Info Sehat

Viral Video TikTok soal Tidur Hanya Dalam Dua Menit ala Tentara, Bagaimana Caranya?

January 25, 2022 | Muhammad | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Belakangan ini, sebuah video di TikTok sedang menjadi perbincangan. Video itu membagikan tips agar orang-orang bisa tertidur hanya dalam waktu dua menit. Tak sedikit yang langsung mencobanya.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa langsung tertidur dalam waktu hanya dua menit? Simak lebih lanjut di bawah ini!

Video viral di TikTok

Video yang dimaksud diunggah oleh seorang pelatih kebugaran asal Montreal, Kanada, bernama Justin Agustin.

Dalam penjelasannya, disebutkan bahwa tidur dalam dua menit kerap dilakukan oleh personel militer yang biasanya diterapkan saat kondisi yang sulit memungkinkan untuk terlelap.

Tentu, ini menjadi perhatian banyak pihak, terutama bagi orang-orang yang mengalami kesulitan tidur saat malam hari.

Bagaimana caranya bisa tidur dalam dua menit?

Dari video itu, diketahui bahwa agar bisa tertidur dalam dua menit, kamu perlu melakukan beberapa hal, berkaitan dengan cara membuat tubuh rileks secara bertahap. Mulai membayangkan cahaya hangat yang mengalir ke seluruh tubuh dan memusatkan perhatian pada pernapasan.

Setelah itu, kamu perlu mengosongkan pikiran dari semua beban dan tekanan agar bisa rileks. Untuk implementasinya, kamu bisa membayangkan sedang berada di alam yang tenang misalnya danau atau tempat terbuka di bawah langit biru.

Saat pikiran berusaha mengalihkan perhatian, paksa dirimu untuk tetap rileks dengan cara berkata “jangan berpikir” sampai 10 kali. Terlihat sederhana memang, tapi tidak semudah itu untuk dilakukan.

Menurut Agustin, seperti dikutip dari The Huffington Post, kamu perlu melakukannya secara rutin setidaknya selama enam minggu agar bisa benar-benar mempraktikkan tidur dalam dua menit.

Ini tentu berbeda jika kamu sebelumnya dalam kondisi lelah, hampir pasti akan lebih mudah tertidur.

Mungkinkah tertidur dalam waktu cepat?

James Wilson pakar perilaku tidur mengaku tidak terlalu yakin bahwa cara tidur yang instan ini bisa selalu berhasil. “Tidak ada manusia hidup yang selalu bisa membuat dirinya tidur dalam dua menit,” katanya.

Namun James setuju dengan teknik merilekskan tubuh yang diterapkan dalam cara tidur cepat ini. Katanya, relaksasi bisa membuat tubuh nyaman secara fisik dan emosional yang menandakan siap untuk tidur.

Ini juga tergantung pada dirimu sendiri. Tidur adalah salah satu aktivitas yang melibatkan fungsi otak. Semakin kamu membiasakannya, maka otak akan beradaptasi. Tak hanya itu, faktor aktivitas di siang hari juga sangat memengaruhi.

Ini berlaku pula jika kamu tidak cukup tidur di malam sebelumnya. Bisa saja kamu akan mudah terlelap kurang dari dua menit. Jadi, semua tergantung dari kondisi masing-masing, ya.

Fase dalam tidur

Dikutip dari The University of Michigan Health, tahapan tidur dibagi menjadi dua, yaitu non-rapid eye movement (non-REM) dan rapid eye movement (REM).

Fase tidur non-REM memiliki tahapan:

  • Tahap 1: Berlangsung singkat (biasanya kurang dari 10 menit), terjadi setelah kamu memejamkan mata. Dalam fase ini, kamu masih sangat peka dengan keadaan sekitar dan mudah untuk dibangunkan.
  • Tahap 2: Otot menjadi lebih rileks dan aktivitas otak mulai melambat, berlangsung sekitar 30 sampai 60 menit.
  • Tahap 3: Tidur nyenyak, berlangsung 20 hingga 40 menit. Aktivitas otak meningkat dan terjadi beberapa gerakan tubuh. Di fase ini, kamu sudah sulit untuk dibangunkan.

Sedangkan fase tidur REM ditandai dengan adanya getaran pada mata dan kelopak, pernapasan menjadi tidak teratur, dan otak ‘melumpuhkan’ otot-otot. Pada fase REM inilah kamu akan mulai bermimpi.

Umumnya, seseorang akan memasuki fase non-REM lebih dahulu sebelum REM. Dua fase itu pun terkadang terjadi bergantian sebanyak tiga hingga empat kali dalam satu malam. Berbeda dengan bayi, orang dewasa lebih sering menghabiskan tidur pada fase non-REM.

Baca juga: Cara Bangun Pagi dan Tips agar Tak Kesiangan Jalani Harimu!

Bantu dengan makanan

Apakah kamu termasuk orang-orang yang sulit untuk tidur? Jika ya, coba konsumsi sejumlah makanan yang bisa membantu lebih cepat terlelap. Berikut beberapa daftarnya:

  • Makanan kaya triptofan: Susu, pisang, kacang-kacangan, telur.
  • Ikan, kaya vitamin B6 untuk merangsang melatonin (hormon kantuk) di dalam tubuh.
  • Sayuran berdaun hijau seperti kale, mengandung kalsium dan bisa untuk menstimulasi pelepasan melatonin.
  • Madu, bisa menurunkan kadar orexin, zat kimia yang dapat membuat tubuh dalam mode waspada.
  • Buah-buahan, bisa membantu tingkatkan pelepasan melatonin, seperti nanas, jeruk, dan kiwi.

Nah, itulah ulasan tentang video TikTok yang sedang viral soal tidur dalam dua menit. Jika kamu kesulitan untuk tidur di malam hari, tak ada salahnya juga untuk konsumsi makanan yang disebutkan di atas, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Huffington Post, diakses 25 Januari 2022, I Tried The TikTok Hack To Fall Asleep In Two Minutes. Here’s How It Went.
  2. University of Michigan Health, diakses 25 Januari 2022, Stages of Sleep.
  3. Medicine Net, diakses 25 Januari 2022, How Can I Fall Asleep in 2 Minutes?
  4. CNN, diakses 25 Januari 2022, Viral Cara Tidur ala Tentara, Diklaim Terlelap dalam 2 Menit
    register-docotr