Info Sehat

Bisa Jadi Tanda penyakit Serius, Hati-hati dengan Nyeri Pinggang Berkepanjangan Lho!

January 31, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Sakit pinggang yang berkepanjangan jangan diremehkan. Bisa jadi kamu mengidap penyakit axial spondyloarthritis (AxSpA), suatu penyakit autoimun yang tidak bisa disembuhkan.

Nyeri pinggang memang merupakan penyakit yang banyak umum terjadi. Tapi, kamu harus waspada jika mengalaminya lebih dari 3 bulan, imbau dokter spesialis penyakit dalam, dr. Laniyati Hamijoyo, Sp.PD-KR, FINASIM.

Pasalnya, penyakit AxSpA ini seringkali ditandai dengan nyeri pinggang berkepanjangan. “Tandanya biasanya nyeri dan kaku di pinggang dan berlangsung lebih dari 3 bulan,” ucapnya dalam laman viva.co.id.

Sebenarnya apa penyakit AxSpA itu?

AxSpA merupakan satu penyakit inflamasi yang terjadi di tulang belakang dan sendi acroiliac yang menyambungkan tulang belakang bagian bawah dengan panggul. Saat penyakit ini menyerang, kamu akan merasakan sakit pinggang.

Ada dua tipe penyakit ini, yaitu non-radiographic (nr) AxSpA dan ankylosing spondylitis (AS). Penyakit pertama disebut non-radiographic karena kerusakan yang terjadi di sendi tidak mampu dilihat menggunakan X-ray, sekalipun gejalanya sudah kamu rasakan.

Ketika akhirnya kerusakan tersebut bisa dilihat, maka kamu sudah bisa dikatakan mengidap AS. Situs kesehatan WebMD menyebut 30 persen penderita nr-AxSpA dapat mengidap AS dalam waktu 2 hingga 30 tahun.

Apa yang menyebabkan penyakit AxSpA?

AxSpA merupakan penyakit inflamasi jangka panjang. Penyakit ini dikatakan autoimun karena sistem imun menyerang jaringan sehat yang ada di sendi tulang belakang.

Mengutip situs kesehatan WebMD, para pakar bahkan tidak mengetahui penyebab penyakit ini. Tapi, ada kemungkinan masalah genetik menjadi satu faktor pendorong. Karena, sekitar 85 persen penderita AxSpA memiliki gen HLA-B27.

HLA-B27 sendiri biasanya merupakan tanda adanya masalah dalam sistem imun.

Faktor lingkungan

Faktor lingkungan bisa meningkatkan risiko kamu terkena penyakit ini bahkan hingga menjadi AS. Laman creakyjoints.org menyebut paparan terhadap infeksi, racun, dan polutan bisa meningkatkan risiko penyakit ini.

Meskipun demikian, masih dibutuhkan lebih banyak kajian untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut bisa memicu AxSpA.

Gaya hidup

Gaya hidup pun memainkan peranan penting dalam memicu penyakit ini serta membuatnya semakin parah.

Hillary Norton, MD, seorang rheumatologist dari Amerika Serikat dalam laman creakyjoints.org menyebut gaya hidup berikut ini dapat memperparah kondisi penderita AxSpA:

  • Merokok
  • Jarang berolahraga
  • Tidak mengonsumsi makanan sehat

Olahraga sendiri disebut Dr. Norton sebagai hal yang penting karena bisa membantu penderita mengurangi gejala inflamasi yang terjadi di panggul serta membantu penderita tetap bisa memiliki sendi yang fleksibel dan aktif.

Seperti apa gejala AxSpA?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu gejala umum AxSpA adalah nyeri pinggang. Selain itu, kemungkinan gejala lain dari penyakit ini adalah:

  • Inflamasi di mata
  • Inflammatory bowel disease
  • Psoriasis
  • Arthritis atau radang sendi yang menyerang sendi perifer (yang berada di tangan atau kaki)
  • Inflamasi di lokasi ligamen dan tendon menyambung dengan tulang, seperti di tumit achilles

Bagaimana membedakan AxSpA dengan penyakit nyeri pinggang biasa?

Nyeri pinggang yang berkepanjangan memang menunjukkan adanya masalah tertentu dalam kesehatan kamu. Untuk itu, pahami berbagai hal ini untuk membedakan penyakit AxSpA dengan nyeri pinggang biasa:

  • Nyeri yang berkaitan dengan AxSpA biasanya mulai dirasakan di usia kurang dari 35 tahun
  • Nyeri karena AxSpA ini biasanya semakin lama semakin terasa parah
  • Terjadi selama lebih dari 3 bulan
  • Rasa nyeri dan kaku di punggung dan pinggang akan terasa mendingan ketika kamu melakukan aktivitas fisik dan olahraga
  • Beristirahat tidak akan membuat nyeri berkurang
  • Rasa sakitnya mengganggu ketika malam hari, namun menjadi lebih ringan saat kamu sudah bangun tidur

Cara mengatasi AxSpA

Saat ini belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini. Perawatan yang kamu jalankan biasanya akan berfokus untuk melambatkan perkembangan penyakit ini. Beberapa opsi yang bisa ditawarkan dokter adalah:

  • Penggunaan NSAID
  • Penggunaan obat tumor necrosis factor (TNF) inhibitor
  • Obat IL-17 inhibitor
  • Terapi fisik

Demikianlah berbagai penjelasan tentang nyeri pinggang yang bisa jadi satu masalah kesehatan serius. Jangan anggap remeh penyakit ini, apalagi jika berlangsung lama, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Creakyjoints.org, diakses 29 Januari 2021. What Is Axial Spondyloarthritis? Symptoms, Causes, Diagnosis
  2. WebMD, diakses 29 Januari 2021. Non-Radiographic Axial Spondyloarthritis: Causes, Symptoms, and Treatment
  3. Spondylitis Association of America, diakses 29 Januari 2021. Inflammatory vs. Mechanical Back Pain – SAA
  4. Viva.co.id, diakses 29 Januari 2021. Nyeri Pinggang Lebih dari 3 Bulan, Waspada Penyakit Ini Mengintai
    Berita Terkait
    register-docotr