Olahraga

Selangkangan Lecet akibat Bersepeda? Begini Tips Mencegah dan Mengatasinya

February 10, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bagi orang yang baru mulai bersepeda atau sudah berpengalaman, terkadang harus menyita banyak waktu untuk memilih sadel. Hal ini dikarenakan benjolan merah yang menyakitkan dapat berkembang di area paha dan selangkangan.

Kondisi ini mungkin tampak seperti bagian alami dari mengendarai sepeda, namun ada cara untuk mencegahnya. Nah, untuk mengetahui cara mencegah dan mengatasi lecet pada selangkangan akibat bersepeda yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga: Yuk Pratikkan di Rumah, Ini Dia Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga

Mengapa lecet saat bersepeda dapat terjadi?

Dilansir dari Health kondisi kulit paling umum yang dapat terjadi akibat bersepeda adalah intertrigo atau lebih dikenal dengan istilah lecet.

Luka lecet ini sendiri terjadi saat kulit bergesekan dengan kulit, pakaian, atau bahan lain. Iritasi akan ditandai dengan kulit kemerahan, gatal, atau nyeri saat disentuh.

Masalah lain yang dapat dihadapi pengendara sepeda adalah folikulitis, yakni suatu kondisi yang tampak seperti jerawat namun sebenarnya adalah infeksi kulit di folikel rambut. Hal ini mungkin terjadi ketika kulit lembap dan panas akibat bersepeda. 

Dokter kulit bersertifikat di Austin, Texas, Jennifer Vickers mengatakan bahwa folikel rambut meradang akibat campuran oklusi atau penyumbatan, tekanan, gesekan, dan bakteri. Pada akhirnya, jika tidak diobati biasanya folikulitis dapat berkembang menjadi luka pelana. 

Luka pelana sulit untuk diobati di mana pada wanita dapat menyebabkan trauma genital, disfungsi seksual, penyakit vulva, dan infeksi saluran kemih.

Dr. Vickers menyarankan jika luka pelana muncul, maka sangat penting untuk melakukan tindak pencegahan sebelum muncul lebih banyak peradangan.

Cara mencegah lecet pada selangkangan akibat bersepeda

Asisten dokter kulit di Manhattan, Sarah Hambleton, PA-C merekomendasikan untuk mengoleskan krim penghalang sebelum berkendara agar dampak gesekan bisa berkurang. Selain itu, terdapat beberapa pencegahan lain yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

Pilih kursi sepeda yang pas

Menemukan kursi sepeda yang pas adalah langkah pertama untuk mencegah lecet saat bersepeda. Kursi sepeda atau sadel memiliki bentuk dan kontur yang berbeda sehingga penting untuk mengetahui perbedaannya. 

Ketinggian sadel sepeda

Sadel sepeda harus dipasang dengan ketinggian yang tepat untuk menghindari gesekan pada selangkangan.

Hal ini dikarenakan, ketinggian sadel dan tinggi atau jangkauan stang yang salah dapat menyebabkan berat badan tidak terdistribusi dengan baik sehingga menyebabkan goyangan berlebih.

Perbedaan panjang kaki merupakan penyebab umum lain dari nyeri sadel dan harus diketahui sebelum mengakibatkan luka lecet. Karena tekanan juga menjadi salah satu penyebab luka sadel, pastikan kamu menyesuaikan agar sesuai dengan cara berkendara. 

Berpakaian dengan benar

Mengelola kelembapan dan kuman di area pelana sangat penting. Hal ini dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih serta menghindari risiko terjadinya infeksi. Untuk itu, pastikan kamu mengenakan celana sepeda yang bersih dan pakaian dalam dengan ventilasi baik.

Ubah posisi sesering mungkin saat bersepeda

Pesepeda perlu mengubah posisi saat bersepeda sesering mungkin untuk beristirahat dari pelana. Jika kamu sangat rentan terhadap luka pada pelana, maka usahakan untuk berdiri setiap dua menit.

Penanganan terhadap lecet pada selangkangan

Walaupun sudah melakukan tindakan pencegahan, kemungkinan untuk mengalami iritasi kulit atau peradangan di area selangkangan tetap ada. Jika ini terjadi, ada beberapa tindakan penanganan yang bisa dilakukan para pesepeda seperti berikut ini:

Istirahat selama satu atau dua hari

Nyeri pelana akibat lecet yang dirasakan terus-menerus perlu dihentikan dengan beristirahat dari kegiatan bersepeda. Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat agar peluang pemulihan bisa lebih cepat.

Jaga agar area bersih dan kering

Area luka lecet harus dirawat dengan baik setiap hari, seperti mencucinya menggunakan sabun bebas pewangi dan tepuk-tepuk ketika mengeringkan. Jangan pernah mencoba untuk memencet luka dan biarkan tetap bersih serta kering.

Baca juga: Fungsi Kinesio Tape: Mengurangi Nyeri hingga Lancarkan Sirkulasi Darah

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Cleveland Clinic (2018), diakses 9 Februari 2021. Cycling Saddle Sores: 5 Simple Prevention Tips
  2. British Cycling, diakses 9 Februari 2021. AVOIDING SADDLE SORENESS
  3. Health.com (2021), diakses 9 Februari 2021. Saddle Sores and Chafing Are a Pain for Anyone Who Cycles—Here’s How to Treat and Prevent These Skin Issues
  4. Cycling Weekly (2020), diakses 9 Februari 2021. Saddle sores: how to prevent and treat them
    register-docotr