Diet dan Nutrisi

Tips Menghilangkan Double Chin secara Alami

March 30, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Double chin atau dagu ganda normal dimiliki oleh siapapun, namun terkadang kondisi ini menyebabkan rasa tidak percaya. Dagu ganda atau juga dikenal sebagai lemak submental merupakan kondisi umum yang terjadi ketika lapisan lemak terbentuk di bawah dagu.

Dagu ganda seringkali dikaitkan dengan penambahan berat badan, tetapi bisa disebabkan oleh genetika atau kulit yang lebih longgar akibat penuaan. Nah, untuk menghilangkan double chin yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut.

Baca juga: Tips Porsi Makan untuk Diet yang Aman untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Cara menghilangkan double chin dengan bahan alami

Dilansir dari Medical News Today, memahami faktor penyebab kemunculan double chin dapat membantu mengatasi hal tersebut. Beberapa penyebab munculnya double chin, antara lain usia, diet dan berat badan, genetika, serta sikap atau postur tubuh.

Double chin dapat dihilangkan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara alami. Cara alami yang mungkin bisa kamu ikuti untuk menghilangkan dagu ganda, antara lain sebagai berikut:

Minyak biji gandum

Minyak biji gandum mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan kuat. Meskipun bukti anekdot menunjukkan bahwa memijat dengan minyak vitamin E dapat membantu mengurangi dagu ganda, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Namun, kamu tetap bisa mencoba untuk melakukan pijatan menggunakan minyak biji gandum. Pertama, ambillah sedikit minyak biji gandum dan oleskan pada rahang ke arah atas.

Lakukan pijatan selama 5 hingga 10 menit dan biarkan semalaman. Untuk hasil maksimal, lakukan pjatan sekali sehari.

Teh hijau

Teh hijau dikenmas dengan katekin yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan demikian, hal ini dapat membantu kamu menghilangkan atau mengurangi double chin.

Cara membuatnya adalah seduh teh hijau menggunakan secangkir air panas, lalu tambahkan madu dan segera konsumsi. Namun, pastikan juga untuk diiringi dengan diet seimbang dan olahraga agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikemas dengan antioksidan yang dapat menutrisi kulit, melindungi dari kerusakan, dan membuatnya kencang. Kombinasi dari manfaat ini sangat bagus dalam membantu menghilangkan dagu ganda.

Menambahkan minyak zaitun ke dalam makanan juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan beberapa kilogram. Untuk mengaplikasinya, kamu bisa mengambil sedikit minyak zaitun dan panaskan sedikit.

Pijat dengan lebih ke rahang dan leher, biarkan semalaman atau selama satu hingga dua jam sebelum dibilas. Cara ini dapat dilakukan sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cocoa butter

Cocoa butter diketahui memiliki sifat pelembap yang tinggi karena adanya kandungan vitamin E di mana dapat meningkatkan elastisitas kulit. Oleh karena itu, cocoa butter dapat membantu mengurangi munculnya dagu ganda.

Caranya adalah dengan mengambil satu hingga dua sendok cocoa butter ke dalam mangkuk dan panaskan sedikit. Selanjutnya, lakukan pijatan lembut ke leher dan rahang atas selama beberapa menit. Biarkan semalaman atau bersihkan setelah 30 hingga 60 menit. 

Mengunyah permen karet

Cara alami paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi double chin adalah dengan mengunyah permen karet. Tindakan mengunyah ini sendiri seperti olahraga yang dapat membantu membakar lemak berlebih pada wajah dan dagu.

Adakah tips lain untuk menghilangkan double chin?

Selain dengan bahan alami, double chin juga bisa dikurangi dengan melakukan olahraga ringan. Beberapa latihan atau olahraga yang dapat kamu lakukan, yakni sebagai berikut:

Rahang lurus

Untuk latihan ini, mulailah dengan memiringkan kepala ke belakang dan lihat ke langit-langit. Kemudian, dorong rahang bawah ke depan sehingga kamu merasakan regangan di bawah dagu.

Tahan posisi tersebut selama sekitar 10 detik, ambil posisi santai atau netral, lalu ulangi 10 sampai 15 kali setiap hari.

Peregangan lidah

Double chin atau dagu ganda bisa dihilangkan dengan rutin melakukan peregangan lidah. Mulai latihan dengan melihat lurus ke depan, lalu julurkan lidah sejauh yang kamu bisa. Angkat lidah ke atas dan ke arah hidung, tahan selama 10 detik kemudian lepaskan.

Peregangan leher

Selain peregangan lidah, double chin juga dapat dikurangi dengan melakukan peregangan pada leher. Mulai latihan dengan memiringkan kepala ke belakang dan lihat langit-langit. Setelah itu, tekan lidah ke langit-langit mulut, tahan selama 5 hingga 10 detik dan lepaskan.

Baca juga: Daftar 7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Style Craze (2020), diakses 29 Maret 2021. How To Reduce Double Chin With 8 Exercises, 9 Remedies And Diet
  2. MedicineNet (2020), diakses 29 Maret 2021. How Do You Get Rid of a Double Chin Fast?
  3. Medical News Today (2020), diakses 29 Maret 2021. How to get rid of a double chin?
  4. Healthline (2019), diakses 29 Maret 2021.  How Can I Get Rid of My Double Chin?
    register-docotr