Olahraga

Suka Berolahraga Tanpa Bra? Begini Dampaknya bagi Kesehatan!

January 12, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bagi sebagian wanita, melakukan aktivitas sehari-hari di rumah tanpa bra adalah hal yang menyenangkan. Biasanya kegiatan menjadi terasa lebih lega dan lebih nyaman setelah melepas bra. Termasuk dalam melakukan olahraga. 

Ketika ada kesempatan untuk berolahraga di dalam rumah dan melakukan gerakan yang tidak berat, sebagian wanita pun seringkali memilih untuk tidak mengenakan bra. Apakah kamu juga salah satunya?

Jika iya, simak ulasan di bawah ini dan cari tahu dampak dari olahraga tanpa menggunakan bra. 

Fungsi bra saat berolahraga

Bra adalah pakaian dalam yang berfungsi untuk melindungi payudara. Ketika berolahraga bra berfungsi mencegah payudara agar tidak memantul, mengurangi risiko lecet pada puting, dan dapat membuat tampilan payudara lebih tersamarkan.

Saat berolahraga, wanita juga perlu memakai bra khusus (sport bra) untuk menunjang aktivitas yang dilakukan. Bra ini telah dirancang khusus agar aktivitas olahraga terasa nyaman. Namun, masih banyak wanita yang mengabaikan hal ini.

Dampak tidak pakai bra saat olahraga bagi kesehatan

Penelitian menunjukkan berolahraga tanpa menggunakan bra ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan. Khususnya bagi kamu yang memiliki payudara lebih besar.

Studi di 2020, yang diterbitkan dalam Clinical Journal of Sports Medicine menemukan bahwa nyeri payudara akibat olahraga dapat terjadi sekitar lima kali lebih sering pada atlet dengan payudara sedang hingga besar daripada mereka yang berpayudara kecil.

Para peneliti juga menemukan bahwa kemungkinan mengalami rasa sakit ini meningkat setiap usia atlet bertambah satu tahun. 

Payudara disangga oleh ligamen Cooper, jaringan ikat pada tubuh. Ligamen Cooper adalah jaringan yang sangat halus, sehingga jaringan ini sangat mungkin meregang secara permanen. Ligamen Cooper ini dapat mempertahankan bentuk dan menjaga payudara agar tetap kencang.

Nah, melakukan olahraga tanpa mengenakan bra hanya akan membebani ligamen sehingga timbul serangkaian gangguan pada kesehatan. Gangguan ini dapat berupa:

  • Rasa sakit atau nyeri pada payudara
  • Kekuatan fisik yang menurun saat berolahraga
  • Postur tubuh yang buruk
  • Payudara lebih cepat kendur
  • Rasa sakit yang menjalar menjadi sakit kepala dan leher, punggung hingga lengan

Dampak ini akan sangat terasa, terutama pada wanita yang rutin berlari atau berolahraga dengan intensitas tinggi tanpa bra. Terlepas dari ukuran payudaranya, dampak tetap bisa terjadi pada semua wanita.

Baca juga: Pilih yang Pas, Ini 5 Tanda Bra Terlalu Ketat dan Membahayakan Kesehatan 

Jadi, seberapa penting olahraga dengan bra?

Dilansir dari Livestrong, menurut Felicia Stoler, seorang ahli fisiologi olahraga, sebenarnya olahraga tanpa bra tidak bisa disimpulkan sepenuhnya buruk. “Sangat tergantung pada ukuranmu dan apa yang kamu lakukan saat berolahraga,” jelasnya. 

Beberapa olahraga dengan intensitas tinggi, seperti lari, olahraga berkelompok, atau menari, memang mengharuskan kamu mengenakan bra karena gravitasi dan gerakan di dalamnya dapat menyebabkan nyeri payudara. 

Olahraga seperti sepak bola atau bola basket juga mengharuskan kamu mengenakan bra sebagai perlindungan. Pasalnya jenis olahraga ini berpotensi membuatmu cedera atau terluka  jika tidak mengenakan bra. 

Sebaliknya, bila kamu melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas ringan kamu bisa melakukannya tanpa bra dengan aman.

Menurut Donnica L. Moore, MD, selaku dokter sekaligus ahli kesehatan wanita, berjalan di atas treadmill selama 30 menit, melakukan peregangan ringan, atau mengangkat beban, aman dilakukan tanpa bra. 

Sementara, menurut Felicia, yang jelas, membiarkan payudara tanpa bra saat berolahraga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Terlebih area payudara akan berkeringat. Meski begitu tingkat ketidaknyamanan setiap orang juga dapat berbeda-beda. 

Baca juga: Merasa Sedih saat Puting Payudara Disentuh? Mungkin Kamu Mengalami Sad Nipple Syndrome

Tips memilih bra untuk olahraga 

Menurut penelitian sebanyak 88 persen remaja wanita mengenakan bra yang tidak pas saat berolahraga. Padahal jenis bra dapat memengaruhi gerakan dan kenyamanan saat berolahraga. 

Ketika berolahraga, wanita juga perlu mengenakan jenis bra khusus, yakni sport bra. Jenis bra ini dapat menyangga payudara dengan baik dan telah dirancang khusus.

Supaya kamu tidak bingung, berikut adalah tips memilih bra yang tepat untuk berolahraga:

  • Pastikan strap bahu pas dan dapat menyangga, tetapi tidak terlalu ketat
  • Cobalah untuk selipkan satu atau dua jari di bawah strap, bila masih terasa nyaman, berarti ukurannya sudah pas 
  • Pilihlah, sport bra dengan tali yang menyilang di belakang. Menurut penelitian, model bra ini dapat menyangga dengan lebih baik.
  • Pastikan bahan bra tidak terlalu ketat atau melukai kulit
  • Cobalah bra sambil melompat selama 20 detik, hal ini dilakukan untuk menguji ketahanan dan kekencangan bra.
  • Pilih desain bra yang sederhana. Bra dengan banyak tali yang rumit, tidak menjamin akan menyangga payudara dengan lebih baik

Jadi, sudah tahu kan, apa saja dampak dari kebiasaan berolahraga tanpa bra? Yuk mulai rawat dan jaga kesehatan payudara sedini mungkin. Jangan biarkan kebiasaan kecil memberikan dampak buruk bagi kesehatan payudaramu.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr