Olahraga

Mengenal Olahraga Body Combat: Latihan Fisik Bakar Kalori Lebih Cepat

August 4, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki tubuh ideal adalah idaman bagi banyak orang. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan berolahraga. Ada beberapa jenis latihan yang dapat membantu menurunkan berat badan, misalnya body combat.

Apa sebenarnya body combat itu? Bagaimana cara melakukannya? Apa saja manfaat yang bisa didapat? Yuk, cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Apa itu body combat?

Body combat adalah latihan kardio berintensitas tinggi yang melibatkan seluruh gerak tubuh. Latihan ini pertama kali diperkenalkan oleh Les Mills, mantan atlet atletik asal Selandia Baru.

Bukan sembarang latihan, body combat menggabungkan beberapa jenis olahraga sekaligus, yaitu aerobik, tinju, serta seni bela diri seperti karate, taekwondo, dan Muay Thai. Gabungan dari beberapa olahraga tersebut menjadikan body combat sebagai latihan yang punya banyak manfaat.

Body combat tidak membutuhkan peralatan khusus, cukup gunakan pakaian nyaman yang tidak membatasi gerak.

Baca juga: Latihan Kardio vs Angkat Beban, Mana yang Lebih Baik untuk Tubuh?

Gerakan body combat

Body combat adalah latihan yang bisa diikuti oleh hampir semua kalangan. Sebab, gerakan yang dilakukan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Meski begitu, ibu hamil dan orang dengan tekanan darah tinggi disarankan untuk tidak melakukan olahraga ini.

Gerakan body combat berfokus pada kecepatan, kekuatan, dan daya tahan. Namun, penting untuk memerhatikan kondisi tubuh sendiri, terutama jika kamu memiliki riwayat cedera lutut, pergelangan kaki, pinggul, atau bahu.

Tidak ada gerakan khusus dalam latihan ini. Anggota badan yang sering digunakan adalah kaki, lengan, punggung, dan bahu. Gerakannya merupakan kombinasi dari beberapa olahraga yang telah disebutkan, seperti menendang dan memukul yang digabungkan menjadi satu.

Video body combat oleh Les Mills. Sumber: YouTube.

Bisa bantu turunkan berat badan

Jika kamu bermasalah dengan berat badan dan ingin menurunkannya, body combat adalah latihan yang bisa ditekuni. Latihan ini diklaim bisa membakar 740 kalori dalam satu sesi berdurasi 55 menit.

Sebuah penelitian gabungan oleh sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat menyebutkan, latihan aerobik dan kardio dengan intensitas tinggi dapat membantu menurunkan berat badan, meski tanpa melakukan pembatasan (asupan) kalori.

Dikutip dari laman resmi Lesmills.com, untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa melakukan latihan ini dua hingga tiga kali per pekan.

Apakah harus mahir bela diri?

Seperti yang telah disebutkan, body combat adalah jenis latihan yang menggabungkan gerakan beberapa seni bela diri. Tak sedikit orang yang bertanya apakah harus mempunyai pengalaman mengikuti bela diri atau tidak untuk melakukan body combat.

Tak perlu khawatir jika kamu tak pernah mengikuti kelas bela diri. Kamu bisa mengikuti kelas body combat di pusat kebugaran atau komunitas. Instruktur akan membantumu dalam melakukan gerakan demi gerakan, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Baca juga: Apakah Sit Up Bisa Mengecilkan Perut? Berikut Penjelasannya!

Manfaat lain dari body combat

Selain membantu menurunkan berat badan, rutin melakukan body combat juga diyakini dapat memberi banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kekuatan otot: Gerakan memukul dan menendang secara berulang dan ekstensif dapat memperkuat tone otot, baik anggota tubuh bagian atas maupun bawah
  • Menajamkan kewaspadaan: Koordinasi dan kelincahan tubuh dari gerakan body combat akan membuatmu lebih sigap dalam melakukan gerakan reflektif ketika menghadapi suatu keadaan yang membahayakan
  • Meningkatkan stamina: Sebagai latihan berjenis kardio, body combat dapat membantu meningkatkan energi, sama seperti olahraga lari
  • Baik untuk organ kardiovaskular: Sebuah penelitian menyebutkan, olahraga kardio sangat baik untuk menjaga kesehatan organ seperti jantung, dengan efeknya yang bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat
  • Meredakan stres: Bukan hanya fisik, body combat bisa memberi manfaat untuk psikis. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan banyak endorfin, hormon yang bisa menjaga kesehatan mental secara umum

Nah, itulah ulasan tentang olahraga body combat yang dapat membantumu dalam menurunkan berat badan. Agar hasilnya optimal, imbangi juga dengan pola makan bergizi, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Les Mills, diakses 2 Agustus 2021, What is Body Combat?
  2. Health Fitness Revolution, diakses 2 Agustus 2021, 7 Benefits of BodyCombat.
  3. Everyone Active, diakses 2 Agustus 2021, BODYCOMBAT: THE BENEFITS, EFFECTS & EXERCISES.
  4. AHA Journals, diakses 2 Agustus 2021, Exercise and Cardiovascular Health.
  5. NCBI, diakses 2 Agustus 2021, The Role of Exercise and Physical Activity in Weight Loss and Maintenance.

    register-docotr