Gizi Anak

Daftar Makanan Tidak Sehat untuk Anak yang Perlu Moms Perhatikan, Yuk Simak Apa Saja!

August 10, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Demi kesehatan anak tentu saja setiap orangtua ingin buah hatinya makan dengan lahap. Tak hanya itu, memberikan asupan gizi yang terbaik juga menjadi hal utama. Namun, ada beberapa makanan tidak sehat untuk anak yang perlu Moms ketahui lho. Simak penjelasannya yuk.

Baca juga: Catat! Ini 6 Makanan yang Sering Menyebabkan Alergi

Jenis makanan tidak sehat untuk anak

Semua orangtua pasti ingin memberikan makanan yang bergizi dan lezat untuk anak-anaknya. Namun, terkadang ada hal lain yang dilupakan seperti asupan makanan apa saja yang sehat dan tidak bagi kesehatan anak. 

Berikut ini makanan tidak sehat untuk anak melansir penjelasan dari Being The Parent

1. Keripik kentang dan kentang goreng 

Kentang goreng adalah makanan yang sangat populer di kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa pun juga suka menjadikan makanan tersebut sebagai cemilan. 

Namun, Moms perlu ingat, bahwa makanan ini dimasak dengan cara digoreng. Hal yang sama berlaku untuk keripik kentang. Meskipun varietas panggang baru-baru ini telah dipromosikan, makanan masih tinggi lemak trans dan garam. 

Jumlah lemak jenuh yang tinggi tersebut meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan, dan osteoporosis pada anak. 

Selain itu, akrilamida yaitu racun penyebab kanker terbentuk dalam makanan bertepung yang dimasak pada suhu tinggi.

2. Donat dan manisan goreng

Donat berlapis cokelat ganda atau donat krim mengandung banyak gula dan perasa buatan. Bahan tambahan makanan tersebut digunakan untuk meningkatkan rasa, menambah warna, sebagai pengawet atau sebagai pemanis buatan. 

MSG atau monosodium glutamat sudah dilarang oleh sebagian besar otoritas makanan. Aditif makanan lainnya mengandung bahan kimia yang menyebabkan sakit kepala, obesitas, kerusakan jaringan dan kanker. 

Jika anak sangat menginginkan makanan manis, berikanlah buah yang bisa diolah sebagai roti buah, atau krim buah menggunakan yogurt seperti salad.

3. Sosis dan hot dog 

Tekstur halus dan licin pada sosis dan hot dog karena minyak atau saus. Dua jenis makanan ini berpotensi membuat anak-anak berumur di bawah usia 10 tahun tersedak.

Lebih lazim di negara-negara barat, pada Februari 2010, American Academy of Pediatrics secara khusus menyebut hot dog sebagai salah satu makanan utama terkait penyebab anak-anak tersedak secara fatal. 

Selain risiko tersedak, makanan ini mengandung bahan pengawet dan tidak memberikan nutrisi apapun bagi tubuh.

5. Telur dan daging mentah

Perlu kamu ketahui sebagai orangtua bahwa telur dan daging mentah mengandung bakteri salmonella. Walaupun tidak berbahaya, kondisinya mungkin saja menjadi serius saat bakteri memasuki aliran darah. 

Hal ini bisa terjadi pada anak kecil, yang sistem kekebalannya lemah dan dalam tahap perkembangan. 

Jadi pastikan daging dan telur yang kamu berikan benar-benar matang, artinya matang dengan baik. Tidak sedikit pun berwarna merah muda dan pilih telur rebus secara matang.

7. Permen dan lolipop

Makanan yang banyak mengandung gula, pewarna dan perasa buatan, permen keras, permen karet, lolipop, permen jelly dll dapat menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. 

Tak hanya masalah gigi, nilai nutrisinya pun nihil, tapi rasanya memang sangat disukai oleh banyak orang. 

8. Kacang mentah 

Kacang tidak cocok untuk semua orang dan dapat menyebabkan alergi. Baik direbus atau dipanggang, ukuran dan tekstur kacang yang halus meningkatkan risiko tertelan langsung atau tertahan di tenggorokan atau batang tenggorokan.

Hal ini dapat menyebabkan tersedak yang fatal pada seseorang apalagi dikonsumsi anak-anak.

9. Popcorn

Popcorn keju, karamel, atau asin klasik, kini bahkan dapat dibuat di rumah berkat kemasan siap pakai. 

Cemilan ini sering disukai karena tidak digoreng dan muncul sebagai alternatif yang sehat. Namun, tekstur dan bentuknya inilah yang menjadikan mereka sebagai salah satu makanan tidak sehat untuk anak-anak. 

Popcorn tidak hanya mudah menempel di gigi. Tapi, partikelnya yang mungil dan ringan dapat dengan mudah disedot dalam batang tenggorokan sambil tertawa atau menelan. 

Tentu saja kondisi seperti itu dapat menyebabkan tersedak dan kesulitan bernafas. Lebih berbahaya lagi jika sedikit popcorn merambat ke paru-paru, itu dapat menyebabkan infeksi paru-paru lho.

10. Benih buah-buahan

Menyajikan buah-buahan segar untuk anak-anak adalah bagian yang sangat penting dari pola makan seimbang. 

Namun, kamu juga perlu berhati-hati karena sangat disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung batu atau biji kecil saja misalnya ceri, apel, plum, persik, aprikot, dll. 

Bijinya mengandung amygdalin, yang menghasilkan sianida. Sianida adalah racun yang sangat berbahaya dan apabila dikonsumsi dalam jumlah besar menyebabkan keracunan. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar gizi anak? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Metroparent.com (2020) diakses 7 Agustus 2020. Unhealthy Foods That Kids Should Never Eat
  2. Childfeedingguide.co.uk (2017) diakses 7 Agustus 2020. Unhealthy food preferences
  3. Beingtheparent.com (2020) diakses 7 Agustus 2020. Top 10 Most Unhealthy Foods For Kids

 

    Berita Terkait
    register-docotr