. Jika puting terasa sakit, mengeluarkan cairan yang tidak normal, atau sampai ada perubahan bentuk segera cek ke dokter.

4. Warna kulit payudara yang berubah

Jika adanya benjolan masih belum terlalu teraba, coba amati apakah ada perubahan warna pada payudara. Ini bisa jadi pertanda yang cukup serius. Iritasi ataupun kemerahan akan muncul di stadium awal kanker payudara. Bukan hanya kemerahan, kulit payudara juga bisa bertekstur seperti kulit jeruk atau berlekuk.

5. Benjolan pada ketiak

cara penularan virus corona
Amati juga adanya benjolan pada ketiak dan area payudara (Foto: Shutterstock)

Selain benjolan pada payudara, benjolan di sekitar ketiak juga bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara stadium 1. Biasanya sel kanker akan menyerang dan menyebar hingga kelenjar getah bening yang ada di bawah ketiak. Kondisi inilah yang kemudian menimbulkan adanya benjolan pada ketiak.

Baca juga: 10 Tips Tetap Sehat Selama Puasa di Tengan Wabah Corona

Langsung tanyakan informasi terkait kondisi kesehatan Anda sekarang di Good Doctor, dokter terpercaya kami akan menjawab semua pertanyaan Anda 24/7. 

Reference

Depkes.go.id (2019) diakses 23 September 2019. Deteksi Dini Cegah Kanker.
NHS UK (2016) diakses 23 September 2019. Overview Breast Cancer in Woman.

    Berita Terkait
    register-docotr