Diet dan Nutrisi

Pentingnya Memantau Berat Badan Ideal Anak Agar Tidak Berlebihan

April 23, 2020 | Ajeng Annastasia | dr. Jati Satriyo
no-image

Banyak orang tua yang menganggap bahwa anak bertubuh gemuk lebih menggemaskan, padahal sejak dini anak sebaiknya perlu diperkenalkan dengan berat badan ideal dan tidak berlebihan.

Cara mengukur berat badan ideal anak

Pastikan anak makan sehat untuk menjaga berat badan idealnya (Foto: Shutterstock)

Untuk mengetahui apakah anak kelebihan berat badan, dokter akan mengukur tinggi dan berat badan anak dan menggunakan hasil pengukuran tersebut untuk menghitung angka yang disebut Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI).

Dari angka ini, dokter dapat mengetahui apakah berat anak ideal untuk tinggi badannya. Untuk melakukan hal ini, dokter akan membandingkan IMT anak Moms ke IMT anak lain dari usia serta jenis kelamin yang sama.

Jika IMT anak Moms lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang lain, maka kemungkinan besar ia kelebihan berat badan. Ketika seorang anak IMT-nya jauh terlalu tinggi, dokter terkadang menggunakan istilah obesitas.

Dokter biasanya juga akan merekomendasikan kepada anak Moms untuk melakukan suatu tes laboratorium terdeteksi kelebihan berat badan. Salah satunya seperti tes darah.

Baca juga: Si Kecil Kelebihan Berat Badan? Pangkas dengan 5 Tips Ini

Mengapa penting mengetahui berat badan ideal anak?

Jika berat badan ideal anak terkendali, ia terhindari dari berbagai risiko penyakit (Foto: Shutterstock)

Ya, sebenarnya sangatlah penting untuk seorang anak memiliki berat badan yang ideal, karena anak yang sangat kelebihan berat badan dapat memiliki beberapa risiko masalah kesehatan.

Termasuk di antaranya cukup berbahaya, seperti gangguan hati, asma, tekanan darah tinggi, nyeri lutut, nyeri punggung, serta sleep apnea. Sleep apnea merupakan kondisi henti napas secara singkat dan mendadak saat tidur.

Beberapa anak dapat menambah berat badan lebih mudah daripada anak lainnya. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya makan terlalu banyak, sering makanan yang tidak sehat, dan tidak cukup olahraga.

Selain itu, kelebihan berat badan juga bisa terjadi disebabkan oleh konsumsi obat-obatan atau kondisi medis lainnya. Jadi, penting bagi Moms untuk selalu menanyakan kepada dokter apakah obat yang dikonsumsi dapat membuat berat badan anak semakin bertambah.

Baca juga: Ini 6 Makanan Sehat tapi Bikin Gemuk, Mana Favorit Kamu?

Tanyakan masalah seputar kesehatan kepada dokter profesional di Good Doctor, yuk langsung tanya sekarang!

Reference

WebMD (2018) diakses 26 Oktober 2019. Obesity in Children
National Institute od Diabetes and Digestive and Kidney Disease (2017) diakses 26 Oktober 2019. Helping Your Child Who is Overweight
WHO (2016) diakses 26 Oktober 2019. Childhood overwight and obesity
American Heart Association (2013) diakses 26 Oktober 2019. BMI in Children
NHS (2018) diakses 26 Oktober 2019. What can I do if my child is overweight?

    Berita Terkait
    register-docotr