Info Sehat

Dibuat dari Tumbuhan Liar, Berikut Daftar Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

January 31, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Jarak adalah tumbuhan liar yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis. Meski liar, ternyata tumbuhan yang satu ini memiliki manfaat setelah diolah menjadi minyak. Apa saja manfaat minyak jarak tersebut?

Manfaat tersebut termasuk khasiatnya yang mendukung kesehatan kulit dan kemampuannya mengurangi peradangan. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasannya tentang minyak jarang, kandungan serta manfaatnya untuk kesehatan.

Baca Juga: Kaya Nutrisi, Simak 15 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan Tubuh

Minyak jarak dan kandungannya

Tumbuhan jarak sebenarnya memiliki enzim beracun bernama risin, yang terkandung di dalam bijinya. Tapi setelah melalui pengolahan, biji jarak diubah menjadi minyak yang bebas racun dan justru kandungannya memberikan manfaat untuk kesehatan.

Dalam satu sendok makan minyak jarak mengandung 120 kalori dan 14 gram lemak. Dalam minyak jarak juga mengandung vitamin E, asam lemak omega-9 dan asam lemak omega-6. Lebih dari 90 persen asam lemak minyak jarak adalah asam risinoleat yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan

Seperti yang sudah disebutkan, jika terdapat sejumlah manfaat minyak jarak untuk kesehatan. Bahkan sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno, di antaranya mengatasi iritasi mata dan untuk merangsang proses persalinan. 

Seiring dengan perkembangan zaman dan adanya berbagai penelitian mengenai manfaat minyak nabati ini, akhirnya manfaat minyak jarak lebih beragam, di antaranya yaitu:

1. Obat pencahar

Manfaat minyak jarak yang terkenal salah satunya sebagai obat pencahar alami. Saat dikonsumsi, minyak jarak akan diproses di usus kecil, melepaskan asam risinoleat, yang kemudian menimbulkan efek pencahar. 

Cara bekerjanya dengan meningkatkan pergerakan otot agar makanan yang telah diserap terdorong melewati usus. Biasanya digunakan untuk meredakan sembelit sementara. 

Ini terbukti seperti yang tertulis pada penelitian, bahwa lansia yang mengonsumsi minyak jarak, mengalami penurunan gejala sembelit. Tapi jika menggunakannya kamu juga perlu hati-hati.

Minyak jarak yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kram perut, mual, muntah dan diare. Penggunaannya pun sebaiknya hanya sesekali. Tidak disarankan digunakan dalam jangka waktu panjang. 

2. Minyak jarak untuk kesehatan kulit

Minyak jarak dapat digunakan untuk kesehatan kulit secara umum. Tapi juga dapat diandalkan untuk mengatasi kondisi tertentu. Misalnya sebagai pelembap kulit. 

Minyak jarak juga bersifat antibakteri dan juga membantu mengatasi peradangan pada kulit. Sementara dilansir dari Webmd, minyak jarak juga bisa digunakan untuk mengobati melasma dan kurap. 

3. Manfaat minyak jarak untuk obat jerawat

Minyak jarak dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat yang diakibatkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Saat dioleskan ke kulit minyak jarak akan membantu melawan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan, minyak jarak memiliki kekuatan antibakteri yang cukup kuat. Minyak jarak dapat menghambat pertumbuhan bakteri termasuk Staphylococcus aureus.

Selain itu, karena sifatnya yang dapat melembapkan, penggunaan minyak jarak pada kulit yang berjerawat juga dianjurkan. Karena dapat meredakan kulit yang meradang dan iritasi yang khas pada orang yang berjerawat.

4. Membantu penyembuhan luka

Minyak dikenal menjadi salah satu bahan salep venelex. Salep yang digunakan untuk mengobati luka. Selain minyak jarak, salep tersebut juga mengandung balsem yang berasal dari pohon Myroxylon.

Minyak jarak bekerja dengan mencegah luka terlalu kering, mengurangi penumpukan sel mati yang dapat memperlambat kesembuhan. Minyak jarak juga merangsang pertumbuhan jaringan, sehingga dapat mengurangi risiko.

Manfaat ini didukung penelitian yang dilakukan pada 861 penghuni panti jompo yang memiliki luka akibat tekanan. Hasilnya, luka yang dirawat dengan minyak jarak waktu penyembuhannya lebih singkat dibanding yang diobati dengan cara lain.

Baca Juga: Cegah Penuaan Dini hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Segudang Manfaat Sehat Minyak Kelapa!

5. Dapat mengurangi peradangan

Kandungan asam lemak minyak jarang memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan yang sangat baik. Mengoleskan minyak jarang pada area yang bermasalah dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Kandungan asam lemak minyak jarak juga dapat membantu mengatasi kulit kering dan iritasi pada penderita psoriasis. Ini berkat sifatnya yang melembapkan. 

6. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Tidak hanya dapat melembapkan kulit, minyak jarak juga dapat melembapkan rambut kering. Kamu bisa mencoba menggunakannya sebagai kondisioner rambut alami. 

Bukan cuma melembapkan tetapi dapat meningkatkan kelenturan helai rambut dan mungkin dapat digunakan untuk mencegah kerusakan.

Selain itu, minyak jarak juga dapat mengatasi ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Kondisi peradangan kulit yang menyebabkan kulit bersisik pada kulit kepala. 

7. Menjaga kesehatan mulut

Tahukah kamu jamur Candida albicans bisa menyebabkan masalah pada mulut, seperti pertumbuhan plak berlebih pada gigi, infeksi gusi hingga infeksi saluran akar gigi. 

Manfaat minyak jarak salah satunya adalah sebagai antijamur yang mampu melawan candida albicans. Hal ini didukung sebuah penelitian tabung yang menunjukkan hasil jika minyak jarak bisa menghilangkan candida albicans dari akar gigi yang terkontaminasi.

Selain itu jika menyikat dan merendam gigi palsu pada cairan yang mengandung minyak jarak dapat menurunkan kemungkinan adanya candida pada orang pengguna gigi palsu. 

Itu tadi sederet manfaat minyak jarak untuk kesehatan. Semoga bisa menambah informasi untuk kamu seputar bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk pengobatan rumahan. 

Punya pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya? konsultasikan melalui Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 23 Januari 2021
7 Benefits and Uses of Castor Oil
PMC, diakses 23 Januari 2021
Castor Oil: Properties, Uses, and Optimization of Processing Parameters in Commercial Production
Medical News Today, diakses 23 Januari 2021
Benefits of castor oil for the face and skin
Webmd, diakses 23 Januari 2021
Castor Oil: Are There Health Benefits?
RxList, diakses 23 Januari 2021
Castor Oil

    Berita Terkait
    register-docotr