Olahraga

Fungsi Kinesio Tape: Mengurangi Nyeri hingga Lancarkan Sirkulasi Darah

January 31, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Fungsi kinesio tape atau KT biasanya digunakan untuk mengobati cedera olahraga dan berbagai gangguan lainnya. Pita elastis ini sangat bermanfaat bagi atlet yang berpotensi besar sering mengalami cedera.

Pita terapi atau kinesio tape dapat dipasang secara strategis pada tubuh untuk memberikan dukungan, mengurangi rasa sakit, hingga meningkatkan kinerja otot. Nah, untuk mengetahui fungsi kinesio tape lainnya yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Yuk Pratikkan di Rumah, Ini Dia Cara Mengecilkan Paha dengan Olahraga

Apa saja fungsi kinesio tape?

Dilansir Healthline, kinesio tape dikembangkan pada akhir tahun 1970-an oleh Dr. Kenzo Kase yang merupakanseorang ahli tulang dari Jepang. Kase menginginkan pita yang dapat memberikan dukungan, namun tidak membatasi gerakan. 

Pita kinesiologi benar-benar elastis dan tersedia dalam berbagai macam warna. Kase menciptakan selotip kinesio dengan campuran katun dan nilon. Ini dirancang untuk elastisitas kulit sehingga kamu dapat menggunakannya tanpa mengganggu pergerakan tubuh.

Selain itu, pita perekat ini juga tahan air dan cukup kuat untuk bertahan selama tiga sampai lima hari bahkan saat kamu berolahraga atau mandi.

Dipercaya bahwa pita perekat ini dapat membantu menciptakan ruang mikroskopis antara kulit dan jaringan di bawahnya. Beberapa fungsi kinesio tape yang perlu diketahui, antara lain sebagai berikut:

Menciptakan ruang dalam persendian

Sebuah studi kecil dengan 32 peserta menunjukkan bahwa ketika pita kinesiologi diaplikasikan pada lutut, maka akan meningkatkan ruang di persendian.

Sebuah studi serupa menunjukkan pita kinesiologi juga meningkatkan ruang di sendi bahu, sehingga membantu mengurangi kemungkinan iritasi.

Dapat mengubah sinyal pada jalur sendi

Fungsi kinesio tape lainnya adalah menciptakan pengangkatan yang membongkar jaringan di bawahnya. Dekompresi jaringan tersebut umumnya akan mengubah sinyal yang menuju ke otak. Saat otak menerima sinyal yang berbeda, maka responsnya akan berbeda.

Terapis fisik telah menggunakan kinesio tape untuk mengangkat kulit di atas otot-otot yang tegang. Ketika area tersebut terdekompresi, resepsi rasa sakit mengirim sinyal baru ke otak dan ketegangan di titik pemicu akan berkurang.

Sebuah studi tahun 2015 juga menunjukkan bahwa nyeri trigger point bisa berkurang. Tak hanya itu, fleksibilitas juga akan meningkat untuk orang-orang yang menggunakan kinesio tape dan tekanan manual secara bersamaan.

Meningkatkan sirkulasi darah dan cairan limfatik

Jika kamu terluka, kinesio tape dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan di area yang terasa sakit. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa kinesio tape dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan sirkulasi cairan limfatik.

Cairan limfatik sebagian besar merupakan air namun mengandung protein, bakteri, dan bahan kimia lainnya juga. Sistem limfatik adalah cara tubuh mengatur pembengkakan dan penumpukan cairan. 

Ketika kinesio digunakan, maka akan menciptakan ruang subkutan ekstra yang mengubah gradien tekanan di area bawah kulit.

Dalam dua penelitian terbaru, fungsi kinesio tape adalah mengurangi penumpukan cairan pada wanita yang menjalani perawatan kanker payudara dan orang yang menjalani penggantian lutut total.

Manfaat kinesio tape secara umum

Ada banyak kegunaan yang berbeda dari pemakaian kinesio tape. Biasanya, terapis fisik dapat menilai situasi dan cedera untuk memutuskan penggunaan terbaik dari perekat tersebut. Beberapa manfaat yang mungkin didapatkan dari penggunaan kinesio tape, yakni:

Mengurangi sakit dan nyeri

Kinesio tape bekerja dengan cara memberikan tekanan secara lembut pada area yang diaplikasikan. Untuk itu, penggunanya bisa merasakan manfaat kinesio tape seperti menghilangkan rasa sakit serta nyeri.

Menurunkan peradangan

Perekat ini juga dapat membantu menghilangkan kemacetan sekaligus memungkinkan sirkulasi darah beroksigen dan cairan limfatik yang efisien. Sirkulasi akan menghilangkan iritan sehingga mengurangi peradangan dan penumpukan bahan kimia dan mendorong pemulihan yang cepat.

Meningkatkan postur dan dukungan otot

Menempelkan kinesio tape di area menyimpang dari postur yang benar dapat membantu menopang postur dengan lembut. Perekat elastis ini juga memungkinkan otot yang lemah berfungsi secara efisien, mengurangi rasa sakit dan kelelahan, serta melindungi dari kram.

Peningkatan kinerja atletik

Dengan mendukung persendian yang tidak stabil dan memberikan sedikit tekanan pada otot, kinesio tape dapat mendorong kinerja atletik lebih tinggi. Tidak seperti alat bantu lainnya yang menyebabkan ketergantungan, kinesio tape dapat melatih otot untuk menjadi lebih mandiri.

Baca juga: Mengenal Ultra Low Fat Diet: Apa Itu dan Bagaimana Tips Aman Menerapkannya?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Very Well Health (2020), diakses 26 Januari 2021. How Kinesiology Tape Is Used in Physical Therapy
  2. NCBI (2012), diakses 26 Januari 2021. Kinesio taping in treatment and prevention of sports injuries
  3. Healthline (2019), diakses 26 Januari 2021. What Is Kinesiology Tape?
  4. Orthopaedic Associates (2018), diakses 26 Januari 2021.  Benefits of Kinesiology Tape
    register-docotr