Kamus Obat

Jenis Obat Herbal Diabetes Ini Aman Dikonsumsi Lho

May 20, 2020 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Ketergantungan pada obat medis memang bisa berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang, terutama bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain itu, ada juga obat herbal diabetes jika ingin menjaga kadar gula tetap normal.

Nah, berikut adalah beberapa jenis obat herbal diabetes yang perlu kamu ketahui.

Obat herbal diabetes

Tubuh manusia membutuhkan glukosa sebagai sumber tenaga, bahkan seluruh aktivitas kerja tubuh kita bergantung padanya.

Namun, glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat pasifnya penyerapan sel tubuh dan berlebihnya konsumsi gula akan mengakibatkan risiko penyakit diabetes.

Dilansir Diabetes.co.uk , sejumlah studi klinis telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dan menunjukkan hubungan potensial antara terapi herbal dan peningkatan kontrol glukosa darah.

Studi tersebut telah mendorong penderita diabetes menggunakan bahan-bahan alami ini untuk membantu mengelola kondisi mereka. Berikut beberapa bahan alami yang aman untuk kamu gunakan.

Baca juga : Metformin: Dosis dan Efek Sampingnya untuk Pengidap Diabetes

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak kegunaan, misalnya untuk perawatan kulit. Tetapi tanaman ini ternyata juga memiliki manfaat lain seperti memperlambat perkembangan diabetes tipe 2 lho.

menghilangkan bekas cacar air
Manfaat lidah buaya. Foto: https://www.shutterstock.com

Cara-cara menggunakan lidah buaya yaitu mengolahnya menjadi jus tanpa gula ke dalam minuman atau mengonsumsi kapsul yang mengandung lidah buaya.

Selalu pastikan produk yang kamu konsumsi berlabel dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

2. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah harum yang berasal dari kulit pohon. Tentu kamu juga pasti tahu bahwa kayu manis ini adalah bahan populer dalam permen, makanan yang dipanggang, dan hidangan lainnya.

Kayu manis sendiri memiliki rasa yang dapat menambah rasa manis tanpa tambahan gula. Bahan alami ini populer di kalangan penderita diabetes tipe 2.

Dilansir Medicalnewstoday.com , sebuah tinjauan tahun 2010 menemukan bukti dari penelitian yang melibatkan manusia bahwa kayu manis dapat meningkatkan penyerapan glukosa, efektivitas insulin dan sensitifitas insulin, menurunkan lipid, lemak dalam darah, status antioksidan, hingga mengendalikan tekanan darah.

3. Jahe

Jahe adalah ramuan lain yang telah digunakan banyak orang selama ribuan tahun untuk pengobatan tradisional. Orang sering menggunakan jahe untuk membantu mengobati masalah pencernaan dan peradangan.

Menurut penjelasan dari Medicalnewstoday.com, pada tahun 2015, sebuah tinjauan menyarankan bahwa itu juga dapat membantu mengobati diabetes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe menurunkan kadar gula darah, tetapi tidak menurunkan kadar insulin darah. Oleh sebab itu, mereka menyarankan bahwa jahe dapat mengurangi resistensi insulin dalam tubuh untuk diabetes tipe 2.

Kamu bisa mengkonsumsi jahe dengan menambahkan bubuk jahe atau cincang, jahe segar ke makanan mentah atau dimasak.

4. Pare

Momordica charantia atau sering disebut sebagai pare memang dijadikan sebagai obat diabetes. Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok dan India telah menggunakan pare selama berabad-abad.

Penelitian seperti dikutip medicalnewstoday.com menunjukkan bahwa mengonsumsi pare dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah pada beberapa orang.

Kamu dapat mengonsumsinya dengan mengolahnya menjadi bubur sayur dicampur dengan jus. Tak hanya itu, kamu juga bisa makan atau minum pare sebagai suplemen.

5. Brokoli

Sebagai sayuran hijau yang kaya akan manfaat kesehatan, brokoli memang dapat diandalkan. Salah satu kandungan dalam brokoli yaitu sulphorapane yang berguna untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

obat herbal diabetes
Manfaat brokoli. Sumber gambar : https://pexels.com

Senyawa tersebut memang sangat dikenal sebagai kandungan obat herbal diabetes yang paling ampuh, bahkan sulphorapane dapat menggantikan obat metformin yang biasa dikenal sebagai obat bagi penderita diabetes.

Bila kamu sudah terdiagnosa dengan penyakit Diabetes Mellitus, ikuti anjuran pengobatan yang telah diberikan oleh dokter.

Pengobatan tersebut dapat kamu kombinasikan dengan obat dan makanan herbal dalam porsi yang tidak berlebihan.

Jangan lupa untuk konsultasikan lebih lanjut apabila kamu ingin mengombinasikan pengobatan dengan pengobatan herbal yang akan kamu konsumsi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. medicalnewstoday.com (2019) diakses 18 Mei 2020. Seven herbs and supplements for type 2 diabetes 
  2. diabetes.co.uk (2019) diakses 18 Mei 2020. Herbal and Natural Therapies 
  3. healthline.com (2019) diakses 18 Mei 2020. Treating Diabetes with Herbal Medicine? 
    Berita Terkait
    register-docotr