Olahraga

7 Manfaat Menari untuk Kesehatan Fisik dan Mental

April 30, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Setiap tanggal 29 April diperingati sebagai Hari Tari Internasional. Menari adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Aktivitas itu juga ternyata dapat memberi sejumlah efek positif bagi kesehatan.

Lantas, apa saja manfaat menari untuk tubuh dan kesehatan? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: Latihan Kardio vs Angkat Beban, Mana yang Lebih Baik untuk Tubuh?

Berbagai manfaat menari untuk tubuh

Diiringi dengan musik favorit, menari bisa menjadi aktivitas yang menyehatkan. Apa pun jenis tariannya, gerakan demi gerakan yang dilakukan dapat berdampak positif pada tubuh. Bukan cuma fisik, tapi juga mental. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari rutin menari:

1. Baik untuk jantung

Menari adalah kegiatan yang masuk dalam kelompok aerobik, bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Gerakan-gerakan dalam tarian dapat mengoptimalkan kinerja jantung, termasuk dalam memompa darah.

Agar memperoleh manfaat itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menari. Menarilah setidaknya 150 hingga 300 menit per minggu dengan intensitas sedang, atau 75 sampai 150 menit per pekan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Menurut Leon Turetsky, seorang penari profesional bersertifikat, semua gaya atau gerakan tarian bisa menghasilkan efek yang sama seperti latihan kardio, karena detak jantung akan dipacu menyesuaikan dengan gerakan yang dilakukan.

2. Melatih keseimbangan dan kekuatan

Tak hanya mampu menjaga kesehatan jantung, menari juga dapat membantumu menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh, lho. Ini tak lepas dari gerakan-gerakan yang cenderung konstan dan dari segala arah.

Dalam kehidupan normal, kamu mungkin hanya menggerakkan tubuh saat berjalan, naik tangga, atau bersepeda. Namun, dengan menari, tubuh akan bergerak dari semua arah dan cenderung melibatkan otot. Hal itu tak hanya meningkatkan kekuatan, tapi juga keseimbangan.

3. Bantu turunkan berat badan

Percaya atau tidak, rutin menari ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Seperti yang telah disebutkan, menari adalah aktivitas yang masuk dalam kelompok aerobik.

Menurut sebuah penelitian yang terbit pada Journal of Physiological Anthropology, efek penurunan berat badan dari menari hampir setara dengan kegiatan bersepeda dan joging.

Baca juga: 6 Tips Membakar Lemak tanpa Olahraga, Yuk Dicoba!

4. Meningkatkan energi

Jika kamu sering merasa tidak bertenaga, cobalah untuk menari. Menurut penjelasan Samantha Heller, pakar gizi asal Amerika Serikat, gerakan demi gerakan pada tarian bisa memacu mitokondria (bagian dari sel) bekerja sebagai ‘pembangkit listrik’ untuk menghasilkan energi.

Semakin kamu bergerak aktif, tubuh akan memproduksi lebih banyak mitokondria. Dampaknya, energi yang dilepaskan juga akan lebih tinggi. Setelah menari, kamu mungkin akan lelah sebentar. Namun setelah itu, kamu bisa merasakan adanya peningkatan energi di dalam tubuh.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif

Semakin bertambahnya usia, tubuh seseorang akan mengalami banyak penurunan fungsi, termasuk dalam hal kemampuan kognitif. Menari bisa mempertahankan bahkan meningkatkan fungsi otak dan kinerjanya.

Menurut sebuah publikasi di National Institute on Aging, aktivitas seperti menari bisa mengoptimalkan dan mengontrol beberapa bagian pada otak, seperti sistem yang mengatur memori, keterampilan, hingga kemampuan perencanaan.

6. Memperbaiki gangguan suasana hati

Mengutip Healthline, gerakan tarian sangat ekspresif, bisa dijadikan medium untuk meluapkan emosi. Hal tersebut dapat membantumu dalam menyeimbangkan emosi.

Ini akan berdampak positif dalam memperbaiki suasana hati, meredakan stres, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Lho Perbedaan Stres dan Depresi

7. Kegiatan sosial

Beberapa orang lebih suka menari sendirian. Namun, menari bersama orang lain bisa meningkatkan kemampuan sosialmu, lho. Ini masih ada hubungannya dengan kesehatan mental.

Berada di sekitar orang lain saat menari dapat membantu menjaga keseimbangan emosional. Menurut sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat, orang yang memiliki hubungan sosial tinggi biasanya mempunyai kesehatan fisik dan mental yang baik.

Sebaliknya, isolasi atau penarikan diri dari lingkungan dapat memicu gangguan suasana hati dan perasaan mudah lelah.

Nah, itulah beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari rutin menari. Kamu dapat melakukannya secara mandiri hanya dengan menonton video, atau jika perlu mengikuti kursus profesional. Selamat menari!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 30 April 2021, 8 Benefits of Dance.
  2. Everyday Health, diakses 30 April 2021, 9 Benefits of Dance.
  3. WebMD, diakses 30 April 2021, Exercise for Energy: Workouts That Work.
  4. National Institute of Aging, diakses 30 April 2021, Moderate physical activity linked to increases in metabolism across brain regions.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 April 2021, Health promoting effects of friends and family on health outcomes in older adults.

    register-docotr