Kamus Obat

7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Aman dan Ampuh

August 2, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Siapa yang tidak pernah mengalami sakit gigi, pasti semua orang pernah mengalaminya. Ketika sakit gigi datang rasanya sangat menyiksa. Untuk mengatasinya, ada cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang bisa kamu coba.

Cara ini cocok untuk kamu yang mungkin sedang menghindari atau membatasi penggunaan bahan kimia dengan berbagai efek sampingnya.  Ingin tahu apa saja caranya? Mari simak ulasannya berikut ini!

Gejala sakit gigi

Sakit gigi ditandai oleh nyeri di dalam atau di sekitar gigi. Pada beberapa orang, biasanya dirasakan ketika gigi mengalami tekanan, seperti ketika mengunyah, menyikat gigi, dan tekanan lainnya.

Jika kamu mengalami sakit gigi, biasanya akan muncul gejala-gejala berikut:

  • Pembengkakan di sekitar gigi
  • Demam atau sakit kepala
  • Bau tidak sedap pada gigi yang sakit

Paling umum, sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang karena kerusakan enamel, gigi yang infeksi dan bernanah, gigi patah, atau gangguan pada gusi.

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat

Jika kamu sedang mengalami sakit gigi, tapi tidak ingin mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, ada beberapa cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang bisa jadi pilihan. Cara ini menggunakan bahan-bahan rumahan alami dan mudah didapatkan.

Berikut cara-cara yang bisa kamu coba:

1. Kompres dengan air dingin

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu mengalami sakit gigi disertai dengan pembengkakan.

Pengompresan dengan air dingin di bagian luar pipi tepat di bagian gigi yang sakit ini bisa dikatakan efektif. Karena rasa dingin dapat membantu membuat pembuluh darah kontraksi dan membuat rasa nyeri berkurang. Hal ini bsia di lakukan selama 20 menit.

Namun, pengompresan ini hanyalah cara mengatasi sementara jika nyeri yang di rasakan tidak membaik, periksakan gigi ke dokter gigi. 

2. Kumur dengan air garam

Cara satu ini efektif untuk membantu menenangkan gusi yang bengkak. Ini dapat membantu mengangkat partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di antara gigi. Air garam sendiri dikenal sebagai desinfeksi alami. 

Untuk menggunakan cara ini, kamu cukup campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan air terlalu panas, yang bisa membuat rasa sakit semakin parah.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan rumah tangga biasa yang digunakan beberapa orang untuk meredakan sakit gigi.

Bawang putih memiliki efek antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan plak dan sakit gigi.

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat dengan bawang putih juga cukup mudah, kamu cukup menghancurkan bawang putih hingga sedikit halus dan oleskan pada bagian gigi yang sakit. Atau kamu juga bisa mengunyah satu siung bawang putih dengan bagian gigi yang sakit.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu dalam perawatan mulut.

Untuk menggunakannya, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh secara efektif dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Ini mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas dan oleskan ke daerah yang terkena. Lakukan ini beberapa kali sehari. Kamu juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan membuat obat kumur.

6. Thyme

Thyme memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang kuat yang dapat membantu mengobati sakit gigi.

Untuk menggunakan ini, oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke kapas. Setelah mengencerkan minyak dengan air, oleskan ke daerah yang sakit.

7. Kantong teh peppermint

Cara mengatasi sakit gigi tanpa obat lainnya adalah dengan kantong teh peppermint. Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Kebanyakan orang lebih suka mendinginkan kantong teh mereka di dalam freezer selama beberapa menit sebelum digunakan. Kamu juga dapat menerapkan kantong teh saat masih hangat dan kemudian menunggu hingga dingin. 

Penting untuk kamu ingat, cara mengatasi sakit gigi tanpa obat di atas adalah cara yang sifatnya sementara. Untuk perawatan jangka panjang, kamu harus mengunjungi dokter gigi. Mengabaikan sakit gigi tanpa mencari perawatan, hanya akan membuat gigi kamu menjadi lebih buruk.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 29 Juli 2020. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain

Eagle Gate Dental (n.d). Diakses pada 29 Juli 2020. How to Treat a Toothache Without Tooth Extraction

Interdent (n.d). Diakses pada 29 Juli 2020. 10 Proven Ways to Treat a Toothache and Relieve Pain Fast

    register-docotr