Olahraga

Jarang Diketahui, Ini 10 Manfaat Olahraga Anggar untuk Kesehatan Tubuh

May 25, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Drama Korea Twenty Five Twenty One kini sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial, pasalnya, drama ini menampilkan kegiatan olahraga anggar yang mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing memiliki banyak manfaat.

Oleh karena itu, berikut penjelasan lengkap olahraga anggar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. 

Apa itu olahraga anggar?

Anggar adalah olahraga ketangkasan yang menggunakan senjata dengan menekankan pada teknik seperti menusuk atau menangkis lawan. Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan kelincahan tangan.

Anggar pada awalnya merupakan bentuk pelatihan militer dan mulai berkembang menjadi olahraga pada abad ke-14 atau ke-15 di Jerman dan Italia.

Kemudian popularitas olahraga ini meningkat pada abad ke-17 dan ke-18 karena lahir alat berupa pedang dengan ujung pipih yang dikenal sebagai foil, dan berbagai aturan area target, serta topeng wire-mesh.

Manfaat olahraga anggar

Berikut ini manfaat olahraga anggar bagi kesehatan tubuh:

1. Melatih kekuatan dan ketahanan tubuh

Ketika melakukan olahraga anggar kamu harus melibatkan gerak kaki yang intens untuk menjaga jarak dengan lawan, membutuhkan kecepatan dan fleksibilitas. Pertarungan anggar melibatkan banyak serangan, sehingga pemain membutuhkan daya tahan otot yang kuat untuk menghindari kelelahan.

2. Membantu meningkatkan kebugaran anaerobik

Anggar adalah olahraga yang eksplosif di mana adanya aktivitas intensitas tinggi diselingi oleh periode pemulihan yang singkat. Jadi, anggar mampu membantu mengembangkan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas yang tidak bergantung pada konsumsi oksigen.

Saat kebugaran anaerobik meningkat, tentu tubuh bisa bekerja lebih keras dan lama sebelum asam laktat menumpuk di otot hingga memaksanya melambat atau berhenti.

3. Meningkatkan kelincahan, kewaspadaan, dan daya tahan tubuh

Seni olahraga anggar juga membutuhkan gerakan cepat tanggap untuk melawan serangan dari lawan dan menempatkannya pada posisi bertahan. Hal ini pun juga menuntut pikiran dan tubuh untuk tetap gesit dan waspada setiap saat. 

4. Melatih kesehatan mental

Anggar sering disebut sebagai catur fisik karena logika dan taktik strategi di balik gerakan. Ini meningkatkan kemampuan analitis dan strategis dengan menekankan cara yang penuh perhitungan sebelum improvisasi gerakan.

Pertandingan dimenangkan dengan pengamatan fisik dan psikologis sepersekian detik terhadap keterampilan dan kepribadian lawan, baik pasif maupun agresif.

5. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Olahraga anggar membutuhkan berbagai gerakan tubuh untuk merespons dan menangkis serangan lawan. Bagian inti tubuh yang sering digunakan dalam olahraga anggar adalah lengan dan kaki sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas.

6. Membantu mengurangi stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya anggar adalah olahraga yang melibatkan fisik dan mental, sehingga dapat membantu mengurangi stres. Pikiran terfokus pada permainan, sehingga tubuh dapat memproduksi endorfin. 

7. Meningkatkan kebugaran aerobik

Manfaat olahraga anggar selanjutnya juga mendukung kesehatan jantung dan mental dengan menghasilkan banyak oksigen dalam darah serta melepaskan endorfin yang mengarah pada rasa sejahtera. 

Oksigen ekstra yang dilepaskan dalam darah juga meningkatkan sirkulasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan polutan seperti karbon dioksida dan asam laktat.

8. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Saat laju pernapasan semakin dalam selama melakukan olahraga anggar, kadar oksigen dalam darah juga ikut meningkat. Lalu, ketika detak jantung meningkat, pembuluh darah kecil atau kapiler akan melebar. Sehingga dengan melakukan olahraga ini secara teratur, maka membuat jantung lebih kuat dan bahkan mampu memompa darah lebih efisien.

9. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Anggar adalah olahraga yang ofensif dan defensif, sehingga menjaga keseimbangan adalah kunci utamanya. Gerakan konstan memperkuat inti tubuh dan juga meningkatkan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari. 

10. Meningkatkan kemampuan untuk mengkoordinasi

Tidak seperti olahraga lari dan dayung, anggar membutuhkan tubuh untuk bergerak dalam jangkauan, memaksa lengan dan kaki untuk bekerja sama secara harmonis saat mereka menyerang, bertahan, dan melawan serangan. Kemampuan koordinasi ini membuat semua gerakan lebih halus dan efisien.

Apakah olahraga anggar bisa dilakukan untuk umum dan apa tipsnya untuk pemula?

Anggar adalah olahraga rekreasi dengan permainan pedang yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia, dan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga ini dapat dilakukan untuk umum dan bersenang-senang, melatih kebugaran, atau sekadar berlatih kompetisi. 

Bagi kamu yang tertarik melakukannya, ada beberapa tips olahraga anggar untuk pemula:

  • Tingkatkan stamina tubuh dengan baik
  • Membiasakan diri dengan alat-alat olahraga anggar 
  • Fokus latihan dengan gerakan kaki
  • Lakukan gerakan dasar olahraga anggar 
  • Jangan latihan anggar sendiri di rumah jika masih pemula. 

Baca juga: Viral Olahraga Pakai Rompi Pemberat , Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Olympics.com (2020) diakses pada 25 Februari 2022. Everything you need to know about fencing: The equipment, the weapons, the athletes
  2. Healthfitnessrevolution.com (2021) diakses pada 25 Februari 2022. Top 10 Health Benefits of Fencing
  3. Houstonswords.com (2015) diakses pada 25 Februari 2022. The Benefits of Fencing
  4. Fencingacademyofboston.com (2022) diakses pada 25 Februari 2022. An Overview of Fencing
  5. Academyoffencingmasters.com (2019) diakses pada 25 Februari 2022. 12 Tips for Brand New Fencer
    register-docotr