Olahraga

Jenis-jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Lengan dan Perut, Yuk Dicoba!

August 10, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Olahraga bisa menjadi salah satu pilihan tepat jika kamu ingin membentuk otot sekaligus menurunkan berat badan.

Beberapa jenis olahraga tertentu bahkan diyakini bisa spesifik membantu mengecilkan bagian khusus. Misalnya untuk mengecilkan lengan dan perut, jenis olahraga apa ya yang bisa kamu lakukan?

Olahraga untuk mengecilkan lengan dan perut

Jika kamu ingin mengecilkan lengan dan perut, maka berikut jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah!

Olahraga untuk wanita

Khusus untuk para wanita, beberapa jenis gerakan olahraga yang efektif yakni:

Shoulder tap

Pada tahap ini, sama seperti posisi push up namun dengan pergelangan tangan yang tetap egak dan tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga lutut. Lalu, jaga pinggul agar tetap rata, kemudian angkat tangan kiri dan tekuk tangan lainnya ke bahu. Ulangi cara tersebut hingga 10 kali.

Leg drop

Mulai dengan posisi berbaring telentang dengan kaki yang diangkat lurus ke atas. Lakukan dengan perlahan untuk menurunkan kaki dengan cara bergantian di antara kanan dan kirinya. Lakukan tahap ini sampai 10 kali.

Plank samping

Seperti namanya, mulailah tahap ini dengan memiringkan badan dan jadikan siku menjadi tumpuan badan. Lalu, mulailah dengan mengangkat kaki bagian atas sampai setidaknya 90 drajat.

Lakukan tahap ini pada sisi lainnya secara bergantian. Kamu cukup lakukan plank samping selama 20 detik.

Seated alternating overhead press

Pada tahap ini, kamu hanya perlu duduk menyila sambil menggenggam sepasang dumbbell di kedua tangan. Lalu tekuk kedua lengan dan angkat dumbel secara bergantian ke atas sampai tangan benar-benar lurus.

Kamu cukup lakukan tahap ini sampai kepada hitungan ke 20.

Eccentric bent-over row

Kamu hanya perlu berdiri dengan badan yang sedikit membungkuk juga lutut yang sedikit menekuk. Lalu, luruskan tangan yang sudah menggenggam dumbbell.

Turunkan dumbbellsecara bersamaan ke bawah, lalu angkat kembali sampai ke pinggul. Lakukan proses ini hingga 20 kali.

Angkat dan turunkan dumbbell

Mulailah dengan posisi berdiri sambil menggenggam satu dumbbellmenggunakan kedua tangan, lalu angkat dumbbellke atas sisi kanan dan turunkan ke arah sisi kiri.

Lakukan gerakan tersebut selama 10 kali di setiap sisinya.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa ulangi seluruh gerakan 4 sampai 6 kali dalam sehari.

Olahraga untuk pria

Adapun gerakanolahraga yang bisa dilakukan oleh pria untuk mengecilkan lengan dan perutmeliputi:

Lose-grip bench press

Lakukan dengan berbaring di bangku dan pegang dumbbell dengan tangan terbuka selebar bahu. Lalu, jaga siku untuk tetap dekat dengan sisi tubuh, dan dorong dumbbell ke atas.

Dumbbell tricep extensions

Lakukan posisi berdiri tegak dan pegang dumbbell dengan kedua tangan tepat di atas kepala. Lalu, tekuk siku secara berlahan dan turunkan beban di belakang kepala.

Pull up

Metode ini merupakan yang paling umum dilakukan. Lakukan dengan posisi tengkurap tetapi dengan tangan yang lurus dan menjadikan telapak menjadi tumpuan. Lalu, tarik tubuh ke atas lalu turunkan secara perlahan.

Plank

Plank memiliki posisi yang hampir sama dengan push up. Hanya saja, lengan harus dalam keadaan ditekuk dan jadikan siku menjadi tumpuan. lalu angkat badan kamu, dan diamkan selama 60 detik.

Demikian beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan lengan dan perut yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Ingat, lakukan secara bertahap dan rutin supaya hasilnya maksimal!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Womenshealthmag.com (2020). Diakses pada 9 Agustus 2020. Tone Your Arms And Abs At The Same Time With This 15-Minute Workout
  2. Menshealth.com (2019). Diakses pada 9 Agustus 2020. The Ultimate Arms and Abs Workout
    register-docotr