Info Sehat

6 Manfaat Tea Tree Oil: Atasi Jerawat Hingga Jamur pada Kuku!

January 12, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tea tree oil yang kerap kita temukan dalam berbagai produk kecantikan ternyata memang punya kegunaan yang bermanfaat untuk tubuh lho.

Tapi selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit, apakah tea tree oil punya manfaat untuk kesehatan tubuh kita?

Untuk mengenal lebih dalam tentang tea tree oil dan segala manfaatnya untuk tubuh kita, mari simak pembahasan berikut ini!

Apa itu tea tree oil?

Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari penguapan daun pohon teh Melaleuca alternifolia yang ditemukan Australia. Oleh karena itu, tea tree oil juga kerap dikenal dengan nama minyak melaleuca.

Saat digunakan secara topikal, tea tree oil dipercaya memiliki kemampuan sebagai antibakteri. Tea tree oil biasanya digunakan untuk mengobati jerawat, kutu air, kutu rambut, jamur kuku, dan gigitan serangga.

Tea tree oil biasanya dijual ditemukan dalam banyak produk kulit yang dijual bebas, termasuk sabun dan lotion. Namun, tea tree oil tidak boleh dikonsumsi secara oral. Jika tertelan, bisa menimbulkan gejala yang serius.

Baca Juga : 8 Manfaat Jojoba Oil untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Kegunaan tea tree oil 

Tea tree oil memang sangat mudah kita temukan dalam berbagai produk perawatan wajah. Ini karena tea tree oil memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antivirus, dan antijamur. Berikut beberapa manfaat tea tree oil untuk tubuh kita:

1. Mengatasi masalah jerawat

Kegunaan tea tree oil yang pertama adalah kemampuannya dalam melawan jerawat. Melansir Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak tea tree membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat secara keseluruhan

Melansir WebMD, mengoleskan tea tree oil kadar 5 persen hampir sama efektifnya dengan mengoleskan benzoyl peroxide 5 persen dalam mengatasi jerawat.

Tea tree oil mungkin bekerja lebih lambat daripada benzoyl peroxide, tetapi penggunaan minyak alami ini tidak akan terlalu mengiritasi kulit wajah kamu.

Ketika dioleskan dua kali sehari selama 45 hari, minyak pohon teh ini mampu mengurangi beberapa gejala jerawat, termasuk keparahan jerawat.

2. Kegunaan tea tree oil untuk kulit berminyak

Jika kamu memiliki tipe kulit yang berminyak, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung tea tree oil  di dalamnya.

Sifat antiseptik minyak tea tree dapat berkontribusi untuk memerangi masalah kulit berminyak.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa peserta yang menggunakan tabir surya yang mengandung minyak tea tree selama 30 hari menunjukkan kemajuan kondisi kulit.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Essential Oil dari Tiap Jenisnya, Salah Satunya Bikin Rileks

3. Mengatasi peradangan

Kegunaan tea tree oil lainnya adalah mampu membantu meredakan kulit yang meradang. Ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak.

Bentuk iritasi kulit yang umum adalah dermatitis kontak, yang terjadi saat kulit bersentuhan dengan alergen. Paparan alergen menyebabkan kulit menjadi merah, gatal dan terkadang menyakitkan.

Melansir Healthline, penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil dapat membantu mengurangi keparahan gejala ini. Namun, jangan gunakan minyak tea tree jika kamu menderita eksim.

4. Kegunaan tea tree oil  dalam penyembuhan luka

Sifat antibakteri dari minyak tea tree membuatnya menjadi penyembuh luka yang efektif. Menurut sebuah studi, minyak tea tree membantu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh bakteri.

Sembilan dari 10 orang yang menggunakan minyak tea tree selain pengobatan konvensional menunjukkan penurunan waktu penyembuhan dibandingkan dengan pengobatan konvensional saja.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak tea tree membantu mengurangi peradangan dan memicu aktivitas sel darah putih yang berperan penting dalam proses penyembuhan.

Baca Juga : Manfaat Virgin Coconut Oil: Jaga Kesehatan Jantung Hingga Rambut

5. Atasi jamur kuku

Jika kamu memiliki masalah jamur kuku, tea tree oil juga bisa jadi pilihan perawatan yang tepat. Tea tree oil tampaknya sama efektifnya melawan infeksi kuku jamur seperti obat antijamur yang dioleskan ke area tersebut.

Minyak pohon teh telah terbukti membantu menghilangkan jamur kuku bila digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan pengobatan alami lainnya.

6. Kegunaan tea tree oil untuk atasi ketombe

Selain untuk kulit, tea tree oil juga memiliki manfaat untuk kamu yang memiliki masalah dengan ketombe. Sebuah penelitian menyebut, minyak tea tree efektif mengatasi ketombe ringan hingga sedang yang disebabkan oleh jamur Pityrosporum ovale.

Dalam penelitian tersebut, orang yang menggunakan shampo dengan kandungan tea tree oil 5 persen setiap hari selama 4 minggu mengalami penurunan jumlah ketombe serta penurunan gejala seperti kulit kepala gatal dan berminyak.

Studi lain menemukan shampo dengan kandungan tea tree oil juga efektif untuk merawat anak-anak dengan cradle cap.

Baca Juga : Tidak Hanya untuk Bayi, Ada Banyak Manfaat Baby Oil untuk Wajah Kamu Lho!

Efek samping tea tree oil

Selama digunakan secara topikal atau hanya dioles pada kulit, tea tree oil tidak berbahaya. Namun bagi sebagian orang yang sensitif, minyak tea tree bisa saja menyebabkan:

  • Iritasi kulit
  • Ruam kulit alergi (dermatitis)
  • Gatal
  • Rasa seperti tersengat
  • Kulit seperti terbakar
  • Kemerahan
  • Kulit kering

Minyak tea tree juga bisa beracun saat tertelan dan mengalami efek samping serius, seperti:

  • Kebingungan
  • Kurangnya kontrol otot atau koordinasi gerakan (ataksia)
  • Penurunan tingkat kesadaran

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kegunaan tea tree oil? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic. Diakses pada 5 Januari 2021.Tea tree oil

Healthline. Diakses pada 5 Januari 2021. How Does Tea Tree Oil Help the Skin?

Healthline. Diakses pada 5 Januari 2021.14 Everyday Uses for Tea Tree Oil

Medical News Today. Diakses pada 5 Januari 2021. 11 benefits of tea tree oil

WebMD. Diakses pada 5 Januari 2021. Tea tree oil

    register-docotr