Olahraga

Wajib Ikut! Ini Macam-Macam Lomba 17 Agustus yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

August 15, 2022 | Arianti Khairina | dr. Elizabeth C. Palar
feature image

Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus akan segera tiba, di mana masyarakat biasanya mengadakan berbagai macam lomba dan acara. Contohnya seperti perlombaan tarik tambang, bakiak hingga balap karung. Namun, tahukah kamu macam-macam lomba 17 Agustus tersebut juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh?

Macam-macam lomba 17 Agustus yang bermanfaat bagi kesehatan

Melansir dari laman Kemkes, berikut ini beberapa lomba 17 Agustusan yang bermanfaat bagi kesehatan: 

1. Tarik tambang

Macam-Macam Lomba 17 Agustus
Source: freepik.com/rawpixel.com

Pertama, ada lomba tarik tambang yang akan dimainkan oleh dua regu. Nantinya, masing-masing regu harus menarik tali tambang sekuat tenaga agar melewati garis pembatas.

Tak hanya seru dilakukan untuk perlombaan, tapi tarik tambang ternyata juga memiliki manfaat untuk otot bahu. Gerakan yang kamu lakukan dalam tarik tambang ini sangat baik untuk melatih otot tangan dan kaki.

Kemudian, seperti dilansir dari Dmoose, melakukan tarik tambang ini juga meningkatkan kekuatan pada genggaman tangan. Pasalnya, kamu membutuhkan cengkeraman yang lebih kuat saat lomba tarik tambang, sehingga dapat melatih kekuatan otot di lengan dan seluruh bagian tangan. 

Lalu seperti yang kita tahu, tarik tambang ini juga salah satu cara untuk melatih ketahanan tubuh, dan  menurut penjelasan dari Better Health Channel dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Jadi, lomba tarik tambang juga membantu mengurangi risiko osteoporosis pada tulang.

Namun perlu juga diingat, meskipun baik untuk otot namun pastikan tidak memaksakannya, ya. Jika terlalu memaksakan kekuatan otot saat perlombaan tarik tambah, maka bisa berisiko terkilir. 

2. Bakiak 

Kedua, ada lomba bakiak yang merupakan salah satu permainan tradisional. Sama halnya dengan tarik tambang, lomba bakiak ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Permainan ini dapat melatih konsentrasi otak serta menciptakan mood atau suasana hati yang lebih baik. 

Pasalnya, untuk bisa melakukan bakiak otak harus fokus menerima instruksi dari anggota tim lain, dan secara bersama-sama menggerakan salah satu kakinya. Tentunya jika kamu tidak fokus atau sulit berkonsentrasi pada satu hal akan sulit melakukan lomba bakiak dengan baik. 

Tak hanya itu saja, permainan bakiak menurut Research Gate juga dapat melatih motorik kasar dengan menggunakan otot-otot besar untuk menggerakan tubuh. Selain itu, juga dapat melatih keseimbangan tubuh sehingga tidak mudah terjatuh. 

3. Balap karung

Macam-Macam Lomba 17 Agustus
Source: liputan6.com

Terakhir adalah lomba balap karung. Ini merupakan salah satu permainan yang sering dijumpai dalam perayaan Kemerdekaan Indonesia. Cara bermainnya dengan mewajibkan kamu masuk ke dalam karung hingga sebatas pinggang, lalu melompat-lompat dari satu sisi ke sisi lain atau sampai pada garis akhir. 

Melansir Medicine.net, balap karung yang menerapkan gerakan melompat sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan tulang dan juga membakar kalori. Selain itu, juga sangat baik untuk melatih otot lengan, bahu, dada, betis, meningkatkan koordinasi serta keseimbangan tubuh. 

Latihan lompat sendiri dapat meningkatkan kekuatan dan diameter tulang. Sehingga dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah osteopenia atau pengeroposan tulang pada kelompok usia yang lebih muda.

Itulah beberapa lomba yang sering dilakukan di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. Ternyata tidak hanya sekedar menghibur dan menyenangkan untuk dilakukan, tetapi lomba-lomba tersebut juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan pada bagian otot, jantung, otak hingga tulang. 

Pentingnya menjaga kesehatan tulang

Perlu kamu ketahui bahwa kesehatan tulang juga tidak kalah pentingnya dengan bagian tubuh lain, lho. Pasalnya, menurut penjelasan dari Healthline tulang memiliki banyak fungsi seperti membentuk struktur tubuh, penahan otot, hingga mampu menyimpan kalsium.

Jadi, ada baiknya kamu mulai menjaga kesehatan tulang sejak dini dengan mengonsumsi vitamin D dan kalsium demi mencegah pengeroposan tulang. 

Baca juga: Anak Terlalu Gemuk? Ini Dampak pada Tulang dan Paru-Parunya!

Yuk, mulai penuhi asupan vitamin D dan juga kalsium yang dapat menjaga kesehatan tulangmu agar lebih kuat dan sehat. Dapatkan segera di Good Doctor dengan klaim voucher MERDEKA77 khusus Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti. 

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Promkes.kemkes.go.id (2016) diakses pada 11 Agustus 2022. Lomba 17 Agustus dan manfaat bagi kesehatan
  2. Dmoose.com (2021) diakses pada 11 Agustus 2022. 10 Uses and Benefits of Battle Ropes in Your Daily Workouts
  3. Betterhealth.vic.gov.au (2022) diakses pada 11 Agustus 2022. Resistance training – health benefits
  4. Researchgate.net (2019) diakses pada 15 Agustus 2022. The Benefits of Traditional Game “Clogs” to Develop Early Childhood’s Rough Motoric
  5. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2017) diakses pada 11 Agustus 2022. The effects of jumping exercise on bones
  6. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2011) diakses pada 11 Agustus 2022. Vitamins and bone health: beyond calcium and vitamin D
  7. Healthline (2019) diakses 13 Agustus 2022. Bone Function: Why Do We Have Bones?
  8. Medicinenet.com diakses 13 Agustus 2022. What Are the Benefits of Jumping?
    register-docotr